Cara Download Lagu dari Soundcloud

Bagaimana cara download lagu dari SoundCloud? Apakah kita bisa mendownload lagu dari SoundCloud? Jika kita mendownload lagu dari SoundCloud Kita harus melakukan pembayaran?

Berbicara tentang SoundCloud, tentunya kita sudah tidak asing lagi dengan situs yang satu ini. SoundCloud memang dikenal sebagai salah satu situs yang menyediakan layanan untuk mengupload file audio yang kita miliki. Biasanya para Pengguna kerap meng-upload musik cover yang mereka miliki, lagu-lagu yang mereka buat sendiri, ataupun digunakan oleh para Band, untuk meng-upload demo dari musik yang mereka punya.

Beberapa tahun yang lalu, soundCloud menjadi situs yang paling banyak dikunjungi oleh para pengguna untuk mendengarkan lagu yang ada di sana. Karena memang SoundCloud sendiri bisa diakses secara mudah di seluruh negara. Bahkan kamu juga bisa memfollow artis yang ada di SoundCloud, agar mendapatkan notifikasi ketika mereka melakukan upload. Dan Gak cuma itu aja, selain juga bisa meninggalkan komentar pada menit-menit tertentu, ketika mendengarkan lagu di SoundCloud.

Dan Salah satu kelebihan dari SoundCloud adalah, lagu-lagu yang diupload di sana bebas dari copyright, ataupun lagu tersebut tidak berada di bawah naungan label. Walaupun begitu tetap saja pengguna yang menggunakan lagu dari SoundCloud, harus menyertakan sumber atau source dari SoundCloud, untuk menghargai para artis yang mengupload audio tersebut.

Bahkan di sini kamu juga bisa kok melakukan pendaftaran sebagai kontributor, atau pengguna di SoundCloud untuk mengupload audio yang kalian miliki. Namun untuk pengguna yang mendaftar ke SoundCloud secara gratis, hanya akan mendapatkan kuota upload dengan durasi keseluruhan 2 jam. Maksudnya adalah ketika pengguna mengupload audio dengan durasi 1 jam, maka sisa kuota upload audio mereka adalah tinggal 1 jam lagi. Dan ini berlaku untuk perhitungan secara keseluruhan, dan Jika kalian ingin menambahkan kuota upload lebih dari 2 jam, maka kalian harus melakukan berlangganan secara berbayar di SoundCloud.

Namun pada artikel ini kita tidak akan membahas dari sisi contributor SoundCloud, melainkan kita akan membahas tentang cara download lagu dari SoundCloud, untuk pengguna yang sudah terdaftar ataupun yang belum mendaftar, dengan beragam cara yang bisa kalian lakukan.

Cara Download Lagu dari Soundcloud

Cara Download Lagu dari Soundcloud
Download Lagu dari Soundcloud

Cara Download Lagu dari SoundCloud menggunakan IDM

Cara pertama adalah kita akan menggunakan aplikasi IDM atau Internet Download Manager. Nah aplikasi ini bisa kalian temukan dan juga kalian pakai, pada perangkat komputer ataupun laptop. Karena sebagaimana kita tahu IDM merupakan aplikasi downloader, yang memiliki banyak fitur. Satunya adalah untuk mendownload lagu dari SoundCloud.

  • Pastikan kalian sudah mendownload dan juga menginstal Internet Download Manager di komputer atau laptop kalian, jika belum kalian bisa mengunjungi situs resmi dari IDM untuk mendownload aplikasinya.
  • Kemudian jika Internet Download Manager sudah terinstall, maka kamu tinggal membuka Browser dan mengunjungi situs soundcloud.com
  • Nah disitu SoundCloud ini kita tinggal mencari lagu apa yang ingin kita download
  • Kemudian kita tinggal memainkan atau memutar lagu tersebut, melalui musik player yang ada di SoundCloud
  • Tunggu beberapa saat sampai muncul pop up dari IDM yang bertuliskan ‘download audio from this page’.
  • Kemudian kalian akan melihat opsi atau pilihan dari kualitas audio, dan silakan pilih yang sesuai dengan keinginan kalian.

Nah sampai sini kamu sudah berhasil untuk mendownload lagu dari SoundCloud dengan menggunakan IDM. Kamu dapat mencari file yang sudah didownload tadi pada direktori download, dan kemudian masuk ke folder music. Atau kamu juga bisa mengklik pada pilihan Open folder, ketika download dari IDM selesai.

Download Lagu dari SoundCloud lewat Situs Resmi

Jarak kedua sebenarnya tak jauh berbeda dengan menggunakan IDM, karena di sini Kita akan menggunakan browser di komputer atau laptop, untuk masuk ke dalam situ soundcloud.com. Hanya saja disini kita harus terlebih dahulu melakukan pendaftaran.

  • Pertama-tama pastikan kamu sudah membuat akun atau masuk ke dalam situs soundcloud.com
  • Kemudian kalian tinggal mencari lagu apa yang ingin didownload
  • Setelah ketemu maka kalian tinggal mengklik tombol titik 3, yang ada di bagian atas music player dari SoundCloud
  • Setelah itu kamu bisa mengklik pada pilihan more, lalu pilih download file
  • Tunggu beberapa saat sampai proses downloadnya dimulai.

Cara ini sebenarnya sangat mudah karena kita tidak membutuhkan IDM ataupun aplikasi tambahan lainnya. Hanya saja pihak SoundCloud memberikan kuota atau batasan kepada pengguna yang mendownload file di SoundCloud, yakni dengan kuota 1 lagu dalam satu waktu. Dengan kata lain, kita tidak bisa mendownload audio secara sekaligus dengan menggunakan cara ini.

Namun jika kamu memang ingin mendownload lebih dari satu lagu melalui SoundCloud, kamu bisa mencoba cara berikut ini.

Cara Download Lagu di SoundCloud lewat situs ClickAud

Langkah terakhir yang bisa kamu gunakan adalah dengan mengunjungi situs ClickAud. Nah Situs ini bisa membantu kamu untuk mendownload lagu ataupun audio yang ada di SoundCloud. Caranya juga gampang banget, karena di sini kamu tidak perlu melakukan pendaftaran baik di SoundCloud ataupun di ClickAud itu sendiri.

  • Pertama-tama kunjungi terlebih dahulu situs soundcloud.com
  • Kemudian kalian bisa mulai mencari lagu apa yang ingin kalian download
  • Lalu lihat pada address bar dan salin Link, atau copy URL dari lagu tersebut. Jika kamu menggunakan aplikasi SoundCloud mobile, apakah kamu bisa memilih opsi share, lalu pilih copy URL
  • Setelah link berhasil dicopy, maka selanjutnya kita hanya perlu membuka Browser dan masuk ke dalam situs clickaud.co
  • Kemudian, tempel atau paste Link yang sudah kita copy tadi ke dalam kolom yang tersedia
  • Lalu tekan pada tombol convert, dan tunggu sampai prosesnya selesai
  • Terakhir kamu tinggal menunggu beberapa saat sampai proses convert selesai, dan klik pada tombol ‘download the song’, dan secara otomatis proses download akan dimulai.

Sampai sini kamu sudah berhasil mendownload lagu dari SoundCloud melalui situsClickAud. Kamu juga bisa kok memilih kualitas audio ataupun mendownload audio dari SoundCloud tadi dengan kualitas 320 kbps, atau dengan kualitas tinggi.

Perlu diperhatikan ketika kalian menggunakan cara ini, mungkin ada beberapa lagu atau file audio dari SoundCloud yang tidak bisa didownload. Hal ini bukan dikarenakan kerusakan atau kesalahan dari situsnya, melainkan pihak SoundCloud sangat menjunjung tinggi perihal copyright atau hak cipta.

Maka dari itu, bisa saja artis atau pemilik audio tersebut, tidak mengizinkan audionya untuk didownload. Maka dari itu pastikan kamu mendownload lagu yang bebas dari hak cipta.

Sebagai penutup itulah tadi beberapa cara download lagu dari SoundCloud yang bisa kamu coba, silakan Gunakan cara yang menurutmu paling mudah, dan semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang baik untukmu dan semoga bermanfaat.

Faiz Dawami
suka diajak ngopi