Cara Download Rekening Koran Mandiri, Gampang Lho!

Cara Download Rekening Koran Mandiri
Cara Download Rekening Koran Mandiri

WIGATOS.com | Nasabah Bank Mandiri mungkin sering bertransaksi, baik masuk maupun keluar dalam waktu tertentu. Untuk mengetahui rinciannya dengan jelas, cara download rekening koran Mandiri wajib diketahui.

Secara umum rekening koran Mandiri merupakan laporan yang mencatat semua hal yang sudah terjadi dalam rekening nasabahnya. Berkas ini meliputi semua transaksi kredit dan debit, tanggal transaksi, sampai pesan yang terkait pada transaksi tersebut. Bahkan, informasi saldo pun dapat diketahui di rekening koran lho.

Read More

Bank Mandiri biasanya akan mencetak, sekaligus menyerahkan rekening koran dalam kurun waktu tiga bulan sekali. Kebijakan ini bertujuan supaya nasabah bisa mengamati, sekaligus mengetahui transaksi yang sudah dilakukan dalam jangka waktu tersebut. Kamu dapat memintanya ke kantor cabang Mandiri terdekat di wilayah masing-masing.

Ketentuan dan Syarat Cetak Rekening Koran Mandiri

Bagi nasabah yang ingin mencetak rekening koran Mandiri, maka bisa membawa dan menyiapkan beberapa persyaratan tertentu seperti berikut:

  • Buku Tabungan Mandiri.
  • KTP, SIM atau Paspor.
  • Kartu Debit Mandiri.
  • Uang (sebagai pembayaran pencetakan rekening koran Mandiri).

Fungsi Rekening Koran Mandiri

Kamu harus tahu kalau rekening koran Mandiri bukan sekadar menghadirkan riwayat transaksi selama 3 bulan terakhir. Berkas ini pun mempunyai fungsi-fungsi penting lainnya seperti dibawah ini:

  • Bukti Hukum
    Pada dasarnya, rekening koran Mandiri berfungsi sebagai bukti hukum jika kamu terlibat dalam suatu masalah dengan pihak lain, apalagi kalau berkaitan terhadap mutasi rekening. Contoh, kamu terlibat dalam kasus pembayaran pesanan, tapi penjual belum lihat uang yang dikirim.
  • Pengajuan Visa
    Rekening koran Mandiri berguna untuk pengajuan visa, khususnya ke negara-negara di benua Amerika dan Eropa. Syaratnya adalah dokumen yang membuktikan bahwa finansialmu cukup untuk memenuhi kebutuhan hidup, slip gaji, pajak penghasilan, hingga rekening koran.
  • Cek Ringkasan Transaksi
    Kamu mungkin hanya bisa melihat mutasi rekening sebanyak 5 transaksi terakhir di ATM. Akan tetapi, rekening koran Mandiri justru menampilkan ringkasan lebih lengkap. Kamu dapat melihat riwayat transaksi sampai 3 bulan terakhir, guna mengetahui kas masuk dan keluar.
  • Ajukan Pinjaman
    Jika ingin mengajukan Kredit Pemilikan Rumah (KPR) Tanpa Agunan, maupun Kredit Kendaraan Bermotor, biasanya kamu akan diminta catatan transaksi yang dimiliki. Oleh karena itu, kamu dapat melampirkan rekening koran Mandiri, supaya pengajuan pinjaman bisa segera diproses.
  • Program Lelang
    Kamu harus melampirkan rekening koran Mandiri kalau mengikuti lelang, baik milik swasta maupun pemerintah. Berikan berkas tersebut untuk memastikan bahwa kamu memiliki dana yang ada di rekening pribadi. Pastikan dokumen tersebut dijadikan salah satu syarat utamanya.
  • Audit Keuangan Perusahaan
    Perusahaan akan membutuhkan rekening koran sebagai rekapitulasi keuangan, baik arut tunai masuk maupun keluar. Alhasil, perusahaan akan mengetahui tindakan transaksi tidak wajar, apalagi diluar kebijakan yang ada, sehingga rekening koran dapat digunakan sebagai buktinya.

Cara Download Rekening Koran Mandiri

Cara Download Rekening Koran Mandiri
Cara Download Rekening Koran Mandiri

Nasabah Mandiri berhak meminta rekening koran untuk memeriksa, sekaligus mengetahui riwayat transaksi yang sudah dilakukan. Meski begitu, banyak orang ternyata masih belum tahu tentang hal tersebut.

Kami akan membantumu untuk mencetak, sekaligus menyimpan berkas penting tersebut lewat artikel ini. Setiap nasabah tidak perlu datang ke kantor cabang Mandiri, sedangkan prosesnya dapat dilakukan secara online. Maka dari itu, pastikan kuotamu cukup dan jaringan internet tetap stabil.

Cara Download Rekening Koran Mandiri Lewat Livin’ By Mandiri

Kamu dapat menggunakan aplikasi Livin’ by Mandiri, sehingga rekening koran dapat dicetak dan disimpan dengan mudah. Bagi yang penasaran, simak tutorialnya yang perlu diketahui seperti berikut:

Langkah 1: Buka Aplikasi Livin’ By Mandiri

Buka aplikasi Livin’ by Mandiri di HP kamu terlebih dulu. Masuk dengan username dan password, lalu tekan tombol Masuk atau Login.

Langkah 2: Pilih Menu Pesan

Pada halaman utama, tekan tombol Pesan. Kamu akan diarahkan ke halaman berikutnya, kemudian ketuk opsi Status Rekening.

Langkah 3: Cari Rekening

Kamu harus memilih dan mencari salah satu rekening yang akan diunduh rekening korannya, apakah tabungan atau giro. Gunakan sesuai dengan kebutuhanmu.

Langkah 4: Klik Cetak Mutasi Rekening

Jika pilihannya sudah ditentukan, maka bisa menekan tombol Cetak Mutasi Rekening untuk mendapatkan rekening koran milikmu.

Langkah 5: Rekening Koran Tersimpan

Kamu akan melihat notifikasi bahwa rekening koran Mandiri sudah tersimpan secara otomatis. Kini, semua riwayat transaksi selama tiga bulan terakhir dapat dilihat dengan mudah.

Cara Download Rekening Koran Mandiri Lewat ATM

Kamu pun dapat mengetahui dan menyimpan rekening koran Mandiri melalui ATM. Tak sedikit orang masih belum tahu soal ini, sedangkan tutorialnya dapat diketahui dan disimak dibawah ini:

Langkah 1: Datangi ATM Mandiri

Kunjungi ATM Mandiri terdekat disekitar rumahmu. Jangan lupa untuk memasukkan kartu ATM dan PIN, lalu tekan tombol Bahasa Indonesia.

Langkah 2: Pilih Menu Transaksi Lainnya

Kamu bisa memilih menu Transaksi Lainnya yang muncul di layar. Opsi ini biasanya ada disebelah kanan.

Langkah 3: Klik Cetak Mutasi

Layar akan menampilkan daftar menu lainnya, sedangkan kamu dapat menekan tombol Cetak Mutasi untuk memperoleh datanya.

Langkah 4: Dapatkan Rekening Koran Mandiri

Mesin ATM akan mengeluarkan struk sesuai dengan jumlah transaksi yang sudah dilakukan, maksimal selama tiga bulan terakhir.

Cara Unduh Rekening Koran Mandiri Lewat New Livin’ By Mandiri

Kamu bisa tetap menggunakan aplikasi Livin’ by Mandiri untuk mengetahui, sekaligus mengunduh rekening koran lho. Namun, berbeda dengan panduan sebelumnya, kamu harus menggunakan menu lain didalamnya. Berikut tutorialnya yang bisa dilakukan dengan mudah, yakni:

  • Buka aplikasi New Livin’ by Mandiri di HP kamu terlebih dulu.
  • Login dengan username dan password yang aktif.
  • Klik Masuk atau Login.
  • Cari salah satu rekening yang akan dilihat riwayatnya.
  • Pilih menu e-Statement.
  • Unduh e-Statement untuk mencetak rekeningnya.
  • Terakhir, tunggu beberapa saat sampai rekening koran Mandiri sudah terunduh secara otomatis.

Cara Unduh Rekening Koran Mandiri Lewat Mandiri Online

Aplikasi Mandiri Online bisa kamu coba untuk mengunduh, sekaligus mengetahui rekening koran yang dimiliki. Siapa saja bisa menggunakannya, sembari mengikuti petunjuk dari kami dibawah ini:

  • Buka aplikasi atau situs resmi Mandiri Online melalui smartphone
  • Login dengan ID dan password yang terverifikasi.
  • Klik Masuk atau Login.
  • Pada halaman utama, ketuk opsi Informasi Rekening.
  • Pilih menu Rekening Mandiri Online.
  • Kemudian, tentukan salah satu jenis rekening yang akan dicetak rekening korannya.
  • Klik Tabungan untuk mencetak rekening koran dari tabungan, atau tekan tombol Giro kalau pencetaknya untuk rekening giro milikmu.
  • Pilih menu Cetak Mutasi Rekening.
  • Sistem akan memulai proses download selama beberapa menit, maksimal 5-10 menit.
  • Terakhir, tekan tombol Logout dan cek rekening koran Mandiri kamu.

Kamu tidak perlu khawatir tentang transaksi masuk dan keluar selama menabung di Bank Mandiri. Cara download rekening koran Mandiri adalah solusi untuk hal tersebut. Kamu bisa menggunakan salah satu panduan diatas, agar riwayat kas masuk dan keluar diketahui secara rinci. Selamat mencoba!

Related posts