Cara Mobile Banking Mandiri

Cara Mobile Banking Mandiri
Cara Mobile Banking Mandiri

Cara mobile banking Mandiri bisa kamu lakukan mulai dari pendaftaran hingga aktivasi akunnya. Asalkan kamu mengikuti semua panduan yang ada dengan baik dan benar. Ada banyak sekali keuntungan yang akan kamu dapatkan jika menggunakan mobile banking Mandiri ini. Salah satunya adalah kamu bisa melakukan berbagai transaksi hanya menggunakan aplikasi di HP saja.

Meskipun demikian, masih banyak nasabah yang belum paham dan tidak tahu bagaimana cara melakukannya. Jika kamu adalah salah satunya, maka kamu bisa membaca panduan pada artikel kali ini.

Fitur-fitur Mobile Banking Mandiri

Pihak bank Mandiri selalu melakukan inovasi terbaru untuk aplikasi mobile bankingnya. Hal ini dilakukan agar para nasabahnya mudah untuk melakukan berbagai transaksi di dalamnya sehingga para nasabah merasa nyaman. Ada banyak sekali fitur-fitur yang disediakan. Berikut ini adalah fitur-fitur lengkapnya.

  1. Buka Rekenening

Fitur pertama yang ada di mobile banking Mandiri adalah buka rekening. Di dalam buku rekening ini ada fitur livennes detectiom dan face recognition yang secara otomatis terhubung dengan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil atau Disdukcapil. Dengan fitur ini, kamu tidak perlu lagi menelepon ataupun melakukan video call bersama agen seperti bank-bank lain. Hal ini dikarenakan bank Mandiri bisa mengenalimu sesuai dengan data dari database Disdukcapil tersebut.

  1. One Step Payment Solution

Perlu kamu ketahui bahwa livin’ by Mandiri saat ini sudah terhubung dengan lebih dari 1.800 partner pembayaran. Dengan melalui fitur ini, kamu tidak perlu lagi menyalin nomor virtual account ketika ingin membayar tagihan belanjaan. Sehingga kamu hanya perlu membayar semuanya sekaligus cukup pakai satu aplikasi mobile Mandiri ini.

  1. Transfer Pakai BI Fast

Dengan menggunakan mobile banking ini, kamu bisa melakukan transfer dengan sistem BI fast yang baru diluncurkan tahun 2021 oleh Bank Indonesia. Dengan menggunakan fitur ini, kamu bisa melakukan transaksi keuangan secara real time, murah, mudah, aman, dan bisa diakses selama 24 jam.

Jika sebelumnya kamu harus membayar sebesar 6.500 untuk sekali transfer beda bank, biaya BI fast ini hanya dikenakan biaya sebesar 2.500. Hal ini tentunya akan sangat berguna untuk membantu nasabah yang merasa keberatan dengan biaya admin sebelumnya.

  1. Quick Pick

Ada banyak sekali aplikasi banking yang mirip dengan mobile banking Mandiri, tetapi tidak bisa dipersonalisasikan sesuai dengan kebutuhan masing-masing nasabahnya. Namun hal ini berbeda dengan mobile banking Mandiri yang menyediakan fitur quick Pick. Melalui fitur ini akan memudahkanmu untuk membuat daftar transaksi favorit di dalam aplikasi sehingga kamu bisa menyingkat waktu ketika ingin melakukan transaksi keuangan yang instan dan praktis.

Persyaratan Daftar Mobile Banking Mandiri

Sebelum kamu melakukan pendaftaran mobile banking Mandiri, alangkah baiknya jika kamu memahami terkait berbagai persyaratan yang harus kamu penuhi terlebih dahulu. Persyaratan-persyaratan tersebut harus kamu patuhi agar proses pendaftaran bisa berjalan dengan lancar. Berikut ini adalah penjelasannya.

  • Pertama, kamu harus memastikan bahwa dirimu terdaftar sebagai nasabah bank Mandiri ataupun buka rekening Mandiri. Jika kamu masih belum terdaftar, maka silahkan kamu mendatangi kantor cabang terdekat atau melakukannya secara online di bankmandiri.co.id dari ponselmu
  • Pastikan kamu membawa kart ATM ataupun debit Mandiri
  • Aktifkan SMS finansial dan pastikan kamu punya MPIN
  • Untuk memastikan kedua hal tersebut tinggal menelpon Mandiri Call 14000
  • Bawalah kartu identitas, kartu debit, dan tabungan Mandiri
  • Kamu harus melakukan verifikasi nomor ponsel dari aplikasi mobile banking Mandiri dan pastikan bahwa kamu mempunyai pulsa untuk menerima pesannya
  • Untuk bisa mengakses Livin’ By Mandiri untuk OS smartphone yang kamu pakai minimal adalah android 5.1 atau iOS versi 8 ke atas

Cara Mobile Banking Mandiri

Cara Mobile Banking Mandiri
Cara Mobile Banking Mandiri

Seperti sudah kami singgung pada awal artikel ini, kamu harus menjadi nasabah bank Mandiri terlebih dahulu jika memang kamu ingin bisa memanfaatkan layanan Mobile Banking ini. Jika sudah, maka kamu bisa memilih tiga metode yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan acces ID yang nantinya akan dipakai untuk mendaftarkan diri. Metode tersebut adalah lewat mesin ATM atau datang langsung ke kantor cabang terdekat serta aktivasi. Berikut ini penjelasan dari kedua metode tersebut.

Cara Mobile Banking Mandiri Lewat Kantor Cabang Mandiri Untuk Daftar

Metode pertama yang bisa kamu gunakan adalah kamu bisa melakukan pendaftaran mobile banking Mandiri dengan datang langsung ke kantor cabang Mandiri. Jika kamu memilih menggunakan metode ini, maka kamu harus menyiapkan buku rekening, kartu ATM, dan e-KTP. Setelah itu silahkan kamu ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Pertama, kamu harus datang ke petugas atau customer service
  • Silahkan kamu mengisi formulir pendaftaran yang diberikan
  • Setelah semua sudah terisi, maka kamu tinggal berikan formulir tadi kepada petugas bank tadi sebab merekalah yang nantinya akan memprosesnya
  • Setelah prosesnya selesai, maka kamu akan mendapatkan token internet banking Mandiri seharga 20 ribu.
  • Uang itu bisa kamu gunakan untuk membayar token bisa dipotong langsung dari rekening
  • Silahkan kamu simpan token tersebut dan jangan sampai atau hilang atau terblokir sebab, ada biaya penggantian token sebesar Rp.100.000
  • Jika mempunyai waktu yang cukup luang, maka tidak ada salahnya jika.kamu melakukan aktivasi akun mobile bangking dan kamu hanya tinggal mengikuti arahan yang diberikan

Cara Mobile Banking Mandiri Lewat Mesin ATM Untuk Daftar

Selain menggunakan metode pertama tadi, kamu juga bisa menggunakan metode lain yaitu menggunakan mesin ATM. Metode ini jauh lebih praktis dan simpel sehingga sangat cocok bagi kamu yang jauh dari kantor cabang Mandiri atau kerap sibuk setiap hari. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Setelah sampai di mesin ATM terdekat, silahkan masukkan kartu ATM dan PIN ATM
  • Pada halaman utama, kamu pilih transaksi lainnya
  • Lalu pilih pendaftaran E-banking
  • Kemudian pilih internet banking
  • Pilih setuju untuk memberikan konfirmasi
  • Sekali lagi masukkan PIN ATM
  • Buatlah PIN untuk mobile banking Mandirimu. Alangkah baiknya jika kamu bedakan antara PIN ini dan PIN ATM
  • Konfirmasikan ulang kata sandi dan akun mobile banking Mandirimu sudah siap digunakan

Cara Mobile Banking Mandiri Untuk Aktivasi

Setelah kamu mendapatkan struk dari ATM yang berisi acces code, maka selanjutnya silahkan kamu lakukan aktivasi akun. Tapi untuk hal ini tidak perlu kamu lakukan di mesin ATM, melainkan kamu harus menggunakan situs internet mobile banking Mandiri. Berikut adalah penjelasannya.

  • Bukalah webnya mandiri melalui lewat ponsel ataupun perangkat lainnya
  • Di halaman tersebut silahkan kamu cari kata-kata pengguna baru atau registrasi ulang dan pilih klik di sini
  • Muncul syarat dan ketentuan silahkan kamu baca dan jika sudah pilih setuju
  • Masukkan acces ID berupa 16 digit nomor kartu ATM dan acces code berupa PIN
  • Pilih aktifkan
  • Isi kolom yang tersedia
  • Pilih kirim

Kesimpulan

Nah, itulah penjelasan singkat terkait bagaimana cara mobile banking Mandiri yang bisa kamu lakukan dengan mudah di rumah. Semoga informasi di atas dapat membantumu, selamat mencoba dan semoga berhasil!

 

Related posts