Cara Cek Rekening Mandiri

Bagaimana cara cek rekening Mandiri? Rekening bank memiliki peranan penting guna keperluan transaksi perbankan. Apalagi kini orang lebih sering menggunakan layanan perbankan untuk bertransaksi. Lain halnya jika dulu kita sering melakukan transaksi pengiriman uang melalui Pos.

Aktivitas transfer di bank biasanya memerlukan yang namanya nomor rekening. Nah, nomor rekening itulah yang dijadikan sebagai identitas fasilitas perbankan. Akan tetapi, mengingat nomor rekening terdiri dari deretan angka unik sehingga membuat banyak orang sulit mengingatnya.

Bahkan untuk rekening Mandiri misalnya, terdiri dari belasan angka jadi hanya sedikit orang yang bisa menghafalnya. Wajar jika saat dibutuhkan, nasabah harus mencari nomor rekening sendiri terlebih dahulu.

Akan tetapi jika ternyata Kamu lupa dengan nomor rekening bank Mandiri, atau kehilangan catatan berisi nomor rekening, kini tak perlu khawatir. Kenapa? Karena kita akan membagikan informasi mengenai cara cek rekening Mandiri dengan mudah.

Cara Cek Rekening Mandiri

Cara Cek Rekening Mandiri
Mengecek Nomor Rekening Mandiri

 

Mengecek Nomor Rekening Mandiri Manual

Untuk mengecek nomor rekening Mandiri, ada beberapa panduan yang bisa Kamu coba di bawah ini :

1. Cek Nomor Rekening Bank Mandiri Lewat Buku Tabungan

Cara cek rekening Mandiri paling mudah dan praktis ialah dengan melihat buku tabungan bank Mandiri-mu. Ketika Kamu membuka layanan buku tabungan di bank Mandiri, biasanya pihak bank Mandiri akan memberikan buku tabungan.

Nah, di dalam buku tabungan inilah tepat di halaman depan tabunga, tertera nomor rekening, nama, alamat, serta tanda tangan nasabah pemilik tabungan. Inilah alasan kenapa Kamu harus menyimpan baik-baik buku tabungan Mandirimu, agar jika dibutuhkan Kamu bisa langsung mengecek nomor rekening Mandiri di halaman depan buku tabungan.

Hanya saja, sayangnya banyak orang yang seringkali menyimpan buku tabungannya di rumah. Mengingat sulitnya menyimpan buku tabungan tersebut di dalam dompet. Selain itu, kini kebanyakan nasabah sudah mulai menggunakan layanan mobile banking dan internet banking untuk bertransaksi. Jadi jarang sekali memakai buku tabungan untuk melakukan transaksi.

Jadi jika Kamu memerlukan nomor rekening bank Mandiri dalam waktu yang cepat, sedangkan buku tabunganmu di simpan di rumah dan posisimu sedang tidak berada di rumah, Kamu harus mencari solusi lainnya.

2. Cek Nomor Rekening Bank Mandiri Lewat Mesin ATM

Panduan cara cek nomor rekening bank Mandiri lainnya ialah melalui mesin ATM. Silahkan cari gerai mesin ATM terdekat, bolah pakai mesin ATM khusus bank Mandiri ataupun mesin ATM bersama. Lalu ikuti panduannya berikut :

  • Silahkan masukkan kartu ATM Bank Mandirimu ke slot mesin ATM.
  • Lalu inputkan nomor PIN ATM dengan benar.
  • Di menu utama, silahkan pilih menu “Penarikan Uang”.
  • Ketika Kamu melakukan penarikan, biasanya di resi/bukti penarikan uang akan tertera nomor rekening bank Mandiri.

Sebenarnya, selain memanfaatkan menu “Penarikan Tunai” Kamu juga bisa menggunakan menu “Transfer”. Sesudah melakukan pengisian data-data untuk transfer dengan baik, biasanya akan tertera informasi mengenai nomor rekening bank penerima dan pengirim. Apabila Kamu sudah mengetahui nomor rekening tersebut, pastikan mencatatnya atau bisa juga mengambil gambar informasi nomor rekening dan cancel transaksi jika Kamu tidak melakukan transaksi lainnya.

Jika tidak muncul, maka Kamu dapat melakukan transfer untuk mencetak bukti transfer dari mesin ATM. Biasanya dalam bukti transfer juga akan tertera nomor rekening bank pengirim. Cara cek rekening Mandiri yang satu ini memang cukup praktis, hanya saja Kamu memerlukan waktu untuk melakukannya.

3. Cek Nomor Rekening Bank Mandiri Lewat e-Banking

Cara cek rekening Mandiri yang ketiga juga tak kalah praktis, Kamu bisa memanfaatkan layanan e-banking. Seperti kita ketahui, Bank Mandiri menawarkan 3 layanan e-banking utama, diantaranya memakai aplikasi Mandiri mobile, lewat layanan Mandiri online dan lewat internet banking.

Biasanya layanan Mandiri Mobile sendiri dapat dipasang di perangkat iOS atau android, sementara Mandiri Online dan Internet Banking bisa diakses lewat browser di ponsel atau PC.

Walaupun terdapat 3 jenis layanan e-banking Mandiri, Kamu tak perlu bingung lagi mengecek rekening Mandiri. Sebab ketiganya bisa dilakukan untuk pengecekan nomor rekening Mandiri. Selain itu, ketiga cara cek nomor rekening Bank Mandiri lewat e-banking sendiri sama saja antara satu dengan yang lainnya. Simak ulasannya di bawah ini :

  • Silahkan unduh dan pasang aplikasi Mandiri Mobile di Hpmu, jika Kamu ingin menggunakan layanan mobile banking. Kamu juga bisa mengunjungi situs internet banking Mandiri jika ingin memakai layanan internet banking.
  • Inputkan nomor kartu ATM/debit bank Mandiri atau PIN dan username yang Kamu gunakan dengan benar.
  • Jika sudah berhasul login ke akunmu, Kamu bisa memilih menu “Informasi Rekening”. Dari menu inilah, Kamu bisa melihat nomor rekening bank Mandiri-mu dengan jelas.

Langkah-langkah panduan cek nomor rekening bank Mandiri lewat e-banking sendiri sangat mudah. Kamu dapat melakukannya kapan saja dan dimana saja, asalkan Kamu memiliki koneksi internet.

Hanya saja, untuk mengecek nomor rekening Mandiri lewat layanan e-banking mengharuskanmu melakukan registrasi e-banking terlebih dahulu. Kamu bisa melakukan registrasi dan aktivasi layanan ini di kantor cabang Bank Mandiri terdekat.

4. Cek Nomor Rekening Bank Mandiri Lewat Rekening Koran

Kamu juga bisa mengecek nomor rekening Mandiri melalui rekening koran. Adapun biasanya nomor rekening ini tertera di bagian atas samping rekening koran. Jadi, jika Kamu kebetulan menyimpan atau membawa rekening koran, maka Kamu dapat melihat rekening bank Mandiri.

5. Cek Nomor Rekening Bank Mandiri Lewat Layanan Call Center

Cara cek rekening Mandiri berikutnya ialah dengan menggunakan layanan call center bank Mandiri. Tak hanya digunakan untuk mengecek nomor rekening Mandiri saja, tetapi dengan menghubungi call center Kamu juga bisa melakukan pemblokiran kartu ATM. Hal ini biasanya jika kartu ATM Mandiri-mu hilang, tertelan atau dicuri. Sebab ada banyak informasi atau layanan yang bisa Kamu tanyakan dan konfirmasikan ke staf bank Mandiri lewat layanan call center ini.

Untuk pengecekan nomor rekening bank Mandiri, Kamu hanya perlu menghubungi call center dan pihak bank Mandiri pun akan langsung membantumu menyebutkan informasi nomor rekening dengan mengikuti instruksi yang diperintahkan.

Adapun untuk nomor call center bank Mandiri yang bisa Kamu hubungi ialah di nomor 14000.

Tips Mudah Untuk Mengakses Nomor Rekening Bank Mandiri

Agar proses pengecekan nomor rekening bank Mandiri berjalan lancar, sebaiknya simpan buku rekening tabungan Mandiri dengan baik. Kamu mungkin jarang memegangnya, namun buku tabungan  bank Mandiri penting sekali untuk melakukan transaksi perbankan.

Selain itu, Kamu juga bisa mencatat nomor rekening bank Mandiri-mu di komputer, di ponsel atau di buku catatan. Asalkan Kamu menyimpannya dengan baik, agar tidak mudah dimanfaatkan oleh pihak yang tak bertanggung jawab.

Dengan panduan cara cek rekening Mandiri dan kiat-kiat di atas, diharapkan Kamu bisa lebih mudah melakukan transaksi finansial di bank Mandiri dengan praktis!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019