Cara Join Zoom di Laptop

Cara Join Zoom di Laptop

Kita mungkin sering mendengarkan istilah video conference, mengingat saat ini ada beberapa instansi atau perusahaan yang meminta karyawannya untuk bekerja di rumah. Salah satu platform video conference yang sangat terkenal di Indonesia adalah Zoom Meeting. Selain bisa diakses melalui smartphone, aplikasi ini juga dapat diakses melalui laptop/PC. Jika kamu ingin bergabung ke rapat di Zoom, kamu bisa mencoba cara join Zoom di laptop.

Melalui video conference, maka semua orang bisa tetap terhubung bersama orang lain. Oleh karena itu, aplikasi Zoom Meeting saat ini banyak dibutuhkan untuk keperluan video conference dengan menggunakan laptop.

Read More

Zoom meeting adalah salah satu aplikasi video conference yang dirilis sejak bulan Januari 2013 oleh Eric Yuan. Zoom adalah aplikasi yang dapat diakses melalui website baik menggunakan OS Windows, OS Mac, Android, iOS dan Linux.

Cara Join Zoom di Laptop

Cara Join Zoom di Laptop
Join Zoom di Laptop

Panduan Join Zoom di Laptop Memakai Link

Cara menggunakan aplikasi Zoom Meeting sebenarnya sangat mudah, inilah yang membuat banyak orang menggunakannya. Bagi yang baru memakai aplikasi Zoom Meeting pertama kali, kamu mungkin kebingungan bagaimana cara join zoom di laptop.

Biasanya, pengguna bisa join atatu bergabung ke rapat di Zoom Meeting memakai link yang sudah dikirimkan oleh pihak penyelenggara rapat.

1. Install Program Zoom Meeting

Sebelum cara join zoom di laptop dimulai, kkamu harus memasang aplikasi Zoom terlebih dahulu di PC atau laptop. Biasanya aplikasi ini bisa kamu temukan lewat web resmi zoom. Kamu akan menjumpai beberapa aplikasi yang ada, silahkan pilih aplikasi sesuai kapasitas PC/laptop kamu.

Misalnya saja, kamu bisa mengecek jenis PC yang akan dipasangi Zoom demi memastikan spesifikasi yang dibutuhkan yaitu versi 64 bit atau 32-bit.

2. Dapatkan Link Untuk Zoom Meeting

Cara join zoom di laptop berikutnya ialah kamu harus memakai link yang sudah didapatkan untuk bergabung ke dalam meeting. Dimana link tersebut bisa kamu dapatktan dari pihak penyelenggara rapat.

Untuk  mendapatkan link tersebut dengan cara pilih ‘participant’ dan tekan ‘invite’. Di dalam menu invite ada 2 pilihan invitation, diantaranya copy invitation dan copy link.

Pada opsi copy invitation biasanya kamu akan memperoleh link berikut password dan Meeting ID untuk bergabung ke dalam Zoom. Sedangkan pada pilihan copy link, kamu hanya bisa mendapatkan link meeting.

3. Memilih Open Zoom Meetings

Jika kamu telah mendapatkan link Zoom, maka tinggal tekan saja link tersebut. Selanjutnya kamu akan dibawa untuk masuk ke web browser. Lalu akan muncul tampilan pop up berisi pertanyaan apakah pengguna ingin membuka Zoom ataukah tidak.

Apaabila ingin membuka platform Zoom Meetinng, tekan pilihan ‘Open Zoom meetings’. Dengan demikian, secara otomatis kamu akan mengakses laman meeting berdasarkan yang sudah ditunjukkan oleh link tersebut.

Panduan Join Zoom Meeting Melalui Password dan Meeting ID

Kamu selanjutnya tinggal menggunakan password dan meeting ID. Berikut langkah-langkahnya :

1. Masuk ke Aplikasi

Silahkan masuk ke aplikasi untuk bisa bergabung ke dalam zoom. Biasanya untuk proses login diperlukan akun email dan password yang dipakai untuk registrasi. Tunggu sampai proses berjalan, selanjutnya kamu akan ditampilkan halaman utama platform zoom.

2. Pilih Opsi Join Meeting

Di halaman utama aplikasi, ada beberapa opsi menu. Diantaranya ada menu new meeting, schedule, join hingga share screen. Apabila ingin bergabung ke dalam Zoom memakai password dan meeting ID, kamu harus memilih ‘join’ di atas pilihan Share Screen.

Silahkan tunggu proses berjalan sampai keluar tampilan pop up. Pada tampilan pop up tersebut, kamu akan diminta menginputkan nama dan meeting ID yang akan dipakai untuk bergabung ke Zoom. Di samping itu, ada opsi untuk mengaktifkan audio dan menyalakan kamera.

3. Inputkan Password dan Meeting ID

Cara join Zoom di laptop selanjutnya, jika tampilan pop up telah muncul maka kamu bisa menginputkan nama pada kolom yang ada. Di samping itu, inputkan Meeting ID, dan tekan join lalu tunggu sampai keluar kolom pengisian password. Selanjutnya, inputkan password lalu tunggu sampai kamu berhasil bergabung ke dalam Zoom.

Kamu bisa memilih salah satu dari kedua opsi di atas, apakah menggunakan link atau menggunakan ID Meeting dan password. Namun bagaimana bagi pengguna Mac yang belum terinstall aplikasi Zoom meeting? Sebagai bonus, ada beberapa panduan cara untuk menginstal Zoom Meeting pada perangkat Mac OS.

Cara Menginstall Zoom Meeting di Mac OS

Untuk menginstall aplikasi Zoom di Mac OS, ada beberapa tahapan yang bisa kamu coba berikut :

1. Izinkan Akses Memasang Zoom Meeting

Bagi pengguna Mac OS, kamu harus setting konfigurasi pada opsi ‘Security and Privacy’ lebih dulu sebelumnya supaya proses instalasi dapat berjalan lancar :

  • Tekan ikon ‘Apple’ di samping kiri bagian atas kemudian akses ‘System Preferences’.
  • Ketuk ‘Security & Privacy’.
  • Tekan ikon bertuliskan ‘Gembok Kunci’ tepat di samping kiri bagian bawah.
  • Inputkan password dan username MacOS kamu.
  • Ganti ‘Allow Apps Downloaded From’ ke dalam ‘App Store and Identified developers’. 
  • Bagi pengguna OS Mac versi High Sierra (10.13.x) maka kamu harus menekan ‘Allow’.
  • Tekan ikon berbentuk ‘Gembok Kunci’ di samping kiri bawah dan kunci konfigurasi lagi.

2. Download Aplikasi Zoom

Jika kamu sudah mengubah setelan izinkan akses instalasi Zoom, selanjutnyaa kamu bisa mengunduh dan menginstall Zoom Meeting. Berikut langkah-langkahnya :

  • Masuk ke web browser yang kamu pakai di mac OS, kemudian ketik link https://zoom.us.
  • Jika sudah memasuki tampilan utama Zoom, kamu bisa mengakses ‘Resources’ kemudian ‘Download Zoom Client’.
  • Di halaman unduhan Zoom, kamu hanya perlu fokus ke ‘Zoom Client for Meetings’, lalu tekan ‘Download’. Selanjutnya kamu akan dibawa ke proses download Installer Zoom ke Macbook Kamu.

3. Jalankan Aplikasi Zoom di Mac OS

Setelah mengikuti langkah-langkah di atas, lanjutkan prosesnya dengan mengikuti tutorial di bawah ini :

  • Jika sudah selesai download Zoom Client for Meetings, kamu bisa menemukan Zoom.pkg dan jalankan untuk proses instalasi.
  • Jika tampilan instalasi sudah terbuka, tekan ‘Continue’.
  • Lalu pililh lokasi tempat kamu menyimpan file dari hasil instalasi.
  • Opsi ‘Install for all users of this computer’, yang artinya semua pengguna yang ada dapat memakai Zoom.
  • Opsi ‘Install for me only’, berarti hanya kamu saja yang dapat menggunakan aplikasi Zoom.
  • Tekan continue.
  • Apabila kamu ingin mengganti lokasi instalasi, tekan ‘Change Install Location’. 
  • Tekan ‘Install’.
  • Apabila kamu ingin mengganti ‘Install for all users of this computer’ kamu tinggal inputkan password dan username yang digunakan.
  • Tekan ‘Install Software’.
  • Jika sudah selesai, tekan ‘Close’.

Dengan menginstall Zoom Meeting di perangkat Mac OS, kamu kini sudah bisa bergabung atau membuat rapat menggunakan aplikasi Zoom Meeting di Mac OS dengan mudah.

Cara join Zoom di laptop di atas juga berlaku bagi pengguna Mac OS dan Windows. Silahkan buktikan sekarang juga!

Related posts