Cara Membuat Jadwal Meeting di Zoom

Zoom adalah rekomendasi aplikasi berbasis video conference baik digunakan untuk perusahaan maupun lingkungan sekolah, karena sangat membantu pekerjaan dalam bidang ini. Tidak hanya mudah dipakai, ada  banyak fitur menarik Zoom yang menjadi faktor kenapa banyak orang merasa nyaman dan tertarik memakai aplikasi ini. Seperti cara membuat jadwal meeting di Zoom.

Saat berencana mengadakan sebuah meeting, kalian tentu harus mempersiapkan berbagai hal, seperti penguasaan materi, waktu, bahan persentasi, hingga tempat pelaksanaannya. Sama halnya dengan meeting pada aplikasi Zoom, tentu saja sebagai host sebaiknya kalian buat jadwal meeting lebih dulu supaya peserta mengetahui kapan pastinya acara meeting berlangsung.  Itulah fungsi dari fitur schedule pada aplikasi Zoom.

Dalam fitur schedule, kalian dapat melakukan pengaturan waktu pelaksanaan meetingrecording otomatis, menuliskan topik atau judul meeting, hingga pengaturan keamanan ketika memulai sesi meeting. Bahkan ada pula beberapa opsi tambahan melibatkan pengaturan zoom peserta, seperti menonaktifkan atau mengaktifkan audio dan video peserta ketika memasuki meeting.

Cara Membuat Jadwal Meeting di Zoom

Cara Membuat Jadwal Meeting di Zoom
Tutorial Membuat Jadwal Meeting di Zoom

Untuk membuat schedule meeting di Zoom pada dasarnya sangat mudah. Setiap pengguna dapat memanfaatkan fitur schedule di dalam layanan Zoom. Selanjutnya kalian bisa juga menggunakan perangkat PC atau laptop dan Hp. Selain itu, ada pula hal-hal yang mesti dipersiapkan sebelum kalian membuat jadwal meeting di aplikasi Zoom.

Terkait:  Cara Join Zoom di Laptop

Ada beberapa hal yang wajib dipersiapkan diantaranya tanggal, durasi dan tema. Bagi kalian yang penasaran, simak cara membuat jadwal meeting di Zoom via PC dan hp berikut!

Metode 1 : Membuat Jadwal Meeting di Zoom

Jika kalian ingin mencoba cara membuat jadwal meeting di Zoom, maka pastikan perangkat hp kalian harus sudah mempunyai aplikasi Zoom terlebih dahulu. Di samping itu, sebaiknya pastikan kalian sudah mempunyai akun Zoom atau akun gmail yang dipakai untuk login. Ikuti tutorial cara membuat jadwal meeting di Zoom berikut :

1. Buka Aplikasi Zoom di Smartphone

Langkah pertama, buka aplikasi Zoom via smartphone terlebih dahulu. Jika belum mempunyai aplikasinya, unduh lewat Google Play Store untuk pengguna android, maupun via App Store bagi pengguna iOS.

2. Pilih Menu Schedule

Pada bagian atas ada menu schedule, silahkan tap menu tersebut jika kalian ingin mulai membuat jadwal meeting online via Zoom.

3. Menentukan Tanggal Meeting

Cara membuat jadwal meeting di Zoom berikutnya yaitu pilih kolom date jika ingin membuat tanggal untuk meeting pada aplikasi Zoom yang dijadwalkan. Setelah itu, tekan set.

4. Menentukan Durasi Meeting

Di kolom bertuliskan from kalian tinggal mengatur waktu mulai meeting hingga waktu berakhirnya meeting di kolom to. Selanjutnya tekan set dan terapkan durasi waktu tersebut yang sudah kalian pilih.

5. Klik Done

Saat durasi dan tanggal meeting telah ditentukan, langkah berikutnya tekan done tepat di samping kanan bagian atas jika ingin melanjutkan proses untuk membuat schedule meeting pada aplikasi Zoom.

6. Bagikan Jadwal Meeting

Dari sini, kalian sudah selesai dan berhasil membuat jadwal meeting pada aplikasi Zoom. Selanjutnya kalian dapat membagikannya pada peserta lewat menu invite.

Terkait:  Cara Hemat Kuota Zoom

Metode 2 : Membuat Jadwal Meeting di Zoom via Laptop atau PC

Selain cara membuat jadwal meeting di Zoom via hp, kalian juga bisa membuat jadwal meeting di Zoom melalui PC atau laptop. Jika kalian belum memiliki aplikasi Zoom pada PC maupun komputer, tinggal download aplikasinya di link ini. Jika sudah, ikuti tutorial di bawah ini :

1. Operasikan Aplikasi Zoom via Laptop/PC

Untuk menjalankan aplikasi Zoom via PC atau laptop, silahkan masuk ke File Explorer, kemudian temukan aplkasi Zoom. Jika sudah, klik kanan dan pilih Run As Administrator.

2. Sign In ke Akun Zoom

Cara membuat jadwal meeting di Zoom via laptop atau PC selanjutnya adalah kalian tinggal login saja memakai akun Facebook, Gmail atau yang lainnya. Jika sudah, ikuti perintah yang muncul pada layar monitor perangkat.

3. Tekan Menu Schedule

Di halaman utama pada aplikasi Zoom, kalian hanya perlu mengklik schedule dan buat jadwal rapat di aplikasi Zoom.

4. Mengatur Jadwal Meeting

Setelah itu, tinggal tentukan saja jadwal rapat yang berlangsung di Zoom, seperti durasi meeting, tanggal, hingga zona waktu. Selanjutnya tekan save.

5. Buat Jadwal Meeting Sukses

Jika kalian sudah mengikuti tahapan cara membuat jadwal meeting di Zoom dengan benar, seharusnya sudah berhasil. Setelah itu, tekan izinkan untuk tiap tampilan popup.

Membagikan Link Zoom Meeting

Jika kalian telah membuat jadwal untuk meeting di aplikasi Zoom lewat kedua cara yang telah disebutkan, maka langkah berikunya yaitu membagikan link rapat kepada peserta atau audiens yang kalian inginkan. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan berikut :

1. Tap Meetings

Silahkan masuk ke aplikasi Zoom seperti biasa, lalu di halaman beranda zoom tekan opsi meetings.

Terkait:  Cara Memakai Filter di Zoom

2. Send Invitation

Karena disini kalian akan membagikan link atau mengundang peserta rapat, selanjutnya tekan send invitation atau kirim undangan. Setelah itu, akan muncul berbagai pilihan metode pengiriman mulai dari outlook, Gmail, Signal, Pesan dan Messenger.

3. Membagikan via WA

Apabila kalian tertarik membagikan undangan rapat melalui WhatsApp, tekan salah satu opsi jadwal meeting. Kemudian silahkan ketik passcode beserta meeting ID di dalam notepad maupun yang sejenisnya.

4. Silahkan Kirim Link ke Kontak WA

Langkah selanjutnya, kalian hanya perlu membagikan informasi ke dalam kontak WA pada hp kalian. Bagaimana, mudah kan?

Fitur-fitur Andalan Zoom Meeting Terbaru

Jika ingin rapat online kalian dapat berjalan lancar, tidak ada salahnya memanfaatkan berbagai macam fitur menarik dan terbaru dari Zoom Meeting berikut :

1. Waiting Room

Bagi kalian yang belum mengetahui istilah Zoombombing, ini adalah istilah ketika ada seseorang yang bisa masuk ke rapat di Zoom tanpa diundang. Tentu saja hal tersebut merupakan isu sangat penting. Sebab orang ini bisa-bisa mengacaukan acara rapat kalian atau memperlihatkan beberapa hal yang kurang pantas.

Kalian dapat mengaktifkan layanan waiting room, caranya dengan menyalakan toggle bertuliskan enable waiting room di dalam opsi advanced options. Ketika para peserta tertarik masuk ke dalam ruang rapat, maka mereka bisa dialihkan langsung pada waiting room.

2. Breakout Rooms

Jika kalian mengadakan meeting dengan jumlah peserta yang banyak, kemudian tertarik membagi audiens ke dalam grup kecil, maka kalian dapat memakai breakout rooms. Dengan fitur ini, kalian bisa membagi para peserta ke dalam 50 grup meeting kecil. Kalian dapat membaginya secara otomatis, manual atau bahkan membuat peserta harus memilih kelompok kecil yang diinginkan.

Jika ingin mengaktifkan fitur tersebut, silahkan buka opsi account management kemudian buka account settings. Lalu tekan breakout room pada bagian bawah. Sehingga menjadikan akivitas zoom meeting semakin efisien.

Sebenarnya masih banyak lagi fitur menarik yang bisa kalian coba, seperti keyboard shortcuts dan fitur beauty filter. Namun fitur-fitur di atas dirasa sudah cukup untuk membuat rapat online kalian lebih lancar.

Dengan cara membuat jadwal meeting di Zoom dan menikmati fitur-fitur menarik lainnya, maka kalian bisa membuat rapat online kalian lebih efektif dan efisien.

 

Related posts