Cara Cek IMEI Samsung

Walaupun banyak orang belum tahu soal nomor IMEI, namun kamu harus tahu cara cek IMEI Samsung semua tipe yang tidak boleh diabaikan lantaran kode unik tersebut punya peran penting bagi keamanan dan privasi pemilik HP Samsung masing-masing.

Bagaimana tidak, orang lain bahkan kamu sendiri mungkin menganggap IMEI hanya sebuah 14 sampai 16 digit angka yang tercantum pada dusbook maupun bagian lain untuk melengkapi data penting sebuah smartphone. Asumsi tersebut tidak selamanya benar karena nomor IMEI berperan penting terhadap keaslian sebuah gadget yang harus diperiksa secara online.

Selain itu, IMEI berguna untuk melacak semua smartphone yang hilang maupun diretas untuk menghapus semua datanya lewat software atau website tertentu. Nomor IMEI akan digunakan siapa saja apabila ponsel pribadinya dicuri atau disalahgunakan orang tidak bertanggung jawab yang mengatasnamakan pemilik smartphone sesungguhnya.

Nomor IMEI sebenarnya tidak hanya ditemukan pada dusbook saja, namun juga bagian lain pada HP Samsung kalian. Tak hanya itu, IMEI bisa dipakai untuk memastikan identitas HP Samsung yang kamu pakai saat ini, apakah produk asli dan bergaransi atau tidak. Kalian juga dapat mengunjungi situs resmi Samsung Indonesia untuk mengetahui informasi lanjut seputar nomor IMEI dan semua manfaatnya yang sudah kami rangkum secara lengkap pada pembahasan kali ini.

Cara Cek IMEI Samsung

Cara Cek IMEI Samsung
Cara Cek IMEI Samsung

HP Samsung semua model atau tipe pasti punya nomor IMEI yang bukan hanya disimpan, namun perlu diperiksa kelengkapan datanya. Hal ini dikarenakan Samsung merupakan salah satu brand smartphone terbesar di dunia yang selalu menjadi korban oknum tertentu.

Pasalnya, HP Samsung yang beredar luas saat ini belum tentu diproduksi dan didistribusi langsung oleh Samsung Korea sebagai produsen utamanya, maupun Samsung Indonesia sebagai distribusi resmi di Indonesia. Kalian perlu waspada bila membeli HP Samsung pada outlet tertentu karena konsumen berhak membuka dusbook langsung di depan petugas untuk memeriksa keaslian produknya.

Meski begitu, kami sarankan kamu membeli HP Samsung pada service center resmi Samsung yang tersebar luas di seluruh Indonesia. Konsumen pasti menerima jaminan berupa barang asli 100% dan menerima garansi berupa perbaikan sparepart maupun penggantian produk selama setahun.

Cara Cek IMEI Samsung Mudah dan Valid

Cek IMEI Samsung bisa dilakukan lewat beragam metode yang cepat dan mudah. Tak hanya itu, hasil pemeriksaannya sudah valid dan jangan diragukan lagi kebenarannya. Pengguna Samsung sebagian besar menerapkan salah satu metode yang kami sarankan karena terbukti akurat dan efektif. Hasilnya juga sesuai dengan model dan tipe HP Samsung mereka masing-masing. Beberapa langkah mudah dan valid untuk periksa nomor IMEI Samsung adalah :

Cek IMEI Samsung via Kode Rahasia

  • Buka menu Dial Up atau Telepon dari HP Samsung kalian.
  • Ketiik *#06#.
  • Tekan tombol Call/OK/Yes.
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul nomor IMEI HP Samsung.
  • Catat IMEI Samsung untuk diperiksa lewat website resmi IMEI atau Kemenperin.
  • Selesai.

Cek IMEI Samsung via Pengaturan Ponsel

  • Buka menu Pengaturan atau Ponsel dari HP Samsung kamu.
  • Geser layar ke bawah, pilih menu About Phone atau Tentang Ponsel.
  • Pilih menu Status.
  • Geser layar perlahan sampai terlihat nomor IMEI HP Samsung kalian.
  • Salin nomor IMEI ke clipboard dengan menekannya perlahan tanpa harus ditulis ulang.
  • Selesai.

Cek IMEI Samsung via Dusbook

Metode selanjutnya bisa dibilang sebagai langkah umum dan paling sering dilakukan semua orang. Kamu bisa melihat dan memeriksa IMEI HP Samsung melalui dusbook alias kotak ponsel yang disimpan saat kalian membeli barangnya dalam kondisi baru. Secara umum nomor IMEI bakal diletakkan bersama barcode di belakang dusbook nya bersama tanggal produksi maupun kode penting lainnya. Kamu bisa mencatat IMEI tersebut untuk diperiksa via website IMEI dari browser Samsung.

Cek IMEI Samsung via Baterai

Apabila HP Samsung kamu adalah produk non removable battery (baterai tidak bisa dilepas), maka kalian bisa melihat nomor IMEI pada belakang body ponselnya. Akan tetapi, ponsel Samsung yang baterainya bisa dilepas (removable battery) biasanya akan menyimpan nomor IMEI di permukaan baterai. Nomor IMEI yang tercantum cukup kecil sehingga kamu dapat memakai bantuan cahaya penerang bahkan dilihat langsung untuk dicatat, serta diperiksa via website resmi IMEI atau Kemenperin.

Cek Nomor IMEI HP Samsung via Situs Resmi IMEI

  • Buka aplikasi website browser (Google Chrome, Opera Mini dll) dari HP Samsung kamu.
  • Kunjungi situs resmi IMEI via https://www.imei.info/.
  • Masuk ke halaman utama dan lampirkan nomor IMEI ke dalam kolom yang tersedia.
  • Tekan tombol Cek Sekarang.
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul informasi lengkap soal model dan tipe HP Samsung kamu, serta negara produksi dan waktu garansinya selesai.
  • Selesai.

Cek Nomor IMEI HP Samsung via Situs Resmi Kemenperin

  • Buka aplikasi website browser yang terpasang pada HP Samsung kalian.
  • Kunjungi situs resmi Kemenperin via https://www.imei.kemenperin.go.id/.
  • Gunakan nomor IMEI yang sudah disimpan pada clipboard, masukkan ke dalam kolom tersedia dengan menekannya secara perlahan sampai muncul menu Paste.
  • Tekan tombol tersebut sampai nomor IMEI tersalin, pilih menu Cek Sekarang.
  • Tunggu beberapa saat sampai informasi soal HP Samsung kamu muncul dari layar ponsel.
  • Apabila informasi yang ditampilkan lengkap dan sesuai, dipastikan HP Samsung kamu adalah produk asli.
  • Selesai.

Apa Fungsi Lain IMEI pada HP Samsung?

Nomor IMEI bukan hanya dipakai untuk memeriksa keaslian HP Samsung yang kalian gunakan. Akan tetapi, IMEI bisa dimanfaatkan dalam melacak ponsel Samsung yang hilang atau dicuri orang lain. Kamu cukup menggunakan website khusus dan gunakan IMEI yang dicatat untuk memastikan letak keberadaan HP Samsung yang dipakai.

Tak hanya itu, kode unik tersebut bisa digunakan sebagai pelacak data untuk membaca semua file rahasia milik pengguna ponselnya. Nomor IMEI juga bahkan kerap dimanfaatkan oknum tidak bertanggung jawab untuk menyadap ponsel orang lain sebagai calon korbannya.

Bagaimana Mengetahui HP Samsung Asli Selain Pakai IMEI?

HP Samsung asli dan bergaransi bukan sekadar ditentukan dari nomor IMEI yang terdaftar pada website resmi IMEI maupun Kemenperin. Walaupun IMEI kerap kali dimanfaatkan semua penggunanya, kami sarankan kalian harus langsung memeriksanya lewat salah satu situs resmi yang kami ulas di atas. Kami juga tegaskan kamu harus membeli HP Samsung dari service center resminya dan tidak boleh tergiur dengan harga murah lantaran kemungkinan besar barangnya palsu.

Demikian informasi seputar cara cek IMEI Samsung yang bisa dilakukan dengan cepat dan mudah. Kami pastikan hasil pemeriksaannya akurat dan valid sehingga tidak dapat diragukan lagi kebenarannya. Kamu bisa memperoleh HP Samsung semua model yang asli dan bergaransi hanya di service center resmi Samsung yang tersebar di seluruh Indonesia. Pihak Samsung biasanya memberikan masa garansi selama setahun dan kamu berhak mengklaim barangnya bila menerima produk palsu atau Black Market (BM).

Syaid Ahmad Fahri
Indonesian - Malaysian - Singaporean. Introvert, Language Learner and Writer ...