6 Step Cara Siaran Langsung di Facebook Lite dengan Mudah

Cara Siaran Langsung di Facebook Lite
Cara Siaran Langsung di Facebook Lite

Pernahkah kamu mencoba siaran langung di Facebook Lite? Jika belum, kami akan bagikan panduan cara siaran langsung di Facebook Lite dengan mudah!

Facebook Lite adalah versi ringan dari aplikasi Facebook biasa yang dirancang untuk Hp smartphone dengan koneksi yang lambat atau koneksi terbatas.

Read More

Platform Facebook versi ringan ini sebetulnya fitur serupa dengan facebook biasa. Bahkan kamu masih bisa melakukan siarang langsung untuk berbagi momen dengan orang lain seperti keluarga, teman, atau pengikut kamu secara real time.

Kelebihan dari siarang langsung di Facebook Lite adalah dapat membantu kamu dalam meningkatkan interaksi, jangkauan hingga kesadaran merek khusus yang berjualan atau tujuan profesional.

Jika kamu belum pernah mencoba cara siaran langsung di Facebook Lite, simak ulasan sebelumnya disini!

Tahap Persiapan Siaran Langsung di Facebook Lite

Sebelum melakukan siaran langsung di Facebook Lite, ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan terlebih dahulu. Berikut ini ada beberapa tips yang perlu kamu lakukan:

  • Tentukan tujuan. Kamu harus memiliki tujuan yang jelas dan spesifik untuk siaran langsung yang akan kamu lakukan ke jejaring Facebook. Misalnya saja, bertujuan untuk menghasilkan prospek, penjualan, atau mungkin kesadaran merek. Kamu harus mematangkan terlebih dahulu mengenai topik, konten, dan cara menyampaikan siaran langsung agar prosesnya bisa berhasil.
  • Buat kerangka atau arah. Kamu harus memiliki setidaknya satu gambaran kasar tentang apa yang ingin kamu bicarakan, termasuk poin-poin utama, contoh-contoh, atau mungkin pertanyaan yang ingin kamu jawab nantinya. Ini akan membantumu agar tetap fokus dan terstruktur selama siaran langsung di Facebook Lite.
  • Siapkan pra-acara. Selain itu kamu juga harus mendorong orang-orang untuk menonton siaran langsung dengan memberi tahu mereka terlebih dahulu dengan menggunakan postingan atau cerita. Hal ini bisa juga digunakan untuk mengumpulkan pertanyaan dari penonton sebelumnya dan mempersiapkan jawaban yang harus kamu utarakan.
  • Periksa perangkat keras. Kamu harus memastikan bahwa Hp kamu memiliki koneksi internet yang kuat dan stabil, persentase baterai yang cukup, dan mode jangan ganggu aktif. Pada saat siaran langsung, kamu pun dapat menggunakan tripod atau stabilizer kamera untuk mendapatkan gambar yang lebih stabil.
  • Tulis deskripsi yang menarik. Sebelum mulai siaran langsung di Facebook Lite, kamu harus menulis deskripsi yang menarik tentang siaran langsung yang akan kamu lakukan. Deskripsi tersebut akan menjadi judul postingan siaran langsung kamu dan dapat membantu orang-orang untuk mengetahui apa yang akan kamu bagikan.

Itulah beberapa hal yang harus Anda persiapkan sebelum siaran langsung di Facebook. Kamu bahkan bisa mencoba cara siaran langsung game di FB. Simak panduan cara siaran langsung di Facebook Lite di bawah ini!

Cara Siaran Langsung di Facebook Lite

Cara Siaran Langsung di Facebook Lite
Cara Siaran Langsung di Facebook Lite

Untuk melakukan siaran langsung di Facebook Lite, ada beberapa step yang dapat kamu coba di bawah ini!

1. Mulai Siaran Langsung di Facebook Lite dengan Buka Facebook Lite

Cara siaran langsung di Facebook Lite pertama yaitu masuk ke aplikasi Facebook Lite di Hp kamu terlebih dahulu. Jika kamu belum memiliki aplikasi Facebook Lite, silakan unduh terlebih dahulu dari Google Play Store maupun dari App Store yang bisa kamu dapatkan secara gratis.

Setelah itu pastikan sudah masuk ke akun Facebook milikmu sebelum melangkah ke tahapan selanjutnya.

2. Klik tombol “Apa yang Anda pikirkan?”

Step kedua yaitu menekan tombol “Apa yang Anda pikirkan?” di bagian atas halaman utama. Tombol tersebut berbentuk seperti kotak putih dengan garis biru yang ada di sebelah kiri dan kanannya. Tombol tersebut akan membuka menu pilihan untuk membuat postingan baru.

3. Klik tombol “Live Video”

Langkah ketiga yaitu menekan tombol “Live Video” yang ada di menu pilihan. Tombol tersebut memiliki ikon berbentuk kamera video dengan lingakran merah yang berada tepat di sebelah kanan ikon tersebut. Nantinya tombol ini bakal membawamu langsung ke halaman “Buat Video Langsung”.

4. Pilih siapa yang dapat melihat siaran langsung

Step cara siaran langsung di Facebook Lite selanjutnya yaitu memilih siapa yang dapat melihat siaran langsung yang akan kamu lakukan. Yang perlu kamu lakukan cukup dengan menekan tombol “Publik” yang berada di sebelah bawah layar untuk mengubah pengaturan privasi. Pada pilihannya, kamu bisa memilih opsi berikut sesuai keperluan:

  • Publik: Siaran langsung yang dapat dilihat oleh semua orang di Facebook, termasuk orang-orang yang tidak mengenal kamu atau tidak berteman dengan kamu sekalipun.
  • Teman: Siaran langsung yang hanya dapat dilihat oleh orang-orang yang sudah berteman dengan kamu di Facebook.
  • Teman Kecuali: Siaran langsung yang hanya dapat dilihat oleh orang-orang yang sudah berteman dengan kamu di Facebook, kecuali orang-orang tertentu yang kamu pilih sebelumnya.
  • Hanya Saya: Siaran langsung yang hanya dapat dilihat oleh diri kamu sendiri tanpa orang lain yang melihat.

Sekarang pilihlah pengaturan privasi yang sesuai dengan tujuan dan audiens siaran langsung di Facebook Lite.

5. Tulis deskripsi tentang siaran langsung

Langkah kelima yaitu menulis deskripsi tentang siaran langsung yang akan kamu lakukan. Deskripsi akan muncul sebagai judul utama postingan dari siaran langsung di halaman utama, selain itu orang-orang pun akan dengan mudah melihat judul tersebut. Adapun fungsi dari deskripsi adalah dapat membantu orang-orang untuk mengetahui topik, tujuan, atau konten siaran langsung yang kamu lakukan. Deskripsi ini juga dapat meningkatkan kemungkinan orang-orang untuk menonton siaran langsung jika mereka tertarik dengan topiknya.

Untuk memilih deskripsi, langsung saja pilih kotak putih yang berada di sebelah atas layar kemudian ketikkan teks yang ingin kamu tulis sebagai deskripsi. Selain itu kamu juga bisa menambahkan emoji, stiker, tag teman, atau lokasi jika ingin membuat deskripsi menjadi lebih menarik atau lebih informatif.

6. Mulai siaran langsung

Step cara siaran langsung di Faceook Lite selanjutnya, kamu bisa memulai siaran langsung adalah dengan menekan tombol “Mulai Siaran Langsung” yang berada di sebelah bawah layar. Tombol tersebut berwarna biru dengan tulisan berwarna putih.

Setelah menekannya, akan ada hitungan mundur selama tiga detik sebelum dimulainya siaran langsung. Pada saat siarang langsung berlangsung, kamu dapat melihat jumlah dari orang-orang yang menonton video siarang langsung kamu. Kamu pun dapat bereaksi atau berkomentar di layar pada saat sedang siarang langsung.

Jika kamu ingin mengakhiri siaran langsung, segera tekan tombol “Selesai” yang berada di sebelah kanan atas di layar Hp kamu. Setelah itu, kamu dapat memilih apakah ingin menyimpan siaran langsung sebagai video di halaman kamu atau ingin menghapusnya saja.

Batasan Waktu Siaran Langsung di Facebook Lite

Berikut batasan waktu siarang langsung di Facebook Lite yang perlu kamu ketahui:

  • Komputer memiliki batasan waktu siarang langsung hingga 8 jam.
  • Perangkat lunak/API Streaming Eksternal memiliki batasan waktu siarang langsung 8 jam.
  • Perangkat seluler memiliki batasan waktu siaran langsung 8 jam.
  • Siaran langsung di Facebook Gaming memiliki batasan waktu siaran langsung 12 jam.

Tujuan dari batasan waktu siaran langsung tentu saja Facebook ingin memastikan kualitas video dan pengalaman kamu ketika sedang melakukan siaran langsung. Semoga cara siaran langsung di Facebook Lite yang sudah kita bahas di atas bermanfaat!

Related posts