5 Tahapan Cara Membuat ATM BCA Online dengan Praktis

Cara Membuat ATM BCA Online
Cara Membuat ATM BCA Online

Cara membuat ATM BCA online kini sudah menjadi alternatif paling praktis jika kamu belum punya rekening BCA. Tak perlu lagi pergi ke kantor cabang ataupun mengantre lama. Kamu bisa membuat ATM BCA dimanapun secara online untuk memiliki rekening bank BCA.

Adanya layanan BCA mobile tentu saja memberikan kemudahan dalam bertransaksi lewat m-Banking BCA atau KlikBCA. Bahkan kamu bisa membuat rekening bank BCA secara online tanpa harus keluar rumah.

Read More

Untuk memiliki ATM BCA, maka nasabah harus memiliki rekening tabungan BCA terlebih dahulu. Jika mau membuatnya, kamu harus tahu jika ada beberapa jenis rekening tabungan BCA yang dapat kamu pilih sesuai dengan kebutuhan.

Beberapa jenis tabungan BCA yang dapat dipilih, antara lain seperti Tahapan, Tahapan Xpresi, Tapres, BCA Dollar, dan jenis rekening tabungan lainnya.

Setiap jenis rekening tabungan BCA memiliki syarat dan ketentuan yang berbeda-beda mulai dari setoran awal, saldo minimum, biaya administrasi, bunga, limit transaksi, dan ketentuan lain.

Salah satu cara membuat rekening tabungan BCA yaitu dengan datang langsung ke kantor cabang BCA terdekat. Tentunya sembari membawa kartu identitas asli baik KTP atau SIM dan kartu NPWP (Nomor Pokok Wajib Pajak).

Nasabah harus mengisi formulir permohonan pembukaan rekening dan menyetorkan uang setoran awal yang bervariasi sesuai ketentuan. Nasabah harus membayar biaya materai, buku tabungan, dan kartu ATM.

Setelah proses pembukaan rekening selesai, maka nasabah akan mendapatkan buku tabungan dan kartu ATM BCA.

Namun, ada cara yang lain untuk membuat rekening tabungan BCA tanpa harus datang ke kantor cabang yaitu dengan membuka rekening secara online melalui website atau aplikasi BCA.

Cara ini lebih praktis dan cepat karena dapat dilakukan dari mana saja dan kapan saja. Sama halnya dengan kemudahan cara aktifkan SMS Banking BCA, kamu juga bisa mencoba membuat ATM bank BCA online.

Cara Membuat ATM BCA Online

Cara Membuat ATM BCA Online
Cara Membuat ATM BCA Online

Ada beberapa langkah cara membuat ATM BCA online yang dapat kamu lakukan, antara lain :

Langkah 1: Membuka Website atau Aplikasi BCA

Berikut penjelasan membuka website BCA:

  • Buka browser terlebih dahulu pada perangkat yang kamu gunakan. Untuk browser bisa menggunakan apa saja yang tersedia asal terdapat jaringan internet yang stabil.
  • Selanjutnya buka situs BCA di alamat : bca.co.id
  • Masuk pada halaman khusus pembukaan rekening BCA kemudian ikuti Langkah selanjutnya.

Berikut penjelasan menggunakan aplikasi BCA:

  • Buka terlebih dahulu toko aplikasi Google Play Store atau App Store sesuai perangkat HP yang digunakan.
  • Selanjutnya pada kolom pencarian ketik BCA Mobile.
  • Kemudian buka aplikasinya dan masuk pda menu BCA Internet Banking yang berada di pojok kanan atas layar.
  • Setelah itu klik Aktivasi yang berada dibawah menu.

Langkah 2: Mengisi Data Diri

Langkah kedua untuk membuat rekening tabungan BCA secara online yaitu mengisi data diri yang diperlukan. Data diri yang harus diisi diantaranya:

  • Nomor HP aktif
  • Nomor NPWP
  • Nama lengkap sesuai kartu identitas yaitu KTP/SIM
  • Alamat email yang valid
  • Tempat dan tanggal lahir sesuai KTP/SIM
  • Jenis kelamin
  • Pekerjaan
  • Nomor KTP/SIM
  • Sumber pendapatan
  • Tujuan pembukaan rekening

Setelah mengisi data diri silakan klik tombol Lanjut agar bisa melakukan proses aktivasi internet banking.

Langkah 3: Memilih Jenis Rekening Tabungan

Cara membuat ATM BCA online berikutnya yaitu memilih jenis rekening tabungan yang kamu butuhkan. Ada beberapa pilihan jenis rekening tabungan yang dapat kamu sesuai dengan kebutuhan dan preferensi nasabah, seperti:

  • Tahapan: Rekening tabungan untuk nasabah yang memiliki aktivitas transaksi perbankan tinggi, seperti penerimaan gaji, transfer, pembayaran, dan lain sebagainya. Rekening ini menggunakan fitur Paspor BCA dakam bentuk kartu debit multifungsi yang dapat kamu untuk keperluan aktivitas perbankan.
  • Tahapan Xpresi: Rekening tabungan yang diperuntukkan untuk generasi muda yang ingin memiliki gaya hidup zaman now. Rekening ini tidak dilengkapi buku tabungan dan hanya menggunakan kartu ATM saja. Rekening ini bisa mengakses transaksi online seperti m-BCA dan KlikBCA.
  • Tapres: Rekening tabungan untuk nasabah yang ingin menabung dengan bunga tinggi dan biaya administrasi yang rendah. Rekening ini menggunakan fitur Paspor BCA dalam bentuk kartu debit multifungsi yang dapat kamu gunakan untuk berbagai macam aktivitas perbankan.
  • BCA Dollar: Rekening tabungan untuk nasabah yang ingin menabung dalam mata uang asing, yaitu dolar Amerika Serikat (USD).

Setelah memilih jens rekening yang kamu inginkan, klik tombol Lanjut.

Langkah 4: Menyetorkan Setoran Awal

Selanjutnya kamu harus menyetorkan uang setoran awal sesuai jenis rekening tabungan yang dipilih. Setoran awal dapat dilakukan dengan beberapa cara, diantaranya:

  • Transfer dari rekening bank lain: Nasabah dapat mentransfer uang setoran awal dari rekening bank lain yang dimilikinya ke rekening virtual BCA yang diberikan oleh sistem. Nasabah harus memasukkan nomor rekening virtual BCA untuk tujuan transfer dan jumlah uang setoran awal yang sudah ditentukan.
  • Setor tunai di mesin ATM BCA: Nasabah dapat menyetor uang setoran awal secara tunai di mesin ATM BCA yang memiliki fitur setor tunai. Nasabah wajib memasukkan nomor HP yang didaftarkan sebagai nomor rekening virtual BCA dan jumlah uang setoran awal sebagai nominal setoran.
  • Setor tunai di kantor cabang BCA: Nasabah dapat menyetor uang setoran awal secara tunai di kantor cabang BCA terdekat dengan membawa bukti pendaftaran online yang dikirimkan ke email nasabah.

Setelah melakukan penyetoran awal, klik tombol Lanjut.

Langkah 5: Mendapatkan Buku Tabungan dan Kartu ATM

Cara membuat ATM BCA online terakhir yaitu kamu akan mendapatkan buku tabungan dan kartu ATM BCA. Ada dua cara untuk mendapatkan buku tabungan dan kartu ATM BCA, diantaranya:

  • Mengambil sendiri di kantor cabang BCA: Nasabah dapat mengambil sendiri buku tabungan dan kartu ATM BCA di kantor cabang terdekat. Caranya yaitu membawa kartu identitas asli (KTP/SIM) dan nomor HP yang didaftarkan sebelumnya. Nasabah harus memberitahu teller BCA bahwa ia telah melakukan pembukaan rekening secara online dan ingin mengambil buku tabungan dan kartu ATM BCA.
  • Dikirim ke alamat nasabah: Nasabah dapat meminta buku tabungan dan kartu ATM BCA yang dikirim ke alamat nasabah. Adapun caranya yaitu dengan membayar biaya pengiriman Rp. 25.000. Jangan lupa, masukkan alamat lengkap dan nomor telepon yang dapat dihubungi saat melakukan pembukaan rekening secara online.

Setelah mendapatkan buku tabungan dan kartu ATM, selanjutnya nasabah dapat mengaktifkan kartu ATM BCA dan ganti PIN awal yang telah diberikan di mesin ATM BCA.

Itulah cara membuat ATM BCA secara online yang dapat kamu lakukan yang tentunya lebih praktis dan cepat. Hal ini karena kamu bisa melakukan dari mana saja tanpa harus antre.

Berapa Biaya Buka ATM BCA Online?

Dalam cara membuat ATM BCA online kamu biasanya akan diminta melakukan deposit terlebih dahulu.  Untuk jenis rekening tahapan BCA, biasanya setoran awal yang dikenakan saat membuka rekening yaitu senilai Rp500 ribu, dengan setoran berikutnya Rp50 ribu. Sementara untuk rekening Tahapan Xpresi, biasaya setorannya sekitar Rp50 ribu dan setoran berikutnya yaitu sebesar Rp50 ribu.

 

Related posts