Cara Merubah Excel ke PDF

Cara Merubah Excel ke PDF

Excel dan PDF keduanya adalah jenis file yang sangat populer dan sudah banyak digunakan pengguna PC. Cara merubah excel ke PDF dapat dilakukan agar siapapun dapat membukanya dengan mudah, walaupun mereka tidak menginstall Office. Hal tersebut juga dapat memudahkanmu untuk mencetak sekaligus mendistribusikan worksheet Excelmu.

Excel memungkinkanmu untuk membuat file versi PDF pada program tersebut langsung, namun Kamu juga dapat memakai layanan konversi secara daring apabila ingin mengubah berkas namun tidak mempunyai excel.

Cara Merubah Excel ke PDF

Cara Merubah Excel ke PDF
Merubah Excel ke PDF

Tutorial Mengubah File Excel ke PDF

Sebenarnya untuk mengubah Excel ke PDF dapat dilakukan melalui berbagai macam cara, Kamu bisa mempraktekkan cara merubah Excel ke PDF berikut ini :

Metode 1 : Memakai Excel for Windows

Untuk mengubah file Excel ke PDF dengan menggunakan Excel for Windows, Kamu bia mengikuti langkah-langkah di bawah ini :

1. Memilih Worksheet yang Akan diubah ke PDF

Apabila hanya bagian worksheet tertentu yang akan diubah ke dalam PDF, Kamu bisa pilih sekarang. Namun jika tidak, Kmau bisa melanjutkan ke cara berikutnya.

Ingatlah jika berkas PDF tak bisa diubah lagi ke dalam lembar file Excel, namun Kamu bisa mengantisipasinya dengan mempertahankan copy-an asli dari berkasmu.

2. Mengklik File

Selanjutnya klik “File”, Kamu bisa menemukannya di pojok kiri bagian atas.

3. Pilih Menu Export

Ketuk “Export” pada menu. Lalu Kamu akan melihat tampilan panel Export yang terbuka.

4. Klik Opsi “Create PDF/XPS”

Klik opsi “Create PDF/XPS”. Silahkan cari ikon berbentuk seperti kertas yang berikat pinggang.

5. Pilih “Option”

Ketuk “Options” opsi tersebut memungkinkanmu menyesuaikan penataan pada berkas PDF.

6. Pilih Apa yang Akan Dimasukkan ke PDF

Kamu bisa memilih apa yang ingin dimasukkan ke dalam PDF tersebut lalu klik OK. Apabila Kamu memilih satu bagian pada worksheet untuk disimpan ke dalam PDF. Silahkan pilih Selection pada bagian bawah opsi “Publish What”. Sehingga yang disimpan pada format PDF nantinya hanya bagian tertentu yang Kamu pilih aja.

  • Jika Kamu ingin menyimpan semua lembar kerja untuk dijadikan PDF, silahkan pilih opsi “Active Sheet”. Apabila Kamu ingin memilih halaman pada buku kerja, pakai menu buka di bagian bawah “Page” jika ingin menentukan halaman akhir dan awalnya. Silahkan ketuk Ok jika ingin melanjutkan.

7. Memilih Pengoptimalan

Tepat di atas tombol bertuliskan “Option”, Kamu bisa memilih pengoptimalan sesuai yang Kamu inginkan dalam bekar PDF. Kebanyakan orang dapat memilih opsi “Standard” terkecuali jika worksheet-nya sangat besar.

Apabila Kamu akan mengubah lokasi tempat penyimpanan dokumen, Kamu dapat mengarahkannya ke dalam berkas tersebut.

8. Berikan Nama dan Tekan “Publish”

Langkah cara merubah Excel ke PDF berikutnya ialah informasi yang sudah dipilih langsung diekspor ke dalam dokumen PDF yang baru sesuai nama yang akan dimasukkan.

9. Meninjau Berkas PDF

Berkas PDF yang sudah diekspor secara default akan langsung terbuka sesudah dibuat, agar Kamu bisa meninjaunya. Apabila Kamu tidak bisa membuka file PDF tersebut, Kamu mungkin belum menginstal pembaca PDF.

Sebenarnya untuk menyunting file PDF sekarang tidak mungkin, sehingga jika Kamu memerlukan perubahan, Kamu bisa melakukannya pada Excel kemudian buat file PDF yang baru.

Metode 2 : Memakai Google Drive

Cara merubah excel ke PDF selanjutnya ialah dengan menggunakan Google Drive. Ada beberapa langkah yang bisa Kamu lakukan berikut ini :

1. Buka drive.google.com

Kamu bisa masuk ke https://drive.google.com. Apabila Kamu harus mengonversi format worksheet Excel ke dalam PDF, namun tidak memiliki Excel di PC, tak perlu khawatir. Kamu dapat menggunakan tool yang terdapat dalam akun Google-mu jika ingin mengubah Excel ke file PDF dengan cara gratis. Apabila Kamu belum login ke akun Google, sebaiknya silahkan login terlebih dahulu.

2. Klik “+New”

Selanjutnya Kamu bisa mengklik “+New” Kamu bisa menemukan tombol tersebut di pojok sebelah kiri bagian atas pada Google Drive.

3. Tekan “File Upload”

Silahkan klik opsi “File Upload” kemudian Kamu akan melihat peramban berkas di komputer yang terbuka.

4. Memilih Lembar Kerja Excel

Selanjutnya pilih worksheet Excel yang akan Kamu ubah formatnya lalu tekan “open”. Lalu lembar kerja tadi akan di upload ke dalam Google Drive.

5. Ketuk Lembar Kerja Excel Pada Google Drive

Sesudah itu, Kamu akan melihat workheet yang terbuka pada Google Sheet.

6. Klik “File” Lalu Pilih “Download”

Kamu tinggal mengklik atau memilih “File” Lalu pilih opsi “Download untuk mengunduh. Maka daftar opi download pun akan terbuka.

7. Klik “PDF Document”

Selanjutnya, review dokumen PDF pada Google Sheets pun akan terlihat pada jendela cetak.

8. Menyesuaikan Tata Letak Dokumen PDF

Apabila tampilan review cetak tak sesuai yang diinginkan, pakai panel kanan jika ingin mengubahnya sebelum Kamu melanjutkan langkahnya.

Dokumen PDF selanjutnya akan tersimpan sama seperti dalam lembar kerja file Excel. Jika Kamu ingin menyimpannya lewat modus portrait atau tampilan vertikal, maka pilihlah “Portrait” tepat di bawah pilihan “Page Orientation”.

Silahkan mengubah skala dokumen serta jarak marginnya (opsional). Tekan formatting jika ingin memilih apakah Kmau akan memperlihatkan kisi-kisi catatan dan/atau tabel, mengubah susunan pada baris dan mengatur urutan pada halamannya.

Kamu bisa menambahkan header footer pada bagian atas maupun bawah halaman. Tekan “Headers & Footers” dan centang kotak jika ingin memilih mana informasi yang akan Kamu tampilkan.

Apabila lembar kerja Excel-mu memuat banyak data serta terpotong pada bagian-bagian tertentu yang tak semestinya, tekan Set custom page breaks pada panel sebelah kanan. Kemudian, Kamu dapat menarik garis berwarna biru sesuai awal dan akhir tiap halaman. Ketuk “Confirm Breaks” tepat di sebelah kanan atas jika ingin menyimpan perubahan.

9. Tekan Export

Kamu bisa menemukan menu “Export” di kanan atas pada halaman yang ditandai oleh tombol warna biru. Sesudah mengklik tombol ini, dokumen PDF yang baru pun akan langsung tersimpan di PC. Apabila dokumen PDF tak otomatis terunduh, silahkan menentukan tempat untuk menyimpannya, lalu tekan save jika ingin mengunduhnya.

Metode 3 : Melalui Customize Quick Access Toolbar

Kamu bisa mempublikasikan file ke dalam PDF melalui Quick Access Toolber. Adapun caranya ialah sebagai berikut :

  • Pertama-tama, silahkan klik kanan dimana saja pada quick access toolbar kemudian pilih opsi customize quick access toolbar pada menu.
  • Ini akan membuka menu opsi Excel dan Kamu bisa menambahkan perintah publish as PDF dari sini.
  • Pastikan Kamu berada pada tab Quick Access Toolbar pada menu Options.
  • Silahkan pilih semua perintah.
  • Gulir ke bawah lalu pilih publish as PDF/XPS.
  • Tekan tombol add untuk menambahkan perintah ke dalam opsi perintah Quick Access Toolbar-mu.
  • Tekan OK.

Kini Kamu bisa menggunakan perintah tersebut pada Quick Access Toolbar untuk mempublikasikan file Excel-mu sebagai dokumen PDF.

Demikianlah ulasan terkait cara merubah Excel ke PDF dengan mudah yang bisa Kamu coba. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba!

Related posts