Cara Daftar SMS Banking BTN (2 Metode), Anti Ribet!

Cara Daftar SMS Banking BTN
Cara Daftar SMS Banking BTN

WIGATOS.com | Bagaimana cara daftar SMS Banking BTN? Nasabah Bank BTN sudah dapat melakukan registrasi dengan cepat dan mudah. Kamu harus mendatangi kantor cabang terdekat, guna memperoleh informasi lebih lanjut tentang layanan tersebut.

Beberapa bank negeri dan swasta belakangan ini mulai gencar menyediakan layanan perbankan terbaik, salah satunya SMS Banking. Kini, Bank BTN mengikuti jejak bank lain dengan menghadirkan fitur serupa, supaya kamu bisa bertransaksi lebih praktis, bahkan bermodalkan pulsa saja.

Read More

SMS Banking BTN membantumu untuk melakukan transaksi tertentu seperti cek saldo, transfer, isi pulsa, mutasi, hingga kegiatan lainnya secara fleksibel. Kendati demikian, semuanya hanya bisa diperoleh kalau kamu sudah daftar, sekaligus mengaktifkan layanannya. Kamu tidak butuh waktu lama untuk melakukannya lho.

Ketentuan dan Syarat Daftar SMS Banking BTN

Secara umum setiap nasabah Bank BTN berhak mengajukan layanan perbankan apapun. Bagi kamu yang ingin mendaftar dan mengaktifkan SMS Banking BTN, alangkah baiknya mengetahui persyaratan utamanya dibawah ini:

  • Rekening BTN aktif.
  • Nomor HP yang akan digunakan sudah terdaftar di rekening BTN.
  • Tarif SMS berbeda tergantung jenis operator seluler yang digunakan.
  • Nasabah harus menggunakan operator seluler tertentu, yakni Indosat, XL dan Telkomsel untuk mendaftar SMS Banking BTN.

Keunggulan SMS Banking BTN

SMS Banking BTN bukan sekadar layanan pesan biasa, di mana nasabah yang menggunakan akan menikmati berbagai macam keutamaan menarik seperti berikut:

  • Ganti PIN
    Penggunaan SMS Banking BTN bisa kamu manfaat untuk mengajukan perubahan PIN. Bagi kamu yang merasa PIN diketahui orang lain, segera ajukan permintaan agar nomornya dapat diganti. Buat 6 digit nomor rahasia yang tidak bisa ditebak orang lain, alias angka acak.
  • Cek Lima Transaksi Terakhir
    Jika kamu ingin mengetahui riwayat transaksi terakhir, tapi tidak sempat datang ke ATM, maka bisa menggunakan SMS Banking BTN. Layanan ini hampir sama dengan M Banking BTN karena nasabah dapat mengetahui, sekaligus melihat daftar lima transaksi terakhir yang dilakukan.
  • Pembayaran Tagihan
    Nasabah BTN dapat membayar tagihan apa saja seperti Telkom, PLN, Kredit Pemilikan Rumah (KPR) BTN dan lainnya dengan mudah. Kamu hanya perlu mengetahui jumlah pembayaran, serta nomor transaksi yang dituju, supaya prosesnya bisa berjalan cepat dan langsung dilunasi.
  • Isi Ulang Pulsa
    SMS Banking BTN bisa kamu gunakan untuk isi ulang pulsa GSM prabayar. Jadi, kamu tidak perlu repot ketika pulsa habis, apalagi saat tidak bisa ke luar rumah karena hujan atau sibuk. Semuanya dapat dilakukan dengan sekali klik yang sudah disediakan oleh layanan ini.

Cara Daftar SMS Banking BTN

Cara Daftar SMS Banking BTN
Cara Daftar SMS Banking BTN

Barangkali kamu ingin tahu cara mendaftar SMS Banking BTN yang benar, sebaiknya simak pembahasan artikel ini hingga selesai. Kami sudah merangkum beberapa langkah sederhana, agar kamu dapat mengaktifkan layanannya dengan mudah.

Jangan lupa untuk melakukan aktivasi, supaya SMS Banking BTN bisa langsung digunakan. Jika kamu sudah memenuhi persyaratan yang kami sebutkan diatas, segera persiapkan gadget dan pulsa untuk mendaftar sebagai pengguna barunya sekarang juga.

Cara Daftar SMS Banking BTN Lewat ATM

Nasabah bisa mendatangi ATM untuk mendaftar, sekaligus mengaktifkan SMS Banking BTN dengan cepat dan praktis. Bagaimana caranya? Daripada bingung, simak tutorialnya yang perlu kamu tahu dibawah ini:

Langkah 1: Kunjungi ATM BTN

Kunjungi ATM BTN terdekat yang ada disekitar rumahmu. Jika sudah tiba di lokasi, segera masukkan kartu ATM dan PIN dengan benar.

Langkah 2: Pilih Menu SMS Banking

Kamu akan diarahkan ke halaman utamanya, sedangkan langkah selanjutnya adalah menekan tombol SMS Banking.

Langkah 3: Klik Pendaftaran SMS Banking

Untuk melanjutkan ke tahap berikutnya, kamu harus mengetuk opsi Pendaftaran SMS Banking, sehingga layanannya dapat didaftarkan.

Langkah 4: Lakukan Persetujuan Pendaftaran

Kamu akan diminta untuk melakukan persetujuan pendaftaran SMS Banking BTN. Caranya adalah mengikuti semua petunjuk yang muncul di layar.

Langkah 5: Masukkan Nomor Telepon

Pada halaman selanjutnya, masukkan nomor ponsel aktif yang akan digunakan untuk SMS Banking BTN. Kamu harus menggunakan nomor HP yang sama dengan nomor pada rekening BTN.

Langkah 6: Buat PIN

Buat PIN yang terdiri dari enam digit angka acak. Kami anjurkan untuk tidak menggunakan tanggal lahir, maupun sejenisnya sehingga sulit ditebak oleh orang lain. Kemudian, masukkan kembali PIN untuk verifikasi.

Langkah 7: Dapatkan User ID

Mesin ATM akan mengeluarkan struk transaksi, berisi user ID yang harus disimpan dengan baik. Jika tidak ada transaksi lagi, tekan tombol Batal untuk mengambil kartu debitmu kembali.

Cara Daftar SMS Banking BTN Lewat Kantor Cabang

Untuk mendapatkan informasi lebih lengkap dan valid, maka kamu bisa mendaftarkan SMS Banking BTN melalui kantor cabang terdekat. Berikut langkah-langkahnya yang dapat dilakukan dengan mudah, yakni:

Langkah 1: Datangi Kantor Cabang BTN Terdekat

Bank BTN sudah menyediakan kantor cabangnya di seluruh wilayah Indonesia. Kamu bisa mendatangi salah satu KCP nya yang ada didekat rumahmu.

Langkah 2: Ambil Nomor Antrian

Kamu dapat memberitahu petugas keamanan untuk menemui CS. Mereka akan mengarahkanmu untuk mengambil nomor antrian bagian pusat bantuan. Kamu hanya perlu menunggu sambil duduk di kursi yang disediakan.

Langkah 3: Temui CS

Jika nomor antrianmu sudah dipanggil, segera temui CS BTN dan sampaikan tujuanmu untuk mendaftar SMS Banking BTN.

Langkah 4: Serahkan Berkas Persyaratan

CS BTN akan memintamu untuk menyerahkan semua berkas persyaratan, seperti KTP, buku tabungan dan dokumen lain yang dibutuhkan sebagai validasi, serta verifikasi data.

Langkah 5: Permintaan Diproses

Permintaan kamu akan diproses oleh CS BTN. Mereka biasanya akan membutuhkan waktu selama 10-15 menit untuk mengaktifkan SMS Banking milikmu. Pastikan semua informasi yang dijelaskan sudah dipahami.

Langkah 6: SMS Banking BTN Siap Digunakan

SMS Banking BTN sudah terdaftar dan aktif. Kamu bisa langsung menggunakannya untuk bertransaksi, bayar tagihan, hingga kebutuhan lainnya yang sudah disebutkan sebelumnya. Jika tidak ada kebutuhan lain, ucapkan terima kasih dan tinggalkan KCP BTN.

Cara Menggunakan SMS Banking BTN

Kamu dapat menggunakan SMS Banking BTN untuk bertransaksi sesuai dengan kebutuhan. Jika ingin mengetahuinya lebih lanjut, simaklah tutorialnya dari kami dibawah ini:

  • Buka aplikasi Pesan atau Message di HP kamu terlebih dulu.
  • Pilih menu Buat Pesan Baru atau Create a New Message.
  • Ketik SMS baru dengan salah satu format dibawah ini:
    • Membuat Nama Alias: ALS(spasi)nomor HP atau nomor rekening(spasi)nama alias.
    • Melihat Saldo Rekening: SO(spasi)nomor rekening atau nama alias.
    • Memilih Sumber Rekening: SUMBER(spasi)nomor rekening.
    • Pembayaran Tagihan: BTG(spasi)nomor telepon atau nama alias.
    • Mengetahui Lima Transaksi Terakhir: TRANSAKSI(spasi)nomor rekening atau TRANSAKSI(spasi)TAB1.
    • Informasi Bunga: BNG(spasi)GIRO (Giro) atau BNG(spasi)TAB (Tabungan).
  • Kirim SMS ke nomor 3555.
  • Terakhir, tunggu beberapa saat sampai muncul SMS notifikasi berisi informasi yang dibutuhkan.

Demikian informasi lengkap tentang cara daftar SMS Banking BTN lewat ATM, maupun kantor cabang terdekat. Dapatkan semua manfaat dari layanan perbankan ini, dan penuhi persyaratannya yang berlaku. Semoga bermanfaat!

Related posts