Cara Cek Xiaomi

Penggemar Xiaomi rasanya semakin terus meningkat setiap waktu, mengingat ponsel pintar ini tak hanya berharga murah saja, tetapi spesifikasi yang dibenamkannya juga sudah cukup handal. Bahkan popularitas Xiaomi mampu bersaing dengan brand-brand yang sebelumnya sudah malang melintang di Indonesia. Namun sayangnya, tidak sedikit orang mengabaikan keaslian atau spesifikasi Hp Xiaomi. Padahal penting sekali mengetahui cara cek Xiaomi terutama perihal keaslian dan spesifikasi yang dibenamkannya.

Kepopuleran Hp Xiaomi di Indonesia pada kenyataannya sering diterpa isu miring mengenai orisinalitasnya. Tak jarang, banyak konsumen yang sudah tertipu dengan membeli HP Xiaomi abal-abal.

Read More

Inilah yang membuat kita semua wajib waspada saat membeli smartphone Xiaomi di pasaran. Jadi bagi Kamu yang tertarik membeli ponsel Xiaomi, wajib mengikuti tutorial cara cek Xiaomi asli atau palsu berikut ini!

Cara Cek Xiaomi Asli atau Palsu

Cara Cek Xiaomi
Cek Xiaomi | IMG: imei24.com

Ada beberapa cara cek Xiaomi yang bisa Kamu coba, agar tidak tertipu oleh pihak-pihak yang tak bertanggung jawab. Berikut panduannya :

1. Wajib Beli Langsung di Distributor Resmi Xiaomi

Cara paling mudah untuk mengecek keaslian HP Xiaomi ialah dengan langsung membeli ponsel Xiaomi di distributor resminya.

Kamu bisa cari tahu distributor resmi Xiaomi yang menawarkan produk-produk Hp Xiaomi asli berikut jaminan stiker TAM yang terdapat di dusnya.

Meskipun mungkin harga Hp Xaomi yang harus Kamu bayar di distributor resminya lebih mahal ketimbang beli di distributor non resmi.

Terkait:  Cara Cek Kehamilan dengan Gula

Tapi tentu saja semuanya terbayar dengan garansi yang diberikannya. Karena jika Kamu membeli Hp Xiaomi langsung dari distributor resminya, maka Kamu bisa melakukan klaim garansi langsung di Service Center Xiaomi.

Akan tetapi, sebenarnya bisa saja Kamu mendapatkan produk Hp Xiaomi asli dari distributor non resmi, dengan alasan harga lebih murah. Asalkan Kamu tahu cara pengecekan Hp Xiaomi tersebut apakah asli ataukah palsu.

2. Cara Cek Xiaomi Dengan Nomor IMEI

Nah, para pengguna smartphone tentu saja sudah familiar dengan nomor IMEI. Apa itu nomor IMEI? Ya, Nomor IMEI merupakan sebuah kode unik pada tiap perangkat ponsel, tak terkecuali pada Hp Xiaomi.

Selain itu, kode unik di setiap ponsel pasti berbeda meskipun mereknya dan serinya sama. Jadi, nomor IMEI Xiaomi yang Kamu miliki tidak akan sama dengan nomor IMEI pengguna Xiaomi lainnya.

Adapun cara cek Xiaomi lewat nomor IMEI ini, ada beberapa langkah yang harus Kamu coba berikut ini :

  • Silahkan cek dus Hp Xiaomi milikmu. Jadi, sebelum Kamu membeli bisa cek nomor IMEI yang tertera tepat di bagian belakang dus kemasan Hp Xiaomi tersebut. Lalu, catat kode unik yang tertera pada HP lain. Kamu bisa langsung cek keaslian lewat nomor IMEI tersebut di internet menggunakan ponsel lainnya.
  • Selain mengecek nomor IMEI lewat dus ponsel, Kamu juga bisa mengecek keaslian HP Xiaomi lewat kode USSD di *#06#. Apabila Kamu sudah membuka kemasan Hp Xiaomi serta sudah dikeluarkan dari dusnya, solusi lain yang bisa Kamu gunakan ialah dengan mengetikkan kode USSD di *#06# lewat menu panggilan telepon.
  • Cek bagian bodi Xiaomi. Kamu juga bisa mengecek nomor IMEI yang ditempel pada stiker bagian depan atau belakang Hp Xiaomi. Silahkan cocokan kode unik tersebut dengan kode yang tertera pada dus Hp agar lebih akurat.
  • Alternatif lainnya yang bisa Kamu coba ialah dengan mengecek menu setting Xiaomi.  Kamu bisa melakukan pengecekan nomor IMEI sesudah Hp dinyalakan. Adapun caranya cukup masuk ke pengaturan atau setting lalu pilih about dan pilih Status. Selanjutnya, Kamu dapat melihat nomor IMEI tersebut langsung dari Hp Xiaomimu.
Terkait:  Cara Melacak Hp yang Hilang Dengan GPS

Selain itu, pastikan nomor tersebut sasma seperti yang tertera pada kode USSD, pada stiker, maupun pada dus kemasan Hp Xiaomi.

3. Cara Cek Hp Xiaomi Melalui Cek IMEI Online

Jika Kamu sudah mengetahui IMEI ponsel Xiaomi yang dimiliki, Kamu juga dapat mengecek keaslian Hp Xiaomi lewat website verifikasi untuk produk-produk Xiaomi.

Melalui situs web inilah, kita dapat mengecek apakah produk tersebut resmi keluaran dari Xiaomi atau bukan. Nah, untuk lebih jelasnya Kami akan membagikan 2 web resmi yang bisa Kamu coba diantaranya :

  • QR Cod Mi Verification

Silahkan kunjungi situs resmi di https://jd.mi.com/. Jika sudah masuk ke alamat web tersebut, selanjutnya Kamu akan dibawa untuk melakukan scan kode QR menggunakan aplikasi dari Mi Verification. Kamu akan mendapatkan link download untuk aplikasi tersebut tepat di bawag kode QR.

Jika aplikasi sudah dipasang di ponsel Xiaomimu, silahkan scan kode tersebut untuk melakukan verifikasi. Selanjutnya Kamu akan ditampilkan hasil verifikasi di layar ponsel.

  • Mi Product Verification

Solusi cara cek Xiaomi asli atau palsu lainya ialah dengan mencoba web yang kedua, di alamat link http://www.mi.com/verify/#imei en. Di sini, Kamu perlu memasukkan kode IMEI di HP Xiaomi-mu saja di kolom yang tersedia.

Jika nomor IMEI sudah dimasukkan, silahkan inputkan kode keamanan. Selanjutnya, Kamu dapat melihat langsung keaslian ponsel Xiaomi yang Kamu miliki beserta lokasi penjualan produk tersebut.

Itulah cara cek Xiaomi asli atau palsu yang bisa Kamu praktekkan untuk mengecek keaslian Hp Xiaomi yang Kamu beli.

Selain mengecek keaslian Xiaomi, penting juga untuk mengetahui spesifikasi Hp Xiaomi, mengingat sekarang ini ada banyak HP Xiaomi yang tidak sesuai spesifikasinya. Simak ulasannya berikut!

Terkait:  Cara Cek IMEI Xiaomi

Cara Cek Spesifikasi Xiaomi

Selain pemalsuan produk Xiaomi, tidak sedikit pula kita jumpai spesifikasi yang dibekali pada Hp Xiaomi ternyata tidak sesuai dengan spesifikasi aslinya.

Ada beberapa cara cek Xiaomi untuk memastikan spesifikasi Hp Xiaomi itu sendiri, berikut ulasannya :

1. Cek RAM HP Xiaomi

Untuk melakukan pengecekan jumlah sisa RAM  atau total RAM Hp Xiaomi yang dipakai, berikut langkah-langkahnya :

  • Silahkan klik ikon tiga baris di bagian menu navigasi.
  • Kemudian biasanya Kamu akan melihat tampilan RAM total yang tertera di bagian bawah list aplikasi berikut RAM yang tersisa.

2. Cek Internal Memory Hp Xiaomi

Kamu bisa menegcek internal memory HP Xiaomi guna mengetahui jumlah memori bawaan pada Hp Xiaomi. Apakah memori internal tersebut 256 GB, 128GB, 32GB atau 16 GB. Berikut panduan caranya :

  • Silakan pilih menu settings atau setelan.
  • Selanjutnya pilih menu “About Phone”.
  • Periksa “Internal Storage”, selanjutnya Kamu akan melihat total internal memory ponsel Xiaomi yang Kamu miliki.
  • Selain mengecek memori internal, menu ini juga bisa digunakan untuk pengecekan jumlah RAM Xiaomi.

3. Cek Prosessor Hp Xiaomi

Kamu juga bisa mengecek prosessor Hp Xiaomi melalui pengaturan, dengan langkah-langkah berikut :

  • Buka menu Setelan atau setting di Hp Xiaomi.
  • Lalu masuk ke “About Phone”.
  • Cek di bagian CPU Hpmu apakah terlihat prosesor yang digunakan berupa deca core ataukah octa core.

Untuk deca-core sendiri biasanya merujuk pada prosesor Mediatek, sedangkan untuk octa core merujuk pada Snapdragon.

Nah, itulah cara cek Xiaomi asli atau palsu dan spesifisikasi yang dibenamkannya.  Dengan demikian, Kamu pun lebih nyaman dan leluasa memakai ponsel Xiaomi milikmu. Semoga bermanfaat!

Related posts