Cara Memotong Video di Laptop

Cara Memotong Video di Laptop

Membuat video memang sangat menarik, apalagi mengeditnya. Bagi video editor tahapan editing video merupakan hal yang cukup menarik dan menantang. Apalagi dengan banyaknya aplikasi, kini kalian bisa terbantu untuk melakukan editing video. Simak cara memotong video di laptop disini!

Video adalah sebuah potongan banyaknya gambar yang dijadikan satu sehingga akan tercipta suatu gerakan yang simultan untuk dinikmati oleh para penonton yang melihat video tersebut.

Istilah video sendiri merujuk pada penggunaan kamera, baik itu kamera hp maupun kamera DLSR, dengan merekam beberapa adegan pada kegiatan tertentu untuk selanjutnya bisa dinikmati oleh pemiliknya ataupun orang lain.

Cara Memotong Video di Laptop

Cara Memotong Video di Laptop
Tutorial Memotong Video di Laptop

Video yang dihasilkan tentunya bisa dilakukan editing mulai dari pencahayaan, warna, menambahkan lagu, bahkan memotong video untuk di simpan bagian atau adegan pentingnya saja. Selain itu, video yang satu dengan video lainnya bisa disatukan dengan menggunakan alat khusus baik secara online maupun memakai aplikasi atau software. Dengan tujuan untuk menyuguhkan tampilan rangkaian video menarik.

Bagi kalian yang sering menonton film, tentunya akan sering menjumpai beberapa adegan demi adegan sehingga menjadi sebuah rangkaian cerita yang menarik. Dan film tersebut merupakan potongan dari beberapa video yang sebelumnya telah di buat dan di edit sedemikian rupa.

Khusus bagi kalian pelaku content creator, pastinya sudah tidak asing lagi bagaimana cara melakukan editing video. Sebab biasanya dalam tools editing video terdapat opsi untuk memotong video. Namun bagi kalian yang baru terjun untuk menggeluti editing video, tentunya akan kesulitan bagaimana cara memotong video. J

Memang, untuk sekedar memotong video bisa dilakukan dengan menggunakan aplikasi khusus yang dicoba memakai hp smartphone. Akan tetapi, rekomendasi yang ingin memotong video agar hasilnya sangat baik, lebih baik gunakan laptop dengan menggunakan sistem operasi Windows. Oleh karena itu, simak cara memotong video di laptop dengan beberapa tools yang bisa kalian gunakan di bawah ini.

Metode 1 : Gunakan Software VLC Media Player

VLC merupakan software khusus untuk memutar video pada laptop, terutama yang berbasis windows. Software ini bisa kalian dapatkan secara gratis maupun full version karena sudah full lisensi tanpa harus membayar sepeserpun. Dengan begitu, kalian akan menikmati semua fitur yang ada di dalamnya termasuk fitur untuk memotong video.

1. Install Software VLC Player via Laptop

Untuk melakukan cara memotong video di laptop memakai software ini, kalian bisa mencoba langkah-langkah berikut :

  • Buka browser pada laptop terlebih dahulu. Kalian bisa menggunakan browser apapun yang tersedia pada laptop masing-masing.
  • Lalu, ketikkan alamatnya yatiu : www.videolan.org/vlc/
  • Setelah itu, pada halaman utama situs tersebut, akan ada tombol download untuk download file VLC nya.
  • Klik tanda panah kecil yang berada di samping tombol VLC lalu tentukan jenis OS yang mana yang kalian gunakan pada laptop.
  • Ketika klik jenis OS yang dipilih, maka akan secara otomatis software tersebut akan terdownload dengan ukuran yang cukup kecil yaitu hanya 40 MB saja.
  • Selanjutnya, silakan untuk instal aplikasinya apabila sudah selesai di download dengan mengikuti petunjuk yang tersedia.

2. Mulai Gunakan VLC

Jika software sudah terpasang pada laptop, selanjutnya buka software VLC tersebut, lalu ikuti tahapan cara memotong video di laptop berikut :

  • Pilih video yang akan di potong dengan masuk pada dikrektori tempat menyimpan video.
  • Atau dengan cara mudahnya bisa dengan menekan tombol CTRL + O pada keyboard. Setelah itu tinggal memilih video yang akan kalian edit. Terakhir tinggal klik open atau enter agar video tersebut bisa muncul pada VLC Media Player.
  • Ketika video tersebut masuk pada VLC, maka akan secara otomatis terputar. Namun di sini yang perlu kalian perhatikan adalah untuk memilih opsi Tampilan yang berada di menu bar bagian atas dan pilih opsi Kontrol Lanjutan.

3. Langkah Memotong Video pada VLC

Pada tahapan ini, yaitu kalian bisa memulai cara memotong video dengan menggunakan software VLC, yaitu :

  • Setelah memastikan bahwa Kontrol Lanjutan telah di aktifkan, maka pada layar akan menemukan 4 tombol tambahan yang berada tepat di bagian atas tombol Play/Pause. Nah, dari ke-4 tombol tersebut, salah satunya kalian bisa menggunakan tools untuk memotong video.
  • Silakan untuk menentukan titik awal dan titik akhir pada video yang akan di ambil dengan cara di potong. Pilih tombol Record pertama untuk titik awal video dan klik kembali tombol record untuk kedua kalinya. Lalu akhiri rekaman pada titik akhir.
  • Setelah selesai, dengan otomatis potongan video tersebut tersimpan pada folder khusus hasil pemotongan menggunkan VLC Media Player yng terdapat pada direktori C.
  • Silakan cek video yang dipotong tersebut untuk melihat hasilnya.

Metode 2 : Menggunakan Windows Movie Maker

Untuk software ini tidak perlu download terlebih dahulu, karena Windows Movie Maker merupakan software bawaan yang terdapat pada Windows. Untuk lebih jelasnya, simak cara memotong video di laptop dengan Windows Movie Maker :

1. Masukan Video yang Akan di Potong

  • Buka terlebih dahulu software Windows Movie Maker. Untuk menemukan aplikasi ini, silakan masuk pada tombol start di bagian kiri laptop yang standbye, lalu ketikan nama softwarenya agar aplikasi tersebut bisa langsung ditemukan.
  • Setelah masuk pada softwarenya, selanjutnya tinggal memasukkan video yang akan di potong dengan cara klik ikon tambah (+) yang terdapat pada jendela tampilan.
  • Terakhir import file dan pilih video yang dimaksudkan.

2. Mulai Memotong Video

  • Setelah video masuk pada software Windows Movie Maker, maka akan terlihat tampilan berupa track video dari detik pertama hingga detik terakhir.
  • Pada track akan ada garis biru yang melintang secara vertikal, klik garis biru tersebut lalu geserlah pada bagian video yang akan di potong tersebut. Jika ingin mengambil adegan di bagian tengah video, cukup geser garis biru tersebut ke bagian tengah saja.
  • Begitupun dengan bagian ujungnya (akhir video) untuk menentukan posisi terakhir video tersebut.
  • Secara bersamaan fitur Split Video akan aktif. Kalian cukup pilih tombol split (ikon berbentuk gunting) untuk memotong video tersebut.
  • Berilah nama video yang sudah dipotong dan tentukan akan dimasukkan pada folder mana pada direktori tertentu agar nantinya ketika masuk pada file explorer tidak akan kesulitan mencari video yang telah di potong tersebut.
  • Klik export untuk menyimpan video dan tunggulah beberapa saat hingga prosesnya selesai.

Memotong Video Secara Online Menggunakan Situs Online Video Cutter

Cara memotong video di laptop terakhir adalah bisa dengan menggunakan situs khusus memotong video, yaitu online video cutter. Ini langkah-langkahnya :

  • Buka browser terlebih dahulu.
  • Lalu ketikan nama situsnya yaitu : www.online-video-cutter.com/id/
  • Pada halaman pertama dari situs ini, klik tombol ‘Buka File’ untuk memasukkan video yang akan di potong.
  • Silakan tentukan bagian mana yang akan di potong dengan menggeser garis biru pada bagian awal (untuk menentukan titik awal potongan video) dan bagian akhir (untuk menentukan bagian akhir video).
  • Setelah selesai, klik tombol Menyimpan.

Kini kalian tidak perlu repot lagi ketika hendak memotong video untuk keperluan apapun, karena bisa mencoba salah satu cara memotong video di laptop di atas!

 

Related posts