Cara Membuat Room di Google Meet

Bagaimana cara membuat room di Google Meet? Perusahaan raksasa yang merajai dunia internet, Google selalu menempatkan layanannya di urutan pertama. Google bahkan terus menambah produk layanannya untuk bisa digunakan para pengguna dalam berbagai kebutuhan. Salah satunya ada Google Meet.

Dengan Google Meet, baik urusan pekerjaan maupun pendidikan bisa dilakukan secara daring. Sehingga pekerjaan atau tugas-tugas sekolah tidak terbengkalai, ketika tidak memungkinkan proses tatap muka berlangsung.

Read More

Tentang Google Meet

Google Meet adalah platform Google yang biasanya digunakan untuk layanan komunikasi berbasis video konferensi. Sebenarnya platform ini adalah kesatuan dua produk layanan Google, yaitu Google Chat dan Google Hangouts yang telah dihentikan Google.

Tentu saja Google Meet merupakan versi yang lebih baik. Pengguna dapat menggunakan Google Meet untuk konferensi berupa virtual video. Para pesertanya bisa sampai 30 orang atau lebih jika kalian memakai layanan berbayar.

Saat ini, ada banyak aplikasi meeting selain Google Meet, diantaranya ada Skype, Zoom dan masih banyak lagi. Tentu saja, semua aplikasi ini menawarkan plus minus masing-masing pada penggunaannya.

Penggunaan Google Meet tidak hanya dimanfaatkan dalam dunia pendidikan saja, melainkan juga untuk berbagai aktivitas lainnya.

Diantaranya untuk keperluanĀ workshop, virtal, seminar dan pelatihan online. Bahkan aplikasi ini juga sering dipakai orang untukĀ meeting dengan keluarga atau teman-teman. Sehingga penggunaannya lebih fleksibel dan fungsional.

Fitur-fitur yang Ditawarkan Google Meet

Ada banyak fitur yang disematkan pada Google Meet, hal ini tidak lain untuk memaksimalkan pemakaiannya. Belum lagi, Google Meet menawarkan layanan gratis dengan durasi waktu meeting cukup lama. Berikut ini beberapa fitur Google Meet :

1. Fitur Untuk Angkat Tangan

Kalian dapat menggunakan fitur ini untuk berinteraksi bersama audiens dan pembicara ketika melakukan konferensi video. Karenanya prosesĀ virtual meeting ini seakan dilakukukan di kelas sungguhan. Bahkan, untuk proses pembelajaran daring membuat interaksi antara guru dan siswa tetap terjalin dengan baik.

2. Ruang Penyekatan

Aplikasi Google Meet dapat melakukan penyekatan untuk satu konferensi. Dengan demikian para peserta dapat terbagi ke beberapa kelompok. Karenanya dapat mempermudah proses diskusi antar tim.

Ini sangat cocok digunakan saat pembelajaran daring. Contohya dapat melakukan proses pembelajaran di kelas, kemudian ada sesi untuk diskusi kelompok.

3. Tanya Jawab

Dalam Google Meet juga memungkinkan pembicara dan audiens saling tanya jawab. Biasanya tanya jawab di platform ini hadir untuk saluran khusus. Jadi, apabila hendak melakukan tanya jawab maka tidak mengganggu jalannya percakapan yang tengah berlangsung.

4. Fitur Present

Present adalah fitur yang dapat kalian pakai untuk mempresentasikan sesuatu. Jika kalian mahasiswa, maka kalian dapat mempresentasikan hasil dari penelitian kepada dosen dan teman-teman. Opsi yang satu ini berbentuk ikon layar yang bertanda panah.

Kalian bisa menemukannya di samping kiriĀ tiga titik. Sesudah menekan fitur tersebut, maka semua jendela di layar PC akan dapat terlihat. Biasanya tergantung kalian mau pilih mana jendela yang nantinya ingin dipresentasikan.

5. Pemakaian Background

Fitur yang tidak kalah penting adalah pemakaian background di Google Meet. Kalian hanya perlu menekan ikon titik tiga dan tekanĀ change background. Jika sudah, kalian akan melihat opsiĀ background.Ā Cukup pilih background. Kalian hanya perlu memilih mana background yang ingin dipakai. Fitur ini biasanya dipakai ketika siswa mengaktifkan video di Google Meet.

Sebenarnya masih banyak fitur-fitur lainnya yang bisa kalian nikmati di Google Meet. Salah satunya adalah dapat membuat Room di Google Meet. Dengan cara membuat room di Google Meet, memungkinkan kalian bisa memulai kelas dan melakukan pembelajaran secara daring.

Cara Membuat Room di Google Meet

Cara Membuat Room di Google Meet
Tutorial Membuat Room di Google Meet

Membuat Room di Google Meet Sesuai Perangkat yang Dipakai

Metode 1 : Membuat Room Memakai PC di Google Meet

Istilah room bisa diasumsikan mengadakan rapat video yang diikuti banyak orang. Cara pembuatan room dengan menggunakan perangkat PC/laptop bisa dilihat di bawah ini :

  • Sambungkan perangkat laptop atau PC kalian terkoneksi internet, lalu kunjungi web resmi dari Google Meet diĀ https://Meet.Google.com memakai browser yang kalian pakai.
  • Jika sudah tekan login atau sign in di samping kanan atas.
  • Setelah masuk pada halaman utama, lanjutkan dengan klik ā€˜Rapat Baruā€™.Ā Sebenarnya, ada 2 opsi yang dapat kalian pilih, Rapat Baru jika kalian ingin membuat rapat atau menjadwalkan rapat, dan ada masukkan Link atau Kode untuk masuk ke rapat yang telah dibuat orang.

 

  • Jika ingin membuat rapat di Google Meet, kalian dapat memilih Buat Rapat Untuk Nanti, Jadwalkan di Google Calender atauĀ Mulai Rapat Instan.

  • Jika sudah, klik opsiĀ Mulai Rapat Instan, selanjutnya akan terlihat tampilan seperti di bawah ini :

  • Selanjutnya kalian hanya perlu salin link saja lalu bagikan ke siswa atau rekan yang akan diundang ke rapat. Selain itu, kalian juga dapat menambahkan orang.
  • Dengan otomatis, web Google Meet tersebut langsung meminta izin atau akses memakai microfon dan kamera via PC atau laptop yang kalian pakai.
  • Jika sudah, tunggu audiens yang diundang memasuki room Google Meet yang sudah dibuat.
  • Selamat, kini kalian telah sukses membuat room lewat Google Meet!

Metode 2 : Membuat Room di Google Meet via Hp

Berbeda dari cara membuat room di Google Meet via PC, membuat room via hp memungkinkan kalian harus mendownload Google Meet terlebih dahulu di App Store atau Playstore. Ikuti panduannya :

  • Download kemudian install Google Meet via App Store atau Play Store.

  • SelanjutnyaĀ login memakai akun Google.
  • Jika sudahĀ login, kalian sudah dapat melakukan percakapan secara kelompok, entah itu memakai grup chat atau video converence.
  • Caranya tekan tombolĀ (+) di samping kanan bawah lalu tekanĀ New Video Call.
  • Setelah itu, kalian diminta menambahkan partisipan. Caranya menginputkan nomor hp maupun akun email anggota yang akan kalian undang pada room chat di platform Google Meet.
  • Jika sudah, kalian bisa memberitahukan ke seluruh pengguna yang diundang supaya mereka bisa langsung masuk ke converence yang telah kalian buat.

Tutorial Membuat Rapat Video Dari Gmail

Tidak hanya lewat website resmi Google Meet, kalian juga bisa coba cara membuat room di Google Meet lewat gmail.

  • Setelah mengaktifkan Meet di Gmail, silakan buka akun Gmail kalian.
  • Di bilah kiri pada Gmail kalian, akan ditemukan opsiĀ Meet.

  • Jika sudah, ketuk Mulai Rapat.
  • Silahkan atur audio dan webcam kalian.
  • Lalu tekan Gabung Sekarang.
  • Silahkan salin, lalu bagikan kode untuk room meeting via Google Meet kalian.

Google Meet memang menawarkan banyak pilihan fitur menarik dengan cara membuat room di Google Meet juga sangat mudah. Beberapa keunggulan memakai Google Meet diantaranya bisa dipakai hingga 40 menit lebih, kini dapat menampung sampai 100 orang dan mudah digunakan tentunya. Sehingga kalian bisa mengandalkan Google Meet untuk rapat maupun belajar online.

 

Related posts