Cara Clear Cache iPhone

  • Whatsapp

Cara clear cache iPhone sebenarnya bisa penting ataupun tidak penting, sebab iOS sendiri adalah salah satu OS smartphone eksklusif. Walaupun demikian, iOS tetap saja memiliki beberapa kekurangan yang memungkinkan kinerja perangkat tersebut melemah, bahkan bisa saja membuat iPhone nge-hank atau blank. Salah satu penyebab masalah tersebut terjadi ialah penumpukan sampah atau cache.

Oleh karena itu, terkadang Kamu harus me-reset ulang atau clean store memakai aplikasi iTunes supaya performa iOS milikmu kembali sempurna. Namun cara tersebut,t tentu saja membuat Kamu harus meningkatkan versi OS yang tersedia sekarang ini ke dalam versi terbaru dari Apple. Inilah yang membuat banyak orang enggan melakukan proses clean store.

Read More

Tapi tenang saja, karena Kamu juga bisa melakukan cara clear cache iPhone tanpa harus clean store. Sebenarnya tak hanya di perangkat iOS saja cache harus dibersihkan secara rutin, tetapi Kamu juga melakukan cara clear cache android bagi pengguna OS android.

Cara Clear Cache iPhone

Cara Clear Cache iPhone
Cara Menghapus Cache di iPhone

Cara Menghapus Cache di iPhone

Tanpa adanya sampah atau cache pada aplikasi-aplikasi tertentu yang sudah Kamu install, kinerja smartphone tentu saja lebih meningkat. Selain itu dapat dipastikan perangkatmu tidak mengalami lag atau hang. Inilah alasan kenapa Kamu harus mengetahui cara clear cache iPhone. 

Jadi, jika di iPhone-mu sudah menumpuk sampah atau cache, maka Kamu bisa melakukan langkah cara menghapus cache di iPhone berikut :

1. Cara Membersihkan Cache di iPhone via Safari

Aplikasi web browser bawaan perangkat iOS atau iPhone yang satu ini menghadirkan user interface menarik, bahkan performa-nya pun tidak kalah dari Mozilla Firefox atau Google Chrome. Saat Kamu memakai iDevice untuk kebutuhan sehari-hari seperti halnya untuk browsing, dengan demikian Safari biasanya menjadi komponen terpenting yang banyak menghabiskan file sampah atau cache.

Maka dari itu, cara membersihkan cache di iPhone melalui browser Safari bisa dijadikan solusi pertama. Berikut panduan cara menghapus cache di iPhone melalui browser Safari :

  • Pertama-tama, silahkan buka Pengaturan atau Settings, kemudian gulir ke bawah sampai Kamu menemukan aplikasi ini.
  • Jika sudah ketemu, Kamu tinggal buka pilihan Safari dan scroll ke bawah sampai menemukan opsi “Clear History and Website Data” tekan menu tersebut.
  • saat Kamu memilih atau mengetuk menu terseut, maka akan tampil menu pop up bertuliskan “Clear history and data” pilih menu tersebut.
  • Maka jika Kamu sudah melakukannya, saat Kamu membuka browser Safari kembali, maka semua cache dan data penuh sebelumnya kini sudah kosong.
Terkait:  Cara Download Lagu di JOOX

Itulah cara clear cache iPhone sebagai langkah pertama, dimana langkah di atas dapat  dilakukan bagi pengguna aplikasi Safari. Selain itu, jika Kamu menggunakan Mozila Firefox atau Google Chrome, maka Kamu juga bisa melakukan hal serupa supaya performa iPhone dapat lebih maksimal.

2. Cara Membersihkan Cache di iPhone Melalui File Data Aplikasi

Jika kamu sudah melakukan langkah pertama di atas dengan benar, kini saatnya untuk melanjut ke langkah cara clear cache iPhone melalui file data aplikasi. Untuk membuang atau menghapus cache di iPhone ini, Kamu bisa melakukan panduan berikut :

  • Bagi pengguna iOS 11 dapat melakukan hal berikut ini, pertama-tama buka Setting kemudian pilih General. Setelah itu, pilih iPhone Storage dan jika sudah terbuka Kamu akan menemukan berbagai aplikasi di iPhone yang telah diinstal sebelumnya.
  • Kemudian pilih aplikasi yang filenya berukuran besar. Misalnya aplikasi yang filenya berukuran besar adalah WhatsApp.
  • Maka jika Kamu sudah menemukan aplikasi WhatsApp, tinggal klik serta perhatikan size dokumen dan data.
  • Jika sudah dilihat ternyata ukurannya di atas 500MB, maka sebaiknya pilih opsi delete app.
  • Sesudah menghapus apikasi ini, Kamu bisa kembali mengunduhnya dan menginstallnya lagi.
  • Cara di atas adalah salah satu metode supaya ketika Kamu menginstal aplikasi yang Kamu hapus kembali melalui menu ini, maka tidak akan lagi membawa sampah atau file sebelumnya.
  • Cara yang satu ini dapat Kamu lakukan pada beberapa aplikasi di iPhone Storage.

Selain itu, disarankan juga untuk menghapus beberapa aplikasi di iPhone yang dianggap memiliki dile data dan dokumen besar, baik itu Instagram, Twitter, Facebook maupun aplikasi lainnya. Dengan mengikuti cara membersihkan cache di iPhone ini, maka ruang penyimpanan perangkat iPhone-mu kembali leluasa dan akan membuat file sampah atau cache juga ikut terhapus tanpa clean restore.

3. Cara Membersihkan Cache iPhone Dengan Cara Merestart iDevice

Kita tahu bahwa OS iOS sendiri ialah milik Apple yang telah dirancang hingga sedemikian rupa untuk bisa menjalankan sistem di perangkat iPhone dengan lancar tanpa masalah walaupun kapasitas RAM rata-rata yang ditawarkan cukup kecil. Diamna hal tersebut adalah salah satu keunggulan perangkat iPad atau iPhone. Namun Kamu juga perlu menghapus cache supaya kinerja HP lebih baik setiap Kamu menggunakannya.

Terkait:  Cara Menghemat Baterai iPhone

Adapun dalam langkah selanjutnya ialah cara termudah, dengan cara menghidupkan ulang atau me-restart perangkat yang Kamu miliki. Untuk me-restart perangkat iPhone itu sendiri ada beberapa langkah yang harus dilakukan, berikut ini :

  • Silahkan tekan dan tahan tombol power beberapa detik sampai muncul menu pop up lalu swipe menu Slide to power off sampai iPhone mati dan hidupkan lagi.
  • Pada iPhone 6 series, Kamu bisa menekan home button dan tombol poweri secara bersamaan sampai mati hingga muncul logo Apple kembali.
  • Cara clear cache iPhone dengan melakukan restart iPhone berikutnya ialah bagi pengguna iOS 11, Kamu bisa buka menu setting kemudian masuk ke General lalu scrolll sampai bagian terbawah. Lalu pilih opsi Shut down, sesudah mati silahkan hidupkan lagi.

4. Cara Membersihkan Cache iPhone Dengan Aplikasi Cleaner for Media Files

Kamu juga bisa mencoba cara membersihkan cache iPhone menggunakan aplikasi lewat Cleaner for Media Files. Kamu bisa mengunduh aplikasi ini di App Store. Pasalnya aplikasi tersebut bisa dikatakan cukup efektif dan ampuh menghapus data cache di iPhone. Hal ini dilakukan supaya kapasitas tempat penyimpanan internal Hp lebih lega. Selain itu, tentu saja menjadikan performa iPhone kembali normal.

5. Cara Membersihkan Cache iPhone Dari Instagram

Sebagai tambahan, Kamu juga bisa melakukan cara clear cache iPhone di Instagram. Bagi Kamu yang aktif di media sosial Instagram, maka penting sekali menghapus cache pada aplikasi ini. Untuk lebih jelasnya, silahkan ikuti panduan berikut :

  • Pertama-tama silahkan masuk ke menu settings atau pengaturan, kemudian pilih Penyimpanan iPhone.
  • Silahkan gulir ke bawah dan tap Instagram lalu pilih Data dan Dokumen. Setelah itu, tinggal Hapus App.
  • Lalu tap Hapus App, kemudian buka aplikasi App Store dan unduh kembali aplikasi Instagram.
  • Jika sudah diunduh, silahkan buka Instagram. Kemudian login memakai akun IG-mu.
  • Lalu login ke akun Instagram, silahkan masuk ke Pengaturan dan Penyimpanan iPhone.
  • Gulir ke bawah lalu tap Instagram, kemudian pilih Data dan Dokumen. Selanjutnya Kamu akan melihat file cache yang sudah berkurang di Instagram.
Terkait:  Cara Cek iPhone Ori

Itulah beberapa panduan cara clear cache iPhone yang bisa dilakukan. Kamu tinggal pilih mana cara yang paling tepat sesuai kebutuhanmu!

 

 

Related posts