Cara Beli Koin Webtoon

Bagaimana cara beli koin Webtoon? Metode pembayaran apa saja yang bisa digunakan untuk membeli koin webtoon? Apa guna dari koin webtoon? Seperti apa caranya?

Untuk para pengguna aplikasi chatting seperti LINE, mungkin mendengar kata webtoon sudah tidak asing lagi ditelinga kalian, ya. Webtoon atau Web Cartoon sendiri merupakan salah satu layanan atau fitur lain dari LINE yang mana dikhususkan untuk pengguna LINE yang ingin membaca komik atau serial kartun secara online melalui aplikasi Webtoon.

Sebelumnya, pengguna LINE bisa langsung membaca komik atau kartun dari webtoon melalui aplikasi LINE saja, namun karena banyak masukan dan saran dari para pengguna Webtoon, akhirnya pihak pengembang dari LINE memilih untuk memisahkan antara LINE dan juga Webtoon dari segi Aplikasi.

Sehingga, ketika pengguna ingin melakukan chatting, mereka bisa fokus untuk membuka aplikasi LINE saja, dan ketika mereka ingin membaca komik, maka mereka bisa fokus untuk membuka aplikasi Webtoon saja. Nah, komik komik yang tersedia didalam webtoon sendiri cukup beragam.

Kalian bisa membaca kumpulan komik dari para penulis atau animator yang berasal dari Indonesia, ataupun luar negeri sekalipun. Selain itu, cerita yang dihadirkan tak kalah menarik dan seru, oleh karena itu lah banyak para creator dari webtoon yang memilih membuat cerita dalam bentuk series, untuk menarik minat pembaca.

Tapi, untuk bisa menikmati keseluruhan cerita dari komik yang ada di webtoon, pengguna harus melakukan pembelian koin terlebih dahulu, nah hasil dari pembelian koin inilah yang nantinya akan menjadi sumber penghasilan para creator, sebagai bentuk apresiasi atau penghargaan kepada creator dalam membuat karya yang baik.

Tentu untuk para pecinta komik terlebih di webtoon tidak akan merasa keberatan akan hal ini. sebab, untuk harga koin webtoon sendiri masih sangat terjangkau kok. Pengguna bisa membeli 100 koin webtoon dengan harga 15.000 saja. Dan untuk pembelian koin webtoon sendiri, hanya bisa dilakukan melalui aplikasi webtoon itu sendiri dengan payment gateway yang mana bekerja sama hanya dengan google play store.

Untuk itu, jika kamu mungkin belum mengetahui cara beli koin Webtoon, kamu bisa kok menyimak ulasan berikut ini.

Cara Beli Koin Webtoon

Cara Beli Koin Webtoon
Beli Koin Webtoon

Beli Koin Webtoon dengan Pulsa

Langkah pertama yang bisa kamu lakukan untuk membeli koin webtoon adalah dengan menggunakan pulsa. loh, emangnya bisa ya? Jawabannya adalah bisa. Selama, operator sim card yang kalian gunakan adalah Indosat, Smartfren, Telkomsel, XL / AXIS, Tri. Selain operator tersebut, mungkin akan ada kegagalan atau ketidak berhasilan ketika melakukan pembayaran. Caranya sendiri gak terlalu sulit kok.

  • Pastikan kalian memiliki pulsa yang cukup, setidak nya untuk membeli koin webtoon dengan mengetahui harga dari koin webtoon terlebih dahulu
  • Setelah itu, buka aplikasi Webtoon di perangkat smartphone kalian
  • Lalu login seperti biasa dengan menggunakan akun LINE yang terdaftar
  • Setelah berhasil masuk, klik pada menu ‘more’ atau ‘lainnya’
  • Lalu, pilih pada menu ‘coin shop’
  • Selanjutnya, pilih nominal atau jumlah koin webtoon yang akan dibeli, dan sesuaikan dengan nominal pulsa yang kalian miliki
  • Setelah itu, klik pada tombol ‘purchase’ atau ‘beli’
  • Tunggu beberapa saat sampai kalian diarahkan ke menu pembayaran dari google play store
  • Nantinya, kalian akan melihat opsi ‘bayar dengan’ atau ‘pilih metode pembayaran’
  • Klik pada opsi tersebut, dan ganti metode pembayaran dengan ‘pulsa operator’
  • Terakhir, klik pada tombol ‘beli’ dan tunggu sampai prosess pembelian berhasil dilakukan

Perlu untuk diingat, pada saat memilih pulsa operator, pastikan operator SIM Card kalian mendukung untuk melakukan pembayaran. Atau jika mungkin tidak muncul nomor kalian pada opsi ‘pulsa operator’, maka kalian bisa menambahkannya secara manual melalui Google Play Store > Menu di pojok kiri atas > Payment / Pembayaran > tambah metode pembayaran. Dan kemudian, masukkan nomor telfon kalian sesuai operator yang didukung tadi.

Beli Koin Webtoon dengan Gopay

Langkah kedua adalah kalian bisa menggunakan saldo gopay yang bisa kamu top up dengan menggunakan aplikasi gojek. Cara ini juga terbilang sangat mudah kok, karena kamu hanya perlu mendaftarkan nomor ponsel dan juga email melalui akun gojek, dan kemudian melakukan top up saldo gopay ke nomor telpon yang terdaftar tadi. Dan untuk cara membeli koin webtoon menggunakan gopay sendiri terbilang mudah kok. Yakni

  • Download terlebih dahulu aplikasi gojek dan pastikan kalian sudah mendaftar dan melakukan top up saldo gopay
  • Kemudian, buka aplikasi Google Play Store > klik menu di pojok kiri atas > Payment / pembayaran
  • Setelah itu, klik pada tombol ‘tambah metode pembayaran baru’ dan pilih saja ‘gopay’
  • Nantinya, kalian akan diarahkan kedalam laman aplikasi Gojek kalian, dan lakukan login seperti biasa
  • Setelah itu, buka aplikasi Webtoon pada smartphone kalian
  • Klik pada menu ‘more’ atau ‘lainnya’
  • Setelah itu klik pada menu ‘coin shop’
  • Pilih nominal atau jumlah koin yang ingin dibeli dan pastikan sesuai dengan saldo gopay kalian
  • Lalu klik pada tombol ‘purchase’ atau ‘beli’
  • Tunggu beberapa saat sampai kalian melihat pop up pembayaran atau pembelian dari google play store, dan pada opsi ‘metode pembayaran’ atau ‘bayar dengan’ ganti saja metode nya dengan ‘gopay’
  • Terakhir, klik tombol bayar dan masukkan PIN Gopay kalian yang sebelumnya sudah dibuat.

Nah, sebenarnya gojek atau gopay juga memiliki fitur gojek paylater untuk teman-teman yang mungkin belum sempat melakukan top up saldo gopay, tapi sayangnya, fitur paylater ini hanya bisa digunakan untuk melakukan pembayaran lewat gojek saja, bukan menggunakan metode pembayarannya.

Beli Koin Webtoon lewat Alfamart atau Indomaret

Terakhir, kalian bisa melakukan pembelian melalui alfamart atau indomaret dengan membeli voucher atau kode reedeem Google Play Store via alfamart. Disini, kalian tidak perlu menggunakan metode pembayaran ataupun yang lainnya.

Cukup dengan mengunjungi store dari Alfamart atau Indomaret, dan kemudian kalian bisa mencari katalog atau produk yang bergambar google play store. Setelah itu, kalian bisa melakukan pembelian voucher tersebut, dan melakukan pembayaran di kasir.

Setelah pembayaran dilakukan, kalian bisa kok meminta bantuan kepada pihak kasir untuk melakukan pengisian kode reedeem ataupun langsung mengatakan bahwa kalian ingin membeli koin webtoon dengan metode pembayaran menggunakan kode reedeem dari google play store tadi.

Nantinya pihak kasir akan membantu kamu untuk melakukan pengisian ataupun pembelian koin webtoon, dan setalah berhasil, maka kalian akan menerima notifikasi dari LINE Webtoon apabila pembelian sudah berhasil dilakukan.

Itulah tadi pembahasan singkat tentang cara beli koin Webtoon. Semoga artikel ini bisa menjadi refernsi yang baik untukmu, dan semoga bermanfaat.

Faiz Dawami
suka diajak ngopi