Cara Clear Cache Android

Bagaimana sih cara clear cache android? Cache adalah file yang sudah seharusnya ada. Biasanya file tersebut dibuat aplikasi setiap waktu, dan selalu akan menempati sebagian dari memori penyimpanan di perangkat androidmu. Akan tetapi, membuka beberapa aplikasi di perangkat androidmu justru membuat cache semakin menumpuk. Hingga akhirnya bisa mempengaruhi performa atau kinerja perangkat androidmu.

Salah satu solusi untuk membuat performa perangkat androidmu meningkat kembali, ialah Kamu harus menghapus cache di android. Namun sebelum kita melanjutkan ke pembahasan cara clear cache andoid, ada beberapa hal yang harus diketahui tentang cache terlebih dahulu.

Read More

Apa Itu Cache?

Cache ialah sebuah file yang tersimpan dalam internal memori perangkat dan bersifat sementara. Cache itu sendiri menyimpan berbagai macam aktivitasmu ketika Kamu mengoperasikan sebuah platform atau aplikasi, atau ketika melakukan browsing.

Misalnya, saat Kamu membuka web browser Chrome kemudian membuka platform jejaring sosial seperti Instagram/Facebook, lalu mengetikkan akun email, password maupun yang lainnya, maka aktivitasmu secara otomatis akan tersimpan dalam data cache.

Selain itu, cache memiliki peranan yang juga penting serta dapat dijadikan sebagai jalan pintas apabila Kamu ingin melakukan browsing. Sebab ketika browsing, kemudian mengetikkan kata kunci yang sudah pernah diketikkan sebelumnya, dengan begitu kata yang dulu Kamu ketikkan akan muncul.

Namun dikarenakan cache tersebut tersimpan dalam memori internal, maka kebanyakan cache membuat performa Hp androidmu lebih lemot. Sebab cache  bisa menyebabkan memori internal berkurang.

Oleh karena itu, penting sekali menghapus atau clear cache di perangkat anadroidmu. Hal ini dilakukan supaya performa Hpmu lebih maksimal. Namun kebanyakan orang menganggap bahwa cache adalah sampah yang wajib dihapus dari ponsel android. Sebenarnya anggapan tersebut tidak salah, terlebih bagi ponsel yang internal memorinya terbatas. Jadi memang harus sering melakukan clear cache apabila Kamu tidak ingin perangkat androidmu berat dan lemot.

Kapan Clear Cache Harus Dihapus?

Walaupun cache memiliki fungsi yang cukup penting, akan tetapi cache yang menumpuk juga bisa berpengaruh pada performa Hpmu. Oleh karena itu, sebaiknya lakukan clear cache pada waktu-waktu berikut :

1. Saat Memori Internal Hp Hampir Full atau Full

Seperti sudah kita ketahui sebelumnya bahwa cache bisa menghabiskan ruang penyimpanan. Saat ruang penyimpanan full atau hampir full, maka performa HPmu menjadi terasa lambat.

Jadi ketika Kamu memerlukan ruang tambahan di memori internal Hpmu, dan Kamu tidak ingin menghapus data-data atau file pribadi yang dirasa masih penting, maka Kamu harus membersihkan cache.

2. Untuk Alasan Keamanan

Jika Kamu ingin menghapus beberapa data yang sifatnya personal, contoh sesudah mengisi formulir dalam sebuah website, maka membersihkan cache bisa menjamin file atau data yang Kamu input pada website tersebut lebih aman terhadap kebocoran. Paling tidak, hal tersebut bisa mencegah terjadinya kebocoran data meskipun kita pikir bahwa data tersebut sudah tersimpan aman di Hp kita.

3. Saat Ada Aplikasi yang Bermasalah

Clear cache adalah sebuah cara yang dapat dilakukan di tahap pertama saat Kamu menemukan aplikasi bermasalah di Hpmu. Biasanya sering kita jumpai, ada aplikasi bermasalah dengan menutup secara tiba-tiba dan hal ini biasanya diakibatkan oleh data cache yang mengalami korup. Jadi sesudah dibersihkan, maka data cache yang sudah disegarkan kembali akan dapat memperbaiki masalah yang diakibatkan pada file cacheyang lama.

Cara Clear Cache Android

Cara Clear Cache Android
Cara Menghapu Cache di Android

Cara Menghapus Cache di Android

Ada beberapa cara menghapus cache di android yang dapat Kamu gunakan untuk perangkat Oppo, Samsung, Asus, Vivo, Xiaomi, dan lainnya. Jika Kamu tertarik, silahkan cek panduannya di bawah ini :

1. Cara Menghapus Cache di Aplikasi Android

Cara clear cache android yang pertama ialah dengan menghapus file cache pada aplikasi android. Aplikasi yang kerap Kamu pakai biasanya secara otomatis akan menyimpan cache, jadi jika Kamu menghapusnya maka secara perlahan aplikasi tersebut akan terasa lemot atau berat. Oleh karena itu, Kamu harus melakukan clear cache pada aplikasi perangkat androidmu.

Adapun cara menghapus cache di android sendiri sangat mudah, Kamu tak perlu memakai aplikasi manapun. Cukup ikuti beberapa cara clear cache android di bawah ini terlebih dahulu :

  • Langkah pertama, silahakn masuk ke menu setting, setelan atau pengaturan.
  • Setelah itu, silahkan cari kemudian pilih aplikasi/apps/apl.
  • Lalu pilih mana aplikasi yang cache-nya akan Kamu hapus.
  • Kemudian jika sudah ada, gulir lalu pilih opsi “Bersihkan cache/hapus cache/clear cache.
  • Dengan demikian, cache pada aplikasi secara otomatis akan langsung terhapus.

Cache yang terdapat pada smartphone, biasanya secara otomatis akan muncul seiring melakukan browsing atau membuka aplikasi. Jadi, semakin sering melakukan browsing maupun membuka aplikasi, maka cache yang tersimpan pada Hp andridmu akan semakin banyak.

Oleh karena itu, Kamu harus sering menghapus cache di perangkat android dan melakukan clear cache pada aplikasi di android.

2. Cara Menghapus Cache di Browser

Cara clear cache android berikutnya ialah membersihkan cache di web browser yang Kamu gunakan. Web browser menyimpan data cache yang sebenarnya berperan cukup penting. Dengan cache browser ini, membuatmu semakin cepat untuk membuka browser yang kedua maupun yang ketiga kalinya.

Sebab browser sudah mengetahui akses ke situs web yang Kamu tuju. Akan tetapi, semakin banyak data cache tersimpan di browser, tentunya membuat Hpmu terasa lemot. Jadi diperlukan cara untuk menghapus cache browser supaya kinerja Hpmu lebih cepat.

Biasanya menghapus cache di Google Chrome palling diperlukan, mengingat web browser ini mempunyai data cache lebih besar. Selain itu juga termasuk salah satu web browser paling banyak dipakai. Untuk cara clear cache android di we browser ini, cukup membuka web browser saja.

Setelah itu,pilih menu yang ditandai oleh ikon tiga titik sejajar. Lalu masuk ke menu setting kemudian tekan riwayat pencarian. Setelah itu, hapus riwayat pencarian. Selanjutnya Kamu akan ditawarkan mana saja file atau data yang ingin dihapus. Dalam hal ini Kamu dapat memilih menghapus cache browser-nya saja atau berikut riwayat pencarian dan cookie.

Tunggu sampai proses membersihkan cache di android ini selesai dilakukan. Bagaimana sangat mudah kan?

3. Cara Menghapus Cache di Android Khusus Xiaomi

Bagi Kamu pengguna Hp Xiaomi, ada  cara clear cache android Hp Xiaomi secara khusus. Jadi, cara ini sudah menjadi salah satu fitur bawaan dari Xiaomi sehingga lebih aman. Adapun aplikasi pembersih cache Xiaomi tersebut diberi nama Keamanan. Jadi, Kamu hanya perlu membuka aplikasi clear cache di android tersebut dan lakukan scanning. Jika sudah ditemukan cache yang menumpuk di Hp Xiaomi-mu, Kamu pun bisa menghapusnya secara langsung.

4. Memakai Aplikasi Hapus Cache di Android Otomatis

Kamu juga bisa menggunakan aplikasi penghapus cache di android. Sebab aplikasi ini biasanya dapat mendeteksi saat cache sudah menumpuk di Hpmu dan mereka akan langsung memberikan notifikasi. Jadi cara untuk membersihkan cache di perangkat android pun lebih mudah dan efektif. Kamu dapat memakaia beberapa aplikasi pembersih cache di android. Seperti CCleaner, AVG Cleaner, Clean Master dan lainnya yang dapat diunduh di Play Store.

Diantara keempat cara clear cache  android di atas, mana cara yang paling mudah?

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Related posts