Cara Hapus Akun Google di Xiaomi

Bagaimana cara hapus akun Google di Xiaomi? Apakah ketika kita menghapus akun Google di Xiaomi kita bisa mengembalikannya lagi? Lalu, mengapa kita harus menghapus akun Google di Xiaomi?

Beberapa pertanyaan di atas kerap ditanyakan oleh para pengguna smartphone Android, terlebih untuk para pengguna smartphone dengan merek Xiaomi. Sebagaimana kita tahu akun Google merupakan sebuah akun penting yang harusnya ada pada device atau smartphone Android.

Sebab, dengan menggunakan satu akun Google kita bisa mengakses seluruh layanan ataupun aplikasi dari Google. Bahkan untuk para pengguna smartphone yang sudah melakukan root, dan hendak menginstal custom ROM.

Mereka harus terlebih dahulu melakukan login dengan menggunakan akun Google ketika proses instalasinya selesai.

Apabila proses ini dilewati, maka aplikasi atau sistem dari Android tidak dapat melakukan pembaruan ataupun menginstal aplikasi lain seperti Google Play Store.

Oleh sebab itu sangat penting bagi kita selaku pengguna Android, untuk setidaknya memiliki minimal 1 akun Google, pada satu perangkat Android.

Setelah kalian masuk kedalam sistem dari Android, dengan menggunakan satu akun Google tadi. Maka selanjutnya kamu bisa kok menambahkan akun lain, jika mungkin kamu memiliki banyak email ataupun akun Google yang dirasa penting.

Itulah kenapa, kadangkala kita kerap mendapatkan banyak sekali kontak tidak dikenal ketika ada teman ataupun orang lain yang tanpa sengaja melakukan login di perangkat Android kita. Hal ini sendiri bukan tanpa sebab, melainkan karena akun Google juga bisa digunakan untuk menyimpan data-data ataupun kontak dari telepon yang kita miliki.

Selain itu, fungsi lain akun Google juga bisa membantu kita untuk melacak posisi smartphone, ketika mungkin ponsel kita dicuri ataupun tertinggal di suatu tempat.

Disini kita bisa menggunakan aplikasi find my device, dengan cara melakukan pencarian menggunakan akun Google ataupun Gmail, yang nantinya akan kita login ke dalam aplikasi find my device. Dari sinilah kita bisa mengetahui posisi atau keberadaan ponsel kita berada. Tapi pastikan dulu ya, layanan GPS kalian sudah aktif.

Walaupun begitu, nyatanya ada beberapa pengguna smartphone Android, yang memilih untuk menghapus akun Google mereka. Hal ini dikarenakan, mungkin mereka sudah memiliki terlalu banyak akun Google, ataupun mereka sudah merasa terganggu dengan banyaknya notifikasi pada akun Google yang mereka gunakan.

Dan salah satu smartphone yang paling banyak digunakan dan membutuhkan akun Google adalah Xiaomi. Maka dari itu, jika mungkin kamu ingin menghapus akun Google pada perangkat Xiaomi. Kamu bisa membaca artikel berikut ini, cara hapus akun Google di Xiaomi melalui beberapa cara mudah.

Cara Hapus Akun Google di Xiaomi

Cara Hapus Akun Google di Xiaomi
Hapus Akun Google di Xiaomi

Cara Hapus Akun Google Di Xiaomi Lewat Pengaturan

Seperti pada cara-cara sebelumnya, kamu bisa dengan mudah menghapus akun Google melalui pengaturan ataupun setting di smartphone Xiaomi kalian. Caranya juga gampang banget kok

  • Bisa menarik status bar mu dari atas ke bawah, kemudian klik pada tombol gir atau setting yang biasanya berada pada bagian bawah layar, atau kamu juga bisa melalui icon pengaturan yang ada di homescreen
  • Setelah itu kamu akan menemukan banyak sekali pilihan pengaturan, disini kita hanya perlu mengklik pada menu Google atau akun
  • Kemudian nantinya kamu akan melihat banyak sekali list atau daftar email, yang merupakan akun Google yang sudah ter login, ke dalam smartphone Xiaomi kalian
  • Pilih pada salah satu akun Google yang ingin kamu hapus, dan kemudian kamu bisa mengklik pada remove account.

Sampai sini, kamu sudah berhasil untuk menghapus akun Google di Xiaomi lewat pengaturan. Tapi perlu diingat ya, cara ini hanya bersifat temporer. Maksudnya adalah, kamu hanya menghapus akun Google tersebut dari perangkat yang kamu gunakan. Dan jika sewaktu-waktu kamu ingin melakukan login kembali, kamu bisa menambahkan akun yang sudah kamu remove tadi kedalam smartphone Xiaomi kalian.

Cara Hapus Akun Google Di Xiaomi Lewat Gmail

Kemudian pada cara kedua, kita akan menggunakan aplikasi Gmail. Karena sebenarnya akun Google sendiri merupakan akun email dari Google, yang mana bisa kamu login dan juga kamu gunakan untuk beragam kebutuhan.

Oleh karena itu, kita bisa menghapus akun Google melalui aplikasi Gmail. Caranya

  • Buka terlebih dahulu aplikasi Gmail yang ada di smartphone Xiaomi kalian, pastikan email yang ingin kamu hapus Sudah login ke dalam smartphone kalian
  • Setelah itu, kamu bisa mengklik pada menu yang ada di bagian pojok kiri atas dari aplikasi Gmail, yang berupa garis tiga
  • Kemudian, kamu bisa mengklik pada tombol setting atau pengaturan, dan nantinya kamu akan melihat email email yang sudah ter log in di dalam smartphone Xiaomi kalian
  • Klik pada email yang ingin kamu hapus, dan nantinya kamu akan diarahkan ke dalam laman pengaturan dari email tersebut
  • Lalu, klik pada titik tiga yang ada di bagian pojok kanan atas dari aplikasi Gmail, lalu pilih manage account atau kelola akun
  • Nantinya kamu akan melihat lagi list atau daftar email yang sudah masuk ke dalam perangkat Xiaomi kalian
  • Klik pada email atau akun Google yang ingin kamu hapus, lalu klik pada remove account.

Setelah itu, sinkronisasi akan dilakukan secara otomatis untuk melakukan pembaruan data baik untuk kontak, email, ataupun data lain yang terhubung dengan akun Google yang masih aktif.

Sama seperti cara pertama, cara ini bersifat temporer atau sementara. Karena setelah proses remove account tadi, kamu tetap bisa menambahkan email yang sudah kamu remove.

Cara Hapus Akun Google Di Xiaomi Secara Permanen

Kemudian untuk cara terakhir, kamu bisa juga kok menghapus akun ataupun layanan Google secara permanen melalui perangkat smartphone Xiaomi kalian.

Cara ini benar-benar harus dipertimbangkan, dan juga dipikirkan matang-matang. Karena ketika kamu menggunakan cara ini, maka secara otomatis seluruh data dan juga layanan yang ada pada akun Google tersebut, akan dihapus. Dan untuk caranya adalah

  • Buka aplikasi browser yang ada di smartphone Xiaomi kalian. Disini Kami menyarankan kamu untuk menggunakan google Chrome.
  • Setelah itu kamu bisa mengunjungi situs google.com, dan melakukan login seperti biasa dengan menggunakan akun yang ingin kamu hapus
  • Jika sudah kamu bisa kembali ke halaman utama, dan kemudian mengunjungi situs https://my.account.google.com
  • Apabila kamu sudah melakukan login seperti cara sebelumnya, maka secara otomatis kamu akan diarahkan ke dalam akun Google, kamu bisa mengklik pada pilihan ‘Kelola Data dan Personalisasi Anda’
  • Kemudian, scroll kebagian agak bawah, sampai kamu menemukan pilihan ‘Hapus Layanan atau Akun Anda’
  • Terakhir, kamu bisa mengklik pada opsi ‘Hapus Akun Anda’ dan kamu akan diminta untuk login kembali dengan menggunakan data dari Akun yang akan dihapus. Setelah itu, ikuti semua instruksi yang diberikan pihak Google, untuk menghapus akun kalian.

Nah, itulah tadi beberapa cara hapus akun Google di Xiaomi yang bisa kamu coba. pastikan kamu sudah terlebih dahulu melakukan backup, jika mungkin ingin menghapus akun Google secara permanen. Semoga bermanfaat.