Cara Mengunci WiFi Indihome

Indihome telah menjadi salah satu brand wifi terbaik di Indonesia, serta penggunanya pasti belum tahu cara mengunci wifi Indihome untuk mengamankan passcode yang digunakan setiap hari. Seperti kalian tahu bahwa jaringan internet tidak selalu berjalan lancar dengan provider seluler yang digunakan saat ini.

Maka dari itu, solusi efektif untuk mengatasi masalah koneksi internet tersebut adalah menggunakan jaringan wifi yang cepat dan sifatnya tidak terbatas.

Read More

Wi-Fi adalah bagian penting dan dibutuhkan para pengguna gadget di era digital seperti saat ini. Tak bisa dipungkiri bila sebagian besar tempat publik seperti hotel, restoran sampai wahana rekreasi menyediakan wifi gratis yang bisa diakses para pengunjungnya.

Selain itu, Indihome masih dipercaya sebagai wifi berkualitas dengan jaringan terbaik dibandingkan brand produk serupa mana pun yang mulai bersaing menarik perhatian pencinta internet tanah air.

Apabila kalian selalu menggunakan wifi Indimone, maka bisa mengikuti pembahasan kali ini soal cara mengunci wifi Indihome terbaru untuk merahasiakan kata sandinya dari orang yang tidak bertanggung jawab.

WiFi selalu dimanfaatkan oknum tertentu untuk menggunakan internet sesuka hati tanpa memperhatikan batas maksimum pemakaiannya. Hal ini mengakibatkan biaya yang harus kalian keluarkan lebih besar meski kamu jarang memakainya.

Cara Mengunci WiFi Indihome

Cara Mengunci WiFi Indihome
Mengunci WiFi Indihome

Kalian harus tahu bahwa pengamanan wifi berbeda dengan aplikasi pada smartphone. Walaupun hard disk tersebut bisa kamu lihat secara langsung, namun proses pengunciannya harus diperhatikan dengan seksama.

Terkait:  Cara Mengunci Jaringan 4G Telkomsel

Untuk merahasiakan passcode dan sistem keamanan wifi dari orang lain, kalian harus mengikuti ulasan ini sampai akhir. Berikut ini merupakan beberapa panduan mengunci wifi Indihome paling aman dan terpercaya, antara lain :

1. Gunakan Enkripsi WPA2

Jika kalian tidak ingin jaringan WiFi semakin buruk bahkan tidak tersambung, kalian harus menggunakan WPA2 alias WiFi Protected Access. Fungsi perangkatnya sebagai sistem pengaman yang melindungi jaringan WiFi dari orang lain.

Apabila kalian sulit memakai WPA2, gunakan Wired Equivalent Privacy (WEP). Meski begitu, WPA2 masih dianggap sebagai sistem pengaman paling bagus dan mutakhir untuk diterapkan pada Wifi Indihome.

2. Terapkan Passcode yang Kuat

Untuk mengamankan jaringan internet pada Wifi, gunakan passcode berupa kata sandi yang kuat dan tidak bisa ditebak orang lain. Jangan pernah menggunakan tanggal lahir kalian sebagai password utamanya.

Pakai kata sandi yang rumit namun bisa kalian ingat dengan baik, sedangkan password yang paling aman cenderung menggunakan gabungan huruf besar, angka dan huruf kecil terdiri dari 8 (delapan) karakter sebagai batas minimum.

3. Matikan Layanan WPS

Jangan pernah mengaktifkan layanan WPS (WiFi Protected Setup) dari koneksi WiFi supaya tidak bisa diretas orang lain. WPS adalah sistem pengunci nirkabel pada WiFi Indihome yang dipakai untuk menyambungkan HP maupun Laptop dengan router.

Apabila WPS digunakan secara berlebihan, risikonya adalah seseorang bisa meretas jaringan WiFi dan memakai aplikasi apa saja untuk memasukkan kata sandinya dengan mudah.

4. Blokir MAC Address

Kalian bisa menutup bahkan memblokir MAC (Media Access Control) untuk meningkatkan keamanan terhadap WiFi Indihome yang digunakan saat ini. MAC adalag alamat koneksi atau kode unik yang biasanya ditemukan pada perangkat seperti HP atau notebook.

Tak hanya itu, kamu dapat melacak siapapun yang ingin masuk bahkan memakai WiFi dengan memblokir MAC Address yang diinginkan sehingga orang lain tidak bisa meretas jaringan WiFi Indihome kamu.

Terkait:  Cara Ganti Password WiFi Indihome

5. Ubah SSID Jaringan WiFi

Langkah selanjutnya untuk mengamankan jaringan WiFi adalah mengubah SSID (Service Set Identifier) dari sambungan nirkabel WiFi Indihome kalian. Kamu harus tahu bahwa SSID adalah nama jaringan WiFi yang dipakai saat ini.

Gunakan nama SSID WiFi yang bagus dan unik supaya tidak bisa diretas bahkan dikelola orang lain. Maka dari itu, semakin menarik namanya bahwa siapapun akan sulit masuk dengan aplikasi yang digunakan.

Rahasia Mendeteksi Jaringan WiFi yang Diretas Orang Lain

Apabila kamu sudah memahami kelima poin penting di atas, ikuti pembahasan selanjutnya mengenai rahasia mendeteksi jaringan WiFi yang ingin diretas orang lain. Tujuannya agar kamu dapat meningkatkan sistem keamanan lewat penjelasan sebelumnya.

Kalian juga bisa mengetahui siapa saja yang secara langsung atau tidak ingin merusak koneksi nirkabel WiFi Indihome kamu. Beberapa hal penting yang harus kalian perhatikan adalah :

1. Alamat IP di Router

Kamu bisa memeriksa seseorang yang ingin meretas jaringan WiFi melalui alamat IP pada router. Langkah awal yang harus dilakukan adalah masuk ke halaman pertama router dan gunakan IP address kalian.

Kemudian, masuk dengan username dan password sampai kalian menerima informasi soal daftar nama perangkat hingga IP address yang terhubung dengan jaringan WiFi. Jika kalian menemukan nama perangkat maupun IP address lain, waspadalah lantaran orang lain sedang berusaha membobol WiFi Indihome kamu.

2. Pakai Aplikasi Ketiga

Gunakan aplikasi pihak ketiga yang bisa membantu kalian dalam menemukan informasi soal siapapun yang ingin memakai jaringan WiFi Indihome secara paksa. Kalian bisa mengunduh aplikasi untuk Mac atau Windows yang dipakai untuk mendeteksi para pencuri koneksi WiFi.

Terkait:  Cara Bayar Deposit Indihome

Apabila kalian sulit mengoperasikan aplikasi computer, gunakan aplikasi pendeteksi pemakaian WiFi dari smartphone yang lebih mudah dan praktis.

Cara Mengamankan Jaringan WiFi

  • Matikan WiFi.id.
  • Buatlah jaringan wireless tidak terlihat maupun sekadar diakses lewat SSID atau password.
  • Batasi MAC address yang mengakses sambungan nirkabel WiFi kalian.
  • Ubah password secara teratur.

Kalian juga bisa mengikuti informasi ringkas selanjutnya untuk menciptakan Hidden-SSID melalui modem ZTE. Umumnya banyak merek modem yang konsepnya berbeda, namun proses membuat Hidden-SSID tetap sama. Langkah mudah yang bisa dilakukan adalah :

  • Masuk ke router.
  • Pilih menu “Network/WLAN/SSID Setting”, tekan tombol “Submit”.
  • Kalian bisa masuk ke menu tersebut dengan memilih opsi “SSID2” seperti langkah sebelumnya, masukkan password pada kolom passphrase dan tekan tombol “Submit”.
  • Selesai.

Kamu bisa masuk dengan menggunakan Hidden-SSID lewat password yang tercantum pada Security WPA/WPA2-PSK. Hal ini berguna dalam merahasiakan jaringan Wi-Fi sehingga tidak dapat diretas orang lain.

Demikian ulasan mengenai cara mengunci WiFi Indihome terbaru dan terlengkap. Kalian harus merahasiakan sambungan nirkabelnya dari orang lain, terutama siapapun yang tidak serumah dengan kamu.

Tujuannya agar datanya tidak dapat dicuri bahkan disebarluaskan supaya siapa saja sulit membuka akun WiFi dengan password lewat aplikasi pihak ketiga. Kalian harus mengikuti semua panduan di atas lantaran terbukti ampuh dan efektif dalam menjaga jaringan WiFi sehingga tidak dapat tersedot dengan menghabiskan biaya besar.

Tak hanya itu, gunakan password yang rumit lewat gabungan huruf dan angka agar siapapun sulit meretas jaringannya untuk digunakan pada hal yang tidak bermanfaat. Orang tidak bertanggung jawab tersebut bisa saja menggunakan data pribadi kamu seolah dirimu sendiri yang sedang mengelola WiFi.

More Tutorials:

Related posts