Cara Baca Komik

Era serba digital memudahkan dalam segala aspek. Termasuk untuk membaca komik. Saat ini sudah ada banyak cara baca komik melalui situs maupun aplikasi. Bahkan bisa diakses secara gratis dengan koleksi yang lengkap.

Komik atau manga masih menjadi salah satu bacaan favorit di Indonesia. Terlebih saat ini semakin banyak judul manga-manga dan komik seru untuk diikuti. Beberapa juga sudah mendapat adaptasi ke versi live. Meningkatkan minat para pembaca komik.

Untuk cara baca komik saat ini bukan hanya melalui buku saja. Sudah ada banyak sekali situs sampai aplikasi untuk membaca komik. Satu lagi, koleksi komik yang ada sudah diterjemahkan dalam bahasa Indonesia. Cocok untuk yang masih kesulitan cara baca bahasa Inggris.

Cara baca komik online ini pun sangat mudah. Tidak membutuhkan tutorial maupun trik khusus untuk bisa menikmati berbagai judul komik yang ada.

Cara Baca Komik

Cara Baca Komik
Cara Baca Komik di 10 Situs dan Aplikasi

Berikut ini merupakan daftar 10 situs baca komik online. Situs serta aplikasi yang ada di bawah ini mayoritas hanya memiliki koleksi manga dari Jepang. Meskipun juga ada sederet judul manga dari negara-negara lain.

1. Cara Baca Komik Mangacanblog

Mangacanblog memiliki koleksi komik-komik populer. Seperti Detective Conan, Naruto, Bleach, One Piece, dan X Hunter bisa dibaca di situs ini. Sedangkan untuk manga-manga lain, situs ini memang tidak memiliki koleksi terlalu lengkap.

Walau begitu, Mangacanblog unggul dari tampilan situs yang sederhana serta kemudahan untuk membaca. Cara baca komik Mangacanblog bisa melalui pilihan Single Page, dimana komik akan dibuka setiap halaman. Maupun dengan Full Page.

Membaca komik dengan Full Page akan langsung membuka untuk satu chapter. Hanya saja dibutuhkan konsumsi data lebih besar untuk pilihan ini.

2. Cara Baca Komik KomikFox

Situs baca komik online lain yang menawarkan kemudahan bagi pembaca adalah KomikFox. Selain memiliki koleksi untuk judul-judul manga populer, KomikFox juga memiliki sederet komik lain dengan berbagai genre. Cocok untuk pembaca yang ingin membaca banyak manga lain.

Cara baca komik KomikFox tidak kalah mudah. Setelah memilih judul komik yang akan dibaca, tinggal tentukan chapter. Kemudian seluruh halaman chapter tersebut akan terbuka.

3. Situs Baca Komik Mangaku

Tampilan interface dan sistem pencarian yang mendetail menjadi keunggulan website baca komik online satu ini. Selain itu Mangaku memiliki koleksi komik yang lengkap. Serta update untuk chapter baru juga cukup cepat.

Di situs satu ini, pembaca juga bisa menonton anime. Sehingga tidak perlu lagi mencari-cari situs berbeda bila ingin membaca komik sekaligus menonton anime dari Jepang.

4. Baca Komik MangaToon

Selain membaca komik melalui situs, saat ini juga sudah ada banyak aplikasi tersedia. Salah satu aplikasi baca komik yang banyak direkomendasikan adalah MangaToon.

MangaToon memiliki koleksi komik on going yang cukup lengkap. Komik-komik yang ada di MangaToon juga diperbarui secara mingguan. Jadi akan selalu ada judul atau chapter komik baru untuk dibaca.

Baca komik di MangaToon juga bisa secara online dan offline. Jadi ketika tidak memiliki kuota internet akan tetap bisa membaca komik yang sudah diunduh lebih dulu. Memudahkan sekali bukan?

5. LINE Webtoon

Dibandingkan dengan aplikasi baca komik lain, LINE Webtoon memang paling dikenal luas. Pasalnya aplikasi ini tidak hanya menyediakan komik secara legal. Melainkan dari pembuat komik di berbagai negara. Termasuk juga di Indonesia.

Untuk baca komik online di LINE Webtoon ada beberapa cara. Bisa secara gratis maupun berbayar dengan koin webtoon untuk membaca update lebih cepat. LINE Webtoon juga menghadirkan komik dari berbagai genre berbeda. Pembaca juga bisa memberikan rating sampai komentar di setiap chapter komik yang diunggah.

Fitur yang lengkap hingga berbagai kemudahan yang ditawarkan membuat aplikasi LINE Webtoon sampai saat ini masih digemari untuk membaca komik. Terlebih dengan membaca komik di LINE Webtoon juga secara langsung mengapresiasi para kreator dan pembuatnya.

Pilihan berbagai judul komik dari sederet negara berbeda, dan bermacam genre membuat LINE Webtoon patut digunakan. Tidak akan bosan deh saat membaca komik di LINE Webtoon!

6. Situs Baca Komik Online Komiku

Harus diakui, untuk membaca komik di berbagai situs gratis akan ada iklan-iklan. Bagi beberapa pembaca hal ini akan cukup mengganggu.

Nah, Komiku menyediakan situs baca komik online yang nyaris tidak ada iklan. Kenyamanan pembaca terjamin saat membaca komik di situs satu ini.

Selain tidak ada iklan, Komiku juga memberikan update yang cukup cepat untuk koleksi komik yang dimiliki. Pembaca juga akan bisa mengunduh komik dalam bentuk pdf agar bisa dibaca secara offline.

7. Komikgue

Satu lagi situs untuk membaca komik yang tidak banyak dipenuhi iklan. Komikgue memiliki koleksi yang lebih lengkap. Terutama untuk judul-judul manga populer. Situs ini juga memastikan update yang diberikan cukup cepat. Sehingga pembaca tetap akan bisa mengikuti bila ada chapter baru yang terbit.

Kemudahan lain dari Komikgue, pembaca cukup menggeser ke arah bawah untuk membuka halaman selanjutnya. Berbeda dari situs lain yang harus membuka di chapter atau halaman baru. Cara baca komik seperti ini tentu saja akan semakin memudahkan untuk pembaca.

8. Baca Komik Online Komikcast

Komikcast nyaris mirip dengan LINE Webtoon. Hanya saja aplikasi ini merupakan buatan anak bangsa. Sehingga ada kebanggaan tersendiri ketika membaca komik dari aplikasi ini dibandingkan lainnya.

Seperti juga di LINE Webtoon, Komikcast menghadirkan berbagai judul komik dengan genre berbeda. Bisa dikatakan, genre komik di Komikcast cukup lengkap dibandingkan dengan aplikasi baca komik online lain. Ada belasan genre komik yang dimiliki di Komikcast.

Update yang dihadirkan untuk komik-komik yang ada bervariasi. Di Komikcast, pembaca bisa dengan mudah memilih komik dari deretan Populer, Update, dan lainnya. Pembaca juga bisa menandai komik yang mereka sukai.

9. WebComics

Menggemari komik dengan berbagai genre berbeda? WebComics bisa jadi pilihan paling tepat untuk digunakan. Aplikasi baca komik online ini menyediakan berbagai genre dan judul yang unik. Komik dengan genre romansa, thriller, sampai horor merupakan beberapa yang paling banyak digemari di WebComics.

Keunggulan WebComics bukan hanya dari segi koleksi judul dan genre. Selain sebagai salah satu cara baca komik online yang mudah, WebComics juga menjadi komunitas pembaca. Di aplikasi ini pembaca bisa saling berkomentar, memberi pendapat, atau bahkan review untuk sebuah komik yang dibaca. \

10. Aplikasi Baca Komik CIAYO Comics

Satu lagi aplikasi baca komik yang harus diunduh. CIAYO Comics memiliki fitur yang lengkap. Pembaca bisa subscribe pada komik yang disuka untuk mendapatkan notifikasi update. Selain itu juga bisa membagikan komik melalui fitur Share, dan lain-lain.

Kelengkapan fitur ini juga didukung banyaknya koleksi judul komik di CIAYO Comics. Update berkala juga diberikan untuk masing-masing judul komik.

Cara baca komik saat ini memang sudah semakin mudah. Terdapat banyak sekali situs baca komik online yang menyediakan koleksi lengkap. Selain juga gratis. Belum lagi berbagai aplikasi baca komik online dengan fitur-fitur menarik. Semakin memberikan kemudahan untuk baca komik.

10 situs dan aplikasi untuk baca komik online di atas juga bisa diakses secara gratis. Beberapa bahkan menyediakan fitur untuk membaca komik secara offline. Jadi, membaca komik bisa dimana saja serta kapan saja, nih!

Aluna N. Nayaka
fulltime dreamer, parttime writer | write something that gonna worth while