4+ Cara Mengatasi Bootloop di HP Android 🤸dengan Benar

Cara Mengatasi Bootloop
Cara Mengatasi Bootloop

WIGATOS | Bootloop merupakan suatu kondisi yang biasa terjadi pada smartphone android. Kamu perlu cara mengatasi bootloop agar perangkat bisa bekerja seperti semula kembali. Karena jika dibiarkan, tidak menutup kemungkinan HP akan mati total.  

Karena kondisi krusial tersebut, berikut akan diterangkan apa saja cara yang dapat dicoba untuk mengatasi bootloop. Selain itu, Kamu perlu tahu penyebabnya supaya permasalahan serupa tidak muncul kembali. Langsung saja simak penjelasannya di bawah ini. 

Read More

Apa Itu Bootloop

Tapi sebelum membahas lebih jauh tentang cara mengatasi bootloop, pahami dulu definisi dari permasalahan ini. Jadi, bootloop adalah suatu kondisi di mana perangkat mengalami kegagalan untuk masuk ke dalam sistem. Akhirnya, yang tampil hanyalah logo android secara berulang-ulang. 

HP yang mengalami proses rebooting mungkin masih wajar. Misalkan tiba-tiba mati dan nyala kembali ketika perangkat kelebihan muatan atau melakukan aktivitas berat. Tapi permasalahan bootloop mulai muncul apabila HP restart secara terus-menerus. 

Dalam kondisi tersebut, Kamu tidak dapat menggunakan perangkat sama sekali. Karena yang terjadi adalah HP tidak bisa menyala. Melainkan hanya menampilkan logo saja dan tidak sampai membuka sistem. 

Permasalahan bootloop sendiri ada dua macam. Pertama yaitu light bootloop (ringan), yang mana HP tiba-tiba alami permasalahan tersebut secara tiba-tiba tanpa bisa diprediksi. Kemudian ada hard bootloop. Dalam kondisi ini, HP sudah tidak dapat lagi dioperasikan seperti semula karena proses rebooting yang terjadi terus-menerus. 

Penyebab Bootloop

Hal penting untuk dibahas selanjutnya adalah penyebab HP gagal masuk ke salam sistem dan hanya sampai tampilan logo saja. Ada banyak hal yang memicu perangkat mengalami bootloop. Mungkin ini bisa Kamu jadikan bahan pertimbangan agar tidak menemukan permasalahan serupa. Di bawah ini beberapa penyebab bootloop:

1. Salah Mengatur Permission

Kamu harus tahu bahwa operasi perangkat itu sangat bergantung pada permission sistem yang benar. Apabila Kamu melakukan kesalahan pada saat mengaturnya dalam file sistem, sangat mungkin memicu terjadinya bootloop. Untuk itulah, disarankan selalu mengecek dan memastikannya sudah benar. 

2. Flashing Custom ROM

Pernahkah Kamu melakukan custom ROM? Jadi aktivitas tersebut adalah memodifikasi dan mengubah ROM atau firmware berbasis sistem operasi android. Biasanya dilakukan untuk meningkatkan performanya agar lebih baik dari ROM bawaan. 

Tapi ternyata, melakukan custom ROM bisa mengakibatkan bootloop pada HP. Memang fitur canggih yang diberikan sangat bermanfaat. Namun akan jadi masalah apabila Kamu menggunakan paket custom ROM yang rusak. 

3. Menggunakan Aplikasi MOD

Berhati-hatilah bagi pengguna android yang senang memakai aplikasi MOD. Kalau melihat segi fiturnya, aplikasi tersebut memang lebih diunggulkan. Kamu dapat akses fitur premium tanpa bayar dengan aplikasi MOD. 

Tapi aplikasi tersebut ilegal dan tidak direkomendasikan. Selain itu juga bisa menimbulkan bootloop. Penyebabnya karena menginstal aplikasi MOD yang tidak kompatibel dengan perangkat atau MOD tidak tersusun secara baik. 

4. Overlock

Penyebab bootloop yang lain adalah overlock. Jadi, overlock merupakan salah satu cara mempercepat performa HP dengan meningkatkan kapasitas prosesor. Misalkan overlock dari 1 GHz menjadi 2 GHz. Sebaiknya overlock dilakukan secara bertahap agar lebih aman. 

5. Restore HP

Biasanya, ketika mengaktifkan HP pertama kali ingin melakukan restore supaya tidak kehilangan data penting. Namun hal tersebut mungkin jadi salah satu pemicu bootloop. Penyebabnya karena ada dalvik cache yang lama dan belum terhapus secara sempurna. 

6. Mengubah Isi Script dalam Folder Sistem

Pemicu bootloop pada HP android yang lain adalah mengubah isi script yang terdapat dalam folder sistem. Biasanya ini dilakukan oleh para gamers dengan tujuan agar selalu memenangkan permainan. Padahal kalau tidak tepat, akan membuat HP mati sendiri dan tidak bisa menyala sempurna. 

Cara Mengatasi Bootloop

Cara Mengatasi Bootloop
Cara Mengatasi Bootloop

Sebelumnya sudah diterangkan mengenai bootloop dan penyebabnya. Tujuannya agar Kamu tidak mengalami hal tersebut dan lebih berhati-hati. Tapi bagaimana jika HP terlanjur bootloop? Jika sudah terjadi, jangan panik dan coba atasi dengan beberapa cara di bawah ini:

1. Melakukan Soft Reset

Cara mengatasi bootloop yang pertama yaitu dengan melakukan soft reset. Cara ini biasanya disebut juga dengan restart. Seperti yang diketahui bahwa restart dapat menyelesaikan berbagai permasalahan sistem. 

Jika masih tergolong bootloop ringan, soft reset mungkin jadi solusi yang tepat. Kamu dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Karena HP dalam tampilan logo saja, tekan tombol power beberapa saat. 
  • Nantinya HP akan mati, jadi biarkan menyala sendiri. 
  • Kalau perangkat milikmu tidak menggunakan baterai tanam, buat coba cara manual. Caranya yaitu dengan mematikan HP dan melepas baterainya. 
  • Biarkan selama kurang lebih lima menit. 
  • Kemudian nyalakan kembali dan cek apakah bug pada proses startup bisa diatasi. 

2. Melepas SD Card

Selain yang sudah dijelaskan, ada cara mengatasi bootloop lainnya. Terkadang permasalahan ini diakibatkan oleh adanya file rusak atau tidak diinginkan oleh ponsel. Jika itu yang menjadi pemicunya, cobalah untuk melepaskan kartu SD, lalu cek secara persis. 

Kalau sudah dilepas, kemudian nyalakan HP kembali. Kalau perangkat dalam keadaan tanpa SD card bisa menyala, berarti memang itulah sumber permasalahannya. Satu-satunya solusi yaitu mengganti dengan yang baru atau memformat kartu tersebut. 

3. Mengaktifkan Safe Mode

Memang ada berbagai cara mengatasi bootloop pada HP android. Salah satunya adalah masuk ke Safe Mode. Jadi, mode aman digunakan untuk mendeteksi segala permasalahan yang ada di perangkat. Misalkan ketidakcocokan konfigurasi yang mengakibatkan bootloop. Safe Mode dapat diaktifkan dengan cara berikut ini:

  • Matikan ponsel dan nyalakan ulang. 
  • Saat muncul logo awal, tekan tombol volume down beberapa saat. 
  • Sekarang Kamu berhasil masuk ke Safe Mode.
  • Pada mode ini hanya ada aplikasi inti yang ditampilkan. Sedangkan aplikasi pihak ketiga dinonaktifkan. 
  • Jika di mode tersebut tidak bootloop, berarti ada aplikasi yang bermasalah. Selanjutnya uninstall saja aplikasinya. 

4. Melakukan Wipe Cache Partition

Cara mengatasi bootloop keempat adalah wipe cache partition. Kamu dapat melakukannya dengan masuk ke Recovery Mode karena tidak bisa masuk ke sistem. Langkah tersebut dapat dilakukan seperti rincian berikut:

  • Masuk dulu ke Recovery Mode sesuai merek HP. Untuk Samsung, caranya dengan menekan tombol home, power, dan volume up bersamaan. 
  • Pada menu yang ditampilkan di halaman pemulihan, pilih Wipe Cache. 
  • Konfirmasi prosesnya dengan memilih Yes

5. Melakukan Factory Reset

Jika semua cara sudah dicoba tapi masih tidak berhasil, maka factory reset adalah pilihan terakhir. Ingatlah bahwa cara ini akan menghapus semua data yang ada dalam HP. Biasanya factory reset dilakukan lewat Pengaturan. Tapi karena tidak bisa masuk ke sistem, lakukan seperti cara berikut:

  • Masuk ke Recovery Mode. 
  • Lalu pilih Wipe Data atau Factory Reset. 
  • Konfirmasi dengan tekan Yes
  • Pilih Delete All User Data. 

Itulah beberapa cara mengatasi bootloop yang terjadi pada HP android. Permasalahan tersebut timbul karena berbagai sebab. Dari mulai yang ringan hingga bootloop parah, harus segera Kamu atasi agar bisa menggunakan perangkat seperti semula. 

Related posts