Cara Dropship di Shopee

Bagaimana cara dropship di shopee? Apa saja yang harus diperhatikan dan dibutuhkan ketika kita ingin mendaftar sebagai dropshipper di shopee? Apa saja langkah-langkah untuk dropship di shopee?

Berbicara tentang layanan belanja online, mungkin saat ini kita tak lagi asing dengan layanan e-commerce yang bernama shopee. Diri merupakan salah satu layanan belanja online yang memiliki pusat di berbagai macam negara di dunia.

Untuk Indonesia sendiri, shopee kerap menjadi tempat di mana para pengguna atau penggila shopping, bisa mendapatkan produk-produk yang mereka inginkan dengan harga yang terjangkau.

Selain itu, shopee juga tak henti-hentinya selalu menghadirkan promo dan juga penawaran menarik untuk para pengguna setianya.

Itulah mengapa kita bisa menemukan banyak sekali seller atau penjual, yang menawarkan beragam produk untuk memenuhi kebutuhan para pembeli.

Mulai dari kebutuhan rumah tangga, kebutuhan fashion laki-laki ataupun wanita, kebutuhan elektronik dan juga otomotif, serta beragam kebutuhan lain seperti pernak-pernik dan juga aksesoris.

Salah satu event ataupun penawaran menarik dari shopee yang paling banyak diberikan kepada penggunanya adalah, gratis ongkir dan juga extra ongkir. Sebab, dengan adanya program ini pengguna tak lagi dibebankan oleh biaya ongkos kirim, ketika mereka berbelanja di shopee. Selain itu para pengguna juga bisa kok mendapatkan koin shopee ataupun mengisi ulang koin shopee tersebut, untuk digunakan sebagai metode pembayaran ataupun potongan, ketika mereka berbelanja di shopee.

Tetapi jika kamu tidak ingin melakukan top up untuk koin shopee, kamu bisa kok memainkan beragam games yang ada di shopee, untuk mendapatkan koin shopee secara gratis.

Mulai dari shopee tanam, shopee Candy, shopee Bubble, shopee capit, dan masih banyak lagi. Maka dari itu tak heran ada banyak sekali pengguna yang lebih memilih shopee, untuk menunjang kebutuhan belanja online mereka.

Ditambah dengan adanya layanan livestreaming, yang bisa digunakan untuk para seller atau penjual, untuk mempromosikan produk mereka. Karena dengan cara ini, penonton atau calon pembeli bisa dengan mudah menanyakan stok ataupun melihat dan menanyakan detail dari produk yang dijual oleh seller atau penjual.

Maka dari itu tak heran jika saat ini banyak sekali masyarakat, yang ingin ikut menjual produk yang mereka miliki di shopee. Karena selain harga yang ditawarkan juga murah, para seller juga bisa kok mendapatkan keuntungan dengan beragam cara.

Mulai dari memasarkan produk yang memang banyak dicari, atau mungkin mereka bisa melakukan dropship, atau berjualan tanpa menggunakan modal, dan juga tanpa harus melakukan stok barang.

Untuk itu, sebelum memulai dropship di shopee, kita harus terlebih dulu tahu apa apa saja yang harus dipersiapkan, untuk bisa memulai berjualan dengan sistem dropship di shopee. Dan Berikut ini adalah beberapa cara dropship di shopee yang harus kamu perhatikan, sebelum menjual produk di shopee.

Cara Dropship di Shopee

Cara Dropship di Shopee
Panduan Dropship di Shopee

1. Buat Akun Shopee

Langkah pertama tentunya kita harus terlebih dahulu memiliki akun shopee. Disini kamu bisa melakukan pendaftaran, baik melalui aplikasi shopee di smartphone, atau bahkan melalui web browser di komputer atau laptop.

Pastikan ketika mengisi data di shopee, kamu menggunakan data yang lengkap. Jika mungkin kamu ingin menggunakan Akun tersebut untuk dropship, maka kamu bisa mendaftarkan nama sesuai dengan nama kalian, atau mungkin nama tokoh kalian Jika kamu memiliki produk.

Namun karena di sini kita menggunakan sistem dropship, maka Kami menyarankan kalian untuk mendaftarkan sesuai dengan nama yang terdaftar di identitas atau KTP kalian.

2. Cari Supplier Produk yang Sesuai

Untuk Langkah kedua, kita bisa mulai melakukan riset dia dalam aplikasi shopee. Misalnya kita ingin menjual pakaian wanita, maka kita bisa lebih spesifik untuk mencari produk yang sekiranya memiliki harga paling rendah.

Apabila kalian sudah menemukan supplier yang tepat, kamu bisa menyimpan toko tersebut, sebagai langganan. Namun perlu diperhatikan ya, ketika mencari supplier, kamu disarankan hanya memilih satu supplier saja, untuk mempermudah.

Namun jika kamu sudah terbiasa, kamu bisa kok menggunakan lebih dari satu supplier langganan.

3. Pilih Produk yang Paling Sesuai

Setelah kita mendaftarkan akun dan juga menemukan supplier yang tepat, maka selanjutnya kita bisa melakukan riset mendalam dari toko atau supplier tersebut. Semisal untuk supplier A memiliki produk unggulan berupa kaos polos, dengan harga Rp15.000, maka kita bisa membuat catatan atau membuat rekap data, untuk supplier A dengan kategori produk kaos polos.

Begitupun untuk supplier lainnya, pastikan di sini kamu menemukan produk unggulan dari supplier lain, untuk mempermudah kamu dalam mengetahui produk yang paling laris.

4. Simpan dan Promosikan Produk

Setelah membuat data dari produk unggulan di masing-masing supplier, selanjutnya adalah kita bisa menyimpan dan mempromosikan foto produk tersebut.

Nah untuk media promosinya sendiri, kamu bisa kok menggunakan beberapa sosial media seperti Instagram, Facebook, Twitter, atau bahkan Tik Tok. Pastikan juga ya, cara promosi mu tidak terlalu berlebihan, namun memiliki daya tarik untuk para calon pembeli.

Jangan lupa untuk memberikan caption yang menarik, dalam mempromosikan produk. Kamu juga bisa kok memberikan harga di atas harga dari supplier, untuk mendapatkan keuntungan. Misalnya adalah, supplier A menjual kaos polos dengan harga Rp15.000 per pcs, maka kamu bisa menjualnya dengan harga rp17.000 atau bahkan Rp18.000.

Jangan lupa untuk sedikit melakukan editing pada foto produk, agar terlihat makin menarik ya.

5. Lakukan Pemesanan

Jika produk mu sudah dipromosikan, maka selanjutnya adalah kita tinggal melakukan pemesanan, apabila ada calon pembeli yang ingin membeli produk yang kalian promosikan tadi.

Sebagai contoh kasus, andi memesan 1 buah kaos polos berwarna hitam ukuran L dengan harga 30.000 beserta ongkir untuk paket reguler (3 hari). Maka langkah selanjutnya adalah, kamu bisa meminta Andi untuk melakukan transfer ke rekening mu, sejumlah Rp30.000.

Setelah itu kamu tinggal membuka aplikasi shopee yang kamu buat tadi, dan mengunjungi toko dari supplier A, dan kamu bisa melakukan check out di shopee, untuk membeli kaos polos berwarna hitam dengan ukuran L milik Andi tadi.

Perlu diperhatikan, ketika kamu akan masuk ke dalam laman check out atau pembayaran, pastikan kamu mengisi alamat penerima sesuai dengan alamat Andi, dan jangan lupa untuk memberikan ceklis atau centang, pada opsi ‘kirim sebagai dropshipper’.

Nantinya akan muncul sebuah kolom, untuk kamu mengisikan namamu, dan juga nomor telepon kamu. Hal ini bertujuan supaya supplier A, mengganti detail pengirim, sesuai dengan data yang kamu isi tadi. Jangan lupa untuk memilih opsi pengiriman, sesuai dengan apa yang diminta Andi yakni reguler dengan pengiriman 3 hari.

Setelah semua dirasa cukup dan di isi dengan benar, maka selanjutnya kamu tinggal melakukan check out dan melakukan pembayaran seperti biasa.

Nah kamu sudah berhasil deh menjual produk, tanpa mengeluarkan modal sedikitpun. Sebab disini kamu menerima uang dari Andi sebesar Rp30.000. Sedangkan untuk harga kaos dari supplier A, adalah Rp15.000, dan untuk ongkos kirim reguler hanya sebesar Rp9.000.

Jadi, total belanjaan yang kamu lakukan di toko supplier A, adalah Rp24.000. Sedangkan kamu sudah mendapatkan uang dari Andi sebesar Rp30.000. Jadi keuntungan yang kamu dapat per satu order adalah Rp6.000.

Dengan begitu kamu bisa melakukan penjualan secara dropship, mendapatkan banyak penjualan tergantung dari bagaimana kamu mempromosikan produk yang ada di shopee tadi.

Jadi bisa disimpulkan, untuk kamu yang ingin dropship di shopee sendiri, sistem yang digunakan adalah kamu mempromosikan produk dari supplier yang kamu pilih, keberagaman sosial media ataupun ke teman-teman kalian. Semakin bagus metode promosi yang kamu gunakan, maka semakin besar kemungkinan calon pembeli akan berdatangan.

Jangan lupa untuk menjelaskan kepada calon pembeli, jika pengiriman produk akan dilakukan sesuai dengan alamat dari supplier A. Kuncinya adalah kamu harus teliti dan juga melakukan promosi yang benar.

Pastikan ketika kamu mencentang pada opsi kirim sebagai dropshipper, kamu memasukkan alamat pemesan ya.

Dan jika Mungkin kamu sudah mendapatkan cukup banyak keuntungan, kamu bisa menggunakan keuntungan tersebut untuk perlahan melakukan stok barang, dengan menghubungi supplier A untuk bisa bekerja sama, dan mendapatkan stok barang dengan harga yang lebih murah.

Nah itulah tadi beberapa cara dropship di shopee yang bisa kamu gunakan, semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang baik untukmu dan selamat mencoba.

Faiz Dawami
suka diajak ngopi