Cara Mulai Berjualan Di Shopee

Cara Mulai Berjualan Di Shopee
Cara Mulai Berjualan Di Shopee

Cara mulai berjualan di Shopee memang masih belum banyak diketahui oleh penggunanya sebab banyak yang menganggap melakukannya sangatlah susah dan ribet. Padahal, untuk memulai berjualan di aplikasi Shopee ini sangatlah mudah untuk dilakukan asalkan kamu benar-benar mengikuti semua panduan yang ada.

Jika kamu ingin tahu bagaimana panduan yang paling benar dan ampuh bikin sukses jualan di Shopee, maka kamu bisa menyimak penjelasan pada artikel kali ini

Mengenal Aplikasi Shopee

Sebelum kamu memutuskan untuk mulai berjualan di platform warna orange ini, alangkah baiknya jika kamu mengetahui terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan Shopee. Jadi, Shopee ini merupakan sebuah platform yang disesuaikan untuk tidak wilayah serta menyediakan layanan jual beli online yang mudah, aman, serta cepat bagi pelanggan karena memang didukung dengan pembayaran dan logistik yang kuat.

Sejak didirikan pada tahun 2015 silam, Shopee diluncurkan untuk tujuh wilayah yang berbeda yaitu Singapura, Indonesia, Malaysia, Thailand, Taiwan, Vietnam, dan Filipina. Sehingga membuat Shopee menjadi platform belanja online terdepan di Asia Tenggara. Bahkan di tahun 2019 silam, aplikasi ini sudah ke capai lebih dadi 80 kita penjualan produk dalam satu hari. Jadi, kamu jangan khawatir atau ragu untuk melakukan transaksi jual beli online di platform ini.

Mengapa Kamu Harus Berjualan Di Shopee

Setelah kamu mengenal sedikit tentang apa yang dimaksud dengan Shopee, maka tentu kamu membutuhkan sedikit bocoran terkait apa alasan yang mendasari dirimu untuk berjualan di aplikasi ini bukan? Tentu faktor pertamanya adalah ada banyak sekali pengguna aktif platform ini sehingga membuat peluang pembelian produkmu menjadi lebih besar. Selain itu, aplikasi Shopee juga memberikan kemudahan akses baik bagi penjual ataupun pembeli sehingga jangkauannya mencakup semua kalangan, daerah, dan kebutuhan. Bahkan cara menjual di aplikasi ini juga tergolong lebih efektif.

Shopee juga menawarkan berbagai promo seperti gratis ongkir, cashback, hingga diskon berbelanja yang tentunya menjadi salah atau data pikat para pembeli. Dengan peningkatan gak tersebut, tentu akan menghasilkan banyak keuntungan dari kegiatan jual beli yang kamu lakukan. Ada juga yang namanya Shopee games yang mengerikan hadiah berupa koin ataupun voucher toko yang cukup digemari oleh penggunanya. Sistem koin ini bisa kamu gunakan untuk berbelanja kembali dan menjadi salah atau alasan para pengguna bertahan lama di aplikasi Shopee.

Cara Mulai Berjualan Di Shopee

Cara Mulai Berjualan Di Shopee
Cara Mulai Berjualan Di Shopee

Setelah mengetahui beberapa hal penting di atas, kini saatnya kamu mengetahui bagaimana cara mulai berjualan di Shopee jika memang kamu ingin melakukan transaksi penjualan produk di aplikasi orange ini. Untuk hal ini, kamu tidak perlu mengkhawatirkannya sebab berjualan di Shopee sangatlah mudah dilakukan oleh siapapun, meskipun kamu belum mempunyai pengalaman jualan sama sekali. Oleh karena itu, silahkan kamu mengikuti semua panduan di bawah ini dengan baik dan benar sehingga kamu mendapatkan banyak keuntungan dari penjualan produk yang kamu lakukan.

  1. Buat Akun Shopee

Langkah pertama yang harus kamu lakukan untuk bisa memulai penjualan di aplikasi Shopee adalah kamu harus membuat akun Shopee terlebih dahulu. Untuk pembuatan akun Shopee ini, sebenarnya tidak perlu dilakukan jika memang kamu sudah mempunyai akun Shopee sebelumnya. Meskipun demikian, masih banyak sebagian pengguna yang memilih membuat akun baru untuk berjualan agarbnama toko sesuai dengan keinginan. Dan jika kamu ingin melakukannya juga, maka silahkan ikuti langkah-langkah pembuatan akun Shopee berikut ini.

  • Pertama,  kamu akses Shopee baik melalui browser ataupun membuka aplikasi Shopee yang sudah kamu unduh secara gratis melalui layanan Google Play Store
  • Setelah kamu mengunduhnya, di halaman utama silahkan klik daftar
  • Lengkapi semua isian formulir pendaftaran yang meliputi nomor telepon, kode captcha, kode verifikasi, dan kata sandi
  • Jika kamu sudah melengkapi semuanya, maka kamu klik daftar
  • Nomor telepon yang sudah kamu masukkan tadi akan sangat berguna untuk verifikasi aku, jadi usahakan kamu menggunakan nomor telepon yang masih aktif
  • Terakhir, tunggulah beberapa saat hingga kamu mendapatkan SMS balasan yang berisi kode verifikasi
  • Masukkan kode tersebut pada kolom yang tersedia
  • Tunggulah beberapa saat hingga proses pembuatan akun Shopee-mu berhasil
  1. Membuka Toko

Setelah kamu berhasil melakukan proses pembuatan akun Shopee untuk berjualan, maka hal selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah membuka toko. Berikut adalah langkah-langkah mudah untuk membuka tokomu.

  • Silahkan buka aplikasi Shopee
  • Setelah itu,  kamu mulai menbuat tokomu dengan menekan jual di halaman saya
  • Kemudian kamu lengkapi semua informasi toko mulai dadi alamat, hingga jasa kirim dengan akses melalui menu pilih asisten penjual, profil toko, nama toko, deskripsi gambar, dan deskripsi
  • Terakhir, kamutekan ikon centang yang ada di bagian pojok kanan atas menu
  1. Unggah Produk Jualan

Setelah toko yang kamu inginkan sudah terbuat, maka langkah selanjutnya adalah kamu mengupload produk melalui seller centte dan aplikasi Shopee. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Pertama, kamu memberikan nama produk beserta pilot kategori produk yang sesuai dengan target pasaranmu
  • Lengkapi juga informasi produk
  • Jangan lupa untuk melengkapi isi spesifikasi produk
  • Lengkapi isi informasi penjualan
  • Lengkapi isi informasi lainnya
  • Pilih dan tekan tampilkan

Jika kamu memilih upload produk melalui call center, makankamu bisa memiliki nama produk yang relevan serta kategori produk yang tepat sehingga mempermudah pengguna lainnya untuk menemukan produkmu di kolom pencarian isi nama produk serta pilih kategori produkmu ini bisa dilakukan di halaman tambah produk baru di seller centre.

Namun jika kamu memilih upload produk melalui aplikasi Shopee, maka kamu bisa memilih menu produk baru di halaman toko saya di aplikasi Shopee. Bagaimana, sangat mudah bukan?

  1. Promosikan Produk

Ketika kita sedang membicarakan tentang soal bisnis tentunya tahapan promosi ini merupakan tahapan yang paling penting dan tidak boleh kamu lupakan. Ya, karena promosi ini merupakan proses kamu harus memperkenalkan produkmu kepada calon pembeli. Ada banyak sekali cara yang bisa kamu gunakan untuk kegiatan promosi produk. Bahkan di aplikasi Shopee ini juga, sudah disediakan fitur yang bisa memudahkan para penjualnya mempromosikan produknya. Berikut adalah langkah-langkahnya.

  • Pertama, s kamu login ke aplikasi Shopeemu
  • Kemudian kamu kunjungi halaman Toko saya
  • Klik promosi saya lalu klik promo toko
  • Tekan buat promo diskon baru
  • Masukkan rincian promo
  • Pilih produk yang ingin kamu promosikan
  • Klik simpan
  1. Lihat Daftar Promo Diskon Atau Ubah Rincian

Langkah terakhir yang bisa kamu lakukan untuk memulai berjualan di Shopee adalah memanfaatkan fitur Shopee ada untuk mengiklankan produkmu di halaman utama Shopee namun untuk penggunaan Shopee ads ini, kamu akan dikenakan tarif tertentu berdasarkan pamer dan ketentuan lainnya. Bahkan efektivitas jalan promosi dapat kamu sesuaikan dengan budget dan kebutuhanmu sebagai penjual.

Kesimpulan

Nah itulah penjelasan singkat mengenai bagaimana cara mulai berjualan di Shopee yang bisa kamu lakukan mudah. Semoga informasi di atas dapat membantu dan menjawab kebingunganmu. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

Related posts