Cara Cek Hp Samsung Ori atau HDC

Cara Cek Hp Samsung Ori atau HDC

Gimana cara cek hp Samsung ori atau HDC? Nama Samsung sudah sangat populer di telinga kita sebagai salah satu brand elektronik, namun yang paling terkenal adalah sebagai merk hp. Produk-produk hp Samsung sudah tentu bukan produk sembarangan, karena kualitasnya hampir menyamai kualitas iPhone. Brand ini juga termasuk brand yang sudah cukup lama melenggang di pasar gadget tanah air. Hal ini membuktikan bahwa eksistensi hp Samsung masih kuat di masyarakat Indonesia.

Saat ini setiap produksi smartphone dari perusahaan manapun bukan hanya yang ori saja, namun ada juga yang versi HDC. Bahkan bisa jadi rekondisi, maksudnya di produksi ulang dari produk yang cacat kemudian diperbarui untuk dijual kembali.

Read More

Sama halnya dengan hp Samsung, mengingat banyaknya permintaan dan sudah sangat populer di masyarakat. Tak jarang ditemukan beberapa hp Samsung rekondisi atau HDC, yang mungkin akan sulit dibedakan oleh orang awam. Jika penasaran, cek perbedaan Samsung Ori dan HDC di bawah ini terlebih dahulu!

Perbedaan Samsung Ori dan HDC

Jika Kamu ingin lebih mudah mengecek hp Samsung HDC atau Ori, tentu saja Kamu harus tahu dulul perbedaan keduanya. Abaikan produk hp rekondisi, karena produk tersebut merupakan keluaran dari black market yang tidak di akui (ilegal).

Samsung ori adalah hp yang diproduksi secara resmi dan diakui keberadaannya oleh pemerintah Indonesia, karenanya akan mempermudah pengguna saat klaim garansi produk apabila terjadi kerusakan dari pabrikannya. Tentu saja biaya perbaikan dan penggantian produk akan dibebaskan alias tanpa bayar.

Sedangkan istilah HDC adalah produk-produk dari salah satu produsen hp yang telah diakui keberadaannya untuk memproduksi hp tiruan. Dimana produk ini mempunyai tingkat kemiripan yang persis sama, tak bisa dibedakan dari versi aslinya.

Jika kurang teliti saja saat membeli ponsel Samsung, mungkin Kamu mengira bahwa produk yang dimaksud ialah produk original, padahjal kenyataannya produk tersebut adalah HDC.

Meskipun sama persis, namun tetap saja Kamu akan menemukan perbedaan antara versi ori dengan versi HDC-nya. Jika Kamu penasaran, simak ulasan cara cek hp Samsung ori atau HDC berikut!

Walaupun dikatakan mirip, tentu saja ada perbedaan antara samsung versi ori dengan samsung versi HDC, caranya adalah dengan membuktikannya dengan mengecek secara langsung.

Cara Cek Hp Samsung Ori atau HDC

Cara Cek Hp Samsung Ori atau HDC
Cek Hp Samsung Ori atau HDC

Tutorial Cek Hp Samsung Ori atau HDC

Jika ingin melakukan pembelian hp Samsung ori, dan tak mau terjebak membeli produk HDC, maka kamu perlu tahu dulu cara cek perbedaannya. Ikuti langkah-langkah cara cek hp Samsung ori atau HDC berikut :

1. Cek Resolusi Layar

Pertama-tama, perhatikan resolusi layar pada hp samsung yang menjadi targetmu demi mengecek keaslian produk. Silahkan cek resolusi layar untuk tipe hp Samsung yang Kamu uji dengan melakukan googling di internet. Setelah mengetahui resolusi versi orisinalnya, tinggal lakukan pengujian lapangan.

Apabila resolusi layar sesuai dengan versi orinya, maka hp samsung tersebut bisa dikatakan sebagai hp pro. Tapi jika ada perbedaan, maka kemungkinan besar hp samsung yang kamu uji merupakan versi HDC.

Mengamati resolusi layar bisa dikatakan gampang-gampan susah, sebab Kamu harus cermat memperhatikan spek resolusi layar pada hp Samsung yang Kamu incar. Tapi, jika kesulitan menentukan mana versi ori dan mana versi HDC dilihat dari resolusi layarnya, Kamu bisa coba metode kedua.

2. Cek Kapasitas RAM

Cara cek hp Samsung ori atau HDC selanjutnya ialah dengan mengecek kapasitas RAM. Metode ini lebih mudah dicoba ketimbang cara pertama. Sebab, Kamu cukup mengingat jumlah kapasitas RAM pada hp Samsung yang sedang diuji.

Contohnya, Kamu mengecek spek hp Samsung yang ingin Kamu beli baik lewat googling di internet, atau lewat majalah hp sebelumnya. Setelah Kamu mengetahui spek kapasitas RAM hp yang Kamu cari, dan setibanya di outlet penjualan hp Kamu pun meminta mengecek spek RAM untuk tipe yang sama. Jika didapati kapasitas RAM pada hp tersebut sama seperti informasi yang Kamu dapatkan lewat googling atau situs resmi Samsung, ini artinya hp Samsung tersebut ori.

Tapi sebaliknya, jika ternyata kapasitas RAM nya berbeda dengan spesifikasi yang sudah kamu ketahui sebelumnya.

3. Cek Kamera

Setiap smartphone yang beredar di pasaran saat ini memiliki dua kamera dengan fungsi yang berbeda. Unit kamera yang satunya untuk selfi dan satunya lagi untuk memotret obyek dengan resolusi tinggi yang selalu dipasang pada kamera belakang.

Untuk membedakan hp samsung ori dengan versi HDC, maka kamu perlu membandingkan keduanya.

  • Kamera depan

pertama kamu uji terlebih dahulu kamera depan hp samsung incaranmu itu. Kamu perlu tahu apa saja fitur-fitur pada kamera depan yang biasanya disematkan. Cek pada hp samsung yang kamu uji, apakah semua fitur pada kamera depan sudah lengkap seperti versi ori nya atau ada yang kurang?

Selanjutnya jika memungkinkan, kamu bisa membandingkan kedua hp sekaligus antara hp ori dengan hp yang di uji. Cobalah untuk memotret obyek yang sama dengan kamera depan apakah kualitasnya sama atau ada sedikit perbedaan? Jika ternyata ada sedikit perbedaan, berarti hp Samsung yang sedang diuji adalah versi HDC. Namun jika kualitas yang dihasilkan sama, kamu tidak perlu membandingkan kamera belakang karena sudah dipastikan hp samsung tersebut merupakan versi ori.

  • Kamera Belakang

kamera belakang atau biasa disebut dengan kamera utama merupakan kamera dengan tingkat resolusi yang lebih tinggi dibandingkan dengan kamera depan. Pada kamera belakang seringkali dilengkapi fitur tambahan seperti auto focus, lampu flash, dana beberapa fitur lainnya yang mendukung meningkatkan hasil jepretan dengan kualitas tinggi.

Apabila kamu akan menguji kamera belakang, cobalah untuk membandingkan keduanya baik hasil jepretan foto atau mencoba membuat video. Walaupun hasilnya tidak terlalu signifikan, namun setidaknya masih terlihat ada perbedaan antara hp samsung ori dengan samsung HDC.

4. Cek Memori Internal

Cara cek hp samsung ori atau HDC selanjutnya adalah dengan melihat memori internal yang disematkan didalamnya. Cara membandingkannya tidak jauh berbeda dengan mengecek kapasitas RAM HP. Dimana Kamu harus cari tahu dulu berapa memori internal yang seharusnya tersemat ada hp Samsung incaranmu. Kemudian uji pada hp Samsung yang ingin dibeli yang tipenya sama.

Apabila hp samsung yang kamu uji tersebut ternyata memiliki memori internal sesuai dengan spek seharusnya, maka sudah bisa dipastikan hp samsung adalah ori. Sedangkah jika ternyata hp yang kamu uji tersebut memiliki memori internal sedikit berbeda dengan yang tertera berdasarkan spesifikasi resminya, maka hp tersebut merupakan produk HDC.

5. Cek NomorIMEI

Nomor IMEI bisa dibilang sebagai nomor identitas pada setiap hp android yang tidak bisa dirubah, karena didalamnya terdapat beberapa informasi spek hp ori secara detail. Coba ketikkan *#06# pada aplikasi telepon, kemudian jika muncul kode IMEI-nya dapat dipastikan hp tersebut ori, tapi jika sebaiknya Kamu harus waspada hp tersebut adalah versi HDC.

6. Cek Lewat Samsung Kies

Samsung kies adalah sebuah layanan yang diperuntukkan khusus untuk Samsung, dimana ada beberapa macam fitur didalamnya yang bisa kamu gunakan. Program ini hampir mirip seperti iTunes yang terdapat pada iPhone.

Selain untuk entertainment, ternyata samsung kies tersebut bisa kamu gunakan untuk mengecek keaslian dari hp samsung yang kamu uji. Namun kelemahannya ialah, Kamu harus menghubungkannya ke PC terlebih dahulu. Cara ini tentu sangat merepotkan, dan belum tentu juga penjual hp berkenan melakukan pengecekan tersebut.

Oke, diantara 6 cara cek hp Samsung ori atau HDC di atas Kamu bisa pilih mana cara yang paling work atau paling praktis digunakan. Dengan demikian, Kamu bisa lebih teliti lagi saat membeli hp Samsung agar tidak langsung tergiur dengan iming-iming oknum tak bertanggung jawab.

 

 

Related posts