Cara Daftar Wifi ID

Jaringan internet dari Wifi ID memang termasuk layanan publik, namun tak semua orang dapat mengaksesnya atau menggunakannya dengan mudah. Adapun persyaratan utama agar Kamu bisa mengakses layanan internet Wifi id ini ialah harus mendaftar terlebih dahulu. Cara daftar Wifi ID juga sangat mudah dilakukan.

Selain harus mendaftar akun, Kamu harus tahu bahwa jaringan Wifi id sendiri umumnya dijumpai di beberapa fasilitas umum yang memiliki banyak pengunjung. Sehingga persyaratan kedua yang harus Kamu tempuh untuk bisa mengakses Wifi ID ialah memastikan apakah di tempat yang kamu tuju terdapat jaringan Wifi id ataukah tidak.

Para pengguna bisa mengetahui ketersediaan jaringan Wifi di tempat tertentu dengan cara mengeceknya lewat perangkat. Jika sudah memastikan bahwa di tempat tersebut telah tersedia Wifi. Maka Kamu harus mendaftar akun Wifi id dan melakukan pembayaran. Apabila kedua syarat di atas sudah terpenuhi, maka Kamu sebagai pengguna pun langsung dapat mengakses jaringan internet Wifi id.

Cara Daftar  Wifi ID

Cara Daftar Wifi ID
Mendaftar Akun Wifi ID

Mendaftar Akun Wifi ID

Sebenarnya ada banyak cara daftar Wifi ID, Kamu bisa melakukan pembelian Wifi.iD lewat pulsa ataupun uang. Selain bagi pengguna Telkomsel, melakukan pembelian voucher lewat pulsa juga dapat dilakukan dengan memakai operator lain, baik itu XL, Indosat dan Axis.

Jika ingin tahu lebih lengkapnya, simak panduan cara mendaftar akun Wifi ID berikut!

1. Cara Mendaftar Wifi ID Dengan Menginstall SSID Wifi ID

Untuk panduan cara daftar Wifi ID yang pertama ialah dengan menggunaka SSID Wifi ID yang harus diinstall terlebih dahulu. Cara ini tentu saja memungkinkanmu untuk memakai kuota dari provider yang Kamu miliki tapi meminjam kecepatan akses data optimal dari layanan WifiID. Di samping itu, layanan Wifi.ID gratis yang satu ini hanya dapat dipakai untuk melakukan browsing di Google, streaming film dan musik, menonton Youtube, dan tidak bisa dipakai untuk chatting.

Adapun panduan cara mendaftar Wifi ID secara lengkap, ialah sebagai berikut :

  • Pertama-tama silahkan install SSID Wifi ID di smartphone terlebih dahulu.
  • Selanjutnya Kamu harus mendaftar lewat kde *303*601#.
  • Kemudian tunggu sampai muncul SMS konfirmasi yang berisi password dan username dari pesan masuk Hpmu.
  • lalu aktifkan Wifi id di perangkat ponsel, sambungkan ke dalam jaringan @wifi.id.
  • Inputkan username beserta password yang sudah dikirim tadi ke dalam form login atau pendaftaran lewat landing page jaringan Wifi id.
  • Selanjutnya Kamu puh sudah bisa mengakses layanan Wifi secara gratis di Hpmu.

2. Cara Mendaftar Wifi ID Dengan Indihome Seamless

Bagi yang mempunyai Indihome dan memasangnya di rumah, maka Kamu bisa mendaftar akun Wifi ID untuk memiliki akun Wifi ID milikmu dengan mudah. Selain itu, untuk mendaftar Wifi ID ini Kamu hanya perlu mengeluarkan Rp. 10 ribu saja yang berlaku selama 1 bulan dan biasanya setiap bulannya tagihan akan menambah secara otomatis.

Adapun langkah cara daftar Wifi ID menggunakan Indihome Seamless ialah sebagai berikut :

  • Pertama, Kamu bisa masuk ke dalam website resmi Indihome lewat browser kemudian login memakai akun masing-masing.
  • Jika sudah sukses login, silahkan pilih “Paket dan Add on” lalu pilih “Add ons” jika ingin melihat tambahan layanan yang ditawarkan Indihome.
  • Di sini Kamu akan melihat beberapa Add on, salah satunya ialah Wifi ID Seamless. Kemudian pilih di opsi tersebut.
  • Setelah itu, Kamu perlu mendaftarkan perangkat yang baru supaya nantinya dapat digunakan untuk mengakses Wifi ID. Adapun caranya, cukup pilih “Tambah Perangkat”. Lalu inputkan nama perangkatnya sesuai keinginan.
  • Jika sudah berhasil, tinggal tambahkan perangkat dan Kamu cukup mencatat password dan username-nya. Adapun untuk masuk ke akun Wifi ID Seamless, Kamu hanya perlu menyalakan Wifi, dan pilih akses seamless@wifi.id. Setelah itu, inputkan password dan username yang sudah dicatat sebelumnya.
  • Kini kamu pun sudah berhasil terkoneksi ke dalma jaringan seamless. Kamu bisa mengakses internet lewat Wifi.id publik. Wajib diketahui, bahwa dalam satu nomor pelanggan Indihome paling maksimal dapat menampung sebanyak 5 perangkat saja.

3. Cara Mendaftar Wifi ID Dengan Pembelian Voucher Wifi ID

Kamu juga bisa mendaftar akun Wifi ID dengan melakukan pembelian vouchernya. Dimana voucher Wifi ID ini dapat diperoleh di beberapa tempat, yaitu di Alfamaret, Indomaret, dan Plasa telkom. Adapun harga vouchernya sendiri bervariasi, biasanya tergantung pada paket yang Kamu pilih. Terdapat 3 macam voucher Wifi ID yang dapat dibeli, diantaranya voucher RP. 50 ribu untuk penggunaan 1 bulan, RP. 20 ribu untuk 7 hari, dan Rp. 5 ribu untuk 12 jam saja.

Melalui pembelian voucher Wifi ID inilah, Kamu bisa mengakses jaringan Wifi  ID hingga sepuasnya sesuai masa berlaku.

  • Cara daftar Wifi ID menggunakan voucher tersebut, cukup datang ke minimarket yang menawarkan penjualan voucher Wifi Id atau mendatangi Plasa Telkom. Silahkan konfirmasikan kedatanganmu ke kasir untuk membeli voucher sesuai dengan masa berlaku voucher yang Kamu inginkan.
  • Selanjutnya lakukan pembayaran.
  • Setelah itu, aktifkan Wifi pada perangkat yang kamu gunakan. Baik itu untuk laptop, smartphone dan lainnya.
  • Pilih koneksi untuk Access Point SSID, secara ootomatis Kamu akan langsung dialahkan ke halaman login.
  • Tinggal login memakai password dan username di voucher Wifi Id yang telah dibeli sebelumnya. Umumnya pass dan username tertera di belakang voucher.
  • Jika sudah klik “login” Kamu sudah bisa memakai layanan internet dengan sepuasnya hingga masa berlaku voucher habis.

Guna mengamankan passcode, pastikan pula Kamu mengetahui cara mengunci Wifi Indihome berikut!

4. Cara Mendaftar Wifi ID Dengan Pembelian Akun via SMS

Kamu bisa mendaftar Wifi ID atau membeli akun dengan menggunakan pulsa operator, baik itu Axis, XL, Telkomsel dan Indosat.

Adapun cara daftar Wifi ID keempat ini bisa dikatakan cukup praktis dan mudah. Simak panduannya berikut :

  • Terdapat 3 pilihan tarif maupun paket pada akun Wifi iD. Dimana masing-masing dibanderol dengan masa berlaku dan harga yang bervariasi.
  • Silahkan login ke pesan di smartphone yang Kamu miliki, lalu ketik format : NET(spasi)jumlah nominal harga, lalu kirimkan ke nomor 8108. Biasanya harga paket yangt ersedia yaitu Rp. 50 ribu untuk masa aktif 1 bulan, Rp. 5000 untuk masa aktif 12 jam dan harga Rp. 20 ribu untuk masa aktif 1 minggu. Kamu bisa memilihnya sesuai kebutuhan.
  • Jika Kamu sudah mengirimkan SMS, Kamu akan menerima balasan pesan berisi password dan username untuk masuk ke dalam jaringan Wifi ID.

5. Cara Mendaftar Wifi ID Melalui USSD

Mendaftar akun Wifi ID berikutnya bisa dilakukan dengan menggunakan layanan USSD. Cara ini berlaku bagi Kamu pengguna kartu Telkomsel. Pengguna Telkomsel hanya perlu mengakses USSD di nomor *108# saja lalu tekan call, selanjutnya Kamu akan mendapatkan beberapa plihan menu.

Tinggal pilih harga sesuai kebutuhan. Cara yang satu ini juga sebenarnya berlaku untuk pembelian akun IndiSchool khusus untuk Wifi ID yang ada di area sekolah.

6. Cara Mendaftar Wifi ID Melalui Homepage Wifi ID

Pihak Telkom juga telah menawarkan fitur pembelian akun Wifi ID melalui Homepage. Adapun caranya sangat gampang, Kamu cukup menyambungkan perangkat Hpmu dengan Wifi ID. Lalu masuk ke web browser. Setelah itu, ketikkan wifi id pada address bar dan GO. Setelah itu, akan muncul tampilan homepage yang berisi list harga voucher Wifi ID yang dapat dipilih. Silahkakn ikuti perintah yang tersedia.

Demikianlah ulasan tentang cara daftar Wifi ID yang bisa Kamu ikuti panduannya seperti di atas. Pilih mana cara yang paling mudah dan praktis!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019