Cara Masukin Makanan ke Gofood

Cara Masukin Makanan ke GoFood

Jika Kamu memiliki usaha kafe restoran, warung makanan maupun bisnis kuliner lainnya tentu harus tahu gimana cara masukin makanan ke GoFood. Untuk masukin makanan ke GoFood, sudah tentu Kamu harus mendaftar usaha kulinermu terlebih dahulu di GoFood. GoFood adalah salah satu layanan untuk pesan antar beraneka makanna hingga minuman dengan pemesanan yang sangat praktis. Hal ini tentu saja sangat menguntungkan para pebisnis kuliner.

Kenapa? karena sesudah mendaftar di mitra GoFood, maka Kamu tidak perlu lagi repot-repot untuk mempromosikannya. Cukup jadi salah satu merchant di Gojek saja, maka usahamu bisa mendatangkan pesanan. Lalu, gimana cara masukin makanan di GoFood?

Cara Masukin Makanan di GoFood

Cara Masukin Makanan ke GoFood
Mendaftar Usaha Makanan ke GoFood

Tips Masukin Usaha Makanan di GoFood

Untuk mendaftar usaha makananmu di aplikasi GoFood, tentu saja Kamu harus mengetahui trik-trik penting sekaligus cara masukin makanan di GoFood. Berikut panduannya :

1. Mendaftarkan Nama Makanan Terlaku Untuk Restomu

Trik penting dalam cara masukin makanan di GoFood yang pertama ialah, sebaiknya kamu wajib menamai usaha kulinermu dengan nama makanan terlaku. Trik marketing ini sangat penting terutama bagi kamu yang pemula dan baru terjun di bisnis ini. Jadi pilih nama makanan terlaku dan bukan dinamakan dengan nama restoran.

Contohnya, jika awalnya nama restomu bernama “Warung Nasi Pak Raden”, sedangkan menu di restomu yang paling banyak dibeli alias paling laku ialah “Nasi Goreng Gila”. Jadi kamu bisa mendaftarkan restomu di GoFood dengan nama “Nasi Goreng Gila Pak Raden”. Dengan kata lain, yang terdaftar di GoFood bukan nama usahanya “Warung Nasi Pak Raden”.

Hal ini dikarenakan ketika memesan makanan, biasanya para pengguna aplikasi Gojek akan mencari jenis atau nama kulinernya terlebih dahulu. Baru kemudian mereka memutuskan membeli kuliner tersebut.

2. List Menu Makanan Rekomendasi Pada Urutan Teratas

Tips cara masukin makanan di GoFood berikutnya ialah pada menu rekemondasi sebaiknya masukkan list menu makanan andalan atau paling laku di resto Kamu. Ini tentu saja akan sangat membantu para konsumen atau pelanggan untuk menemukan menu makanan tersebut di list GoFood.

3. Pilih Foto Menu Makanan yang Menarik

Ketika membeli makanan biasanya para pengguna akan langsung melihat tampilan pada makanan itu sendiri. Ini tentu sangat penting untuk memberikan tampilan menu restoran yang menarik pada warung makanan yang Kamu daftarkan di GoFood. Akan tetapi, sebaiknya foto makanan harus sesuai dengan rupa dan bentuk makanan aslinya, supaya pembeli tak merasa tertipu.

Nah, itulah 3 trik cara masukin makanan di GoFood yang perlu Kamu perhatikan sebelum mendaftar menjadi merchant GoFood itu sendiri. Lalu, gimana cara daftar usaha kuliner di GoFood? Simak ulasannya di bawah!

Cara Mendaftarkan Toko Kuliner di GoFood

Di bawah ini ada beberapa panduan cara untuk mendaftar usaha kuliner di GoFood. Jika penasaran, langsung saja simak panduannya berikut!

1. Unduh GoBiz di Google PlayStore

Sementara saat ini, aplikasi GoBiz sendiri baru tersedia di perangkat android. Jadi, bagi pengguna android Kamu bisa mengunduh aplikasi GoBiz terlebih dulu di Google Play Store. Lalu pasang aplikasi tersebut di Hpmu.

2. Tekan Daftar GoFood

Jika Kamu sudah memasang aplikasi GoBiz selanjutnya tekan “Daftar GoFood” lalu tekan lagi “Daftar Sekarang. Setelah itu, pilih opsi “Jenis Pendaftaran”. Nah, jenis pendaftaran tersebut dapat disesuaikan berdasarkan kebutuhanmu. Dalam GoFood, terdapat beberapa jenis pendaftaran yang bisa Kamu coba :

  • Membuka restoran milik pribadi baru, jenis registrasi ini dapat dipilih jika kafe, restoran, warung, atau gerai yang didaftarkan ialah baru serta merupakan milikmu sendiri.
  • Membuka restoran berbentuk perusahaan, jika Kamu mempunyai usaha restoran yang sudah mendapatkan Surat Izin Usaha Perdagangan, maka pilih restoran jenis ini.
  • Kamu bisa membuka beberapa cabang warung makan atau restomu, jika memiliki banyak cabang, silahkan memilih pendaftaran buka beberapa cabang restoran.
  • Kamu juga bisa memilih pendaftaran “Penambahan cabang baru” jika sudah mempunyai restoran di GoFood serta ingin mengembangkan cabang yang baru.
  • Membuat akun GoBiz, jika kamu memiliki restoran yang telah terdaftar di aplikasi GoFood dan kamu ingin mengelolanya. Misalnya ingin merubah harga jual, menambah menu dan lainnya, maka Kamu bisa memilih pendaftaran jenis ini.

3. Tentukan Kota Tempat Restoranmu Berada

Cara masukin makanan ke GoFood berikutnya jika memilih opsi “Buka restoran baru untuk milik pribadi”, silahkan pilih kota tempat restoranmu berada. Jika sudah, tekan opsi “Lanjut”.

4. Mengisi Formulir Pengguna GoFood

Tahapan cara masukin makanan ke GoFood selanjutnya ialah isi nama owner usaha di kolom username atau nama pengguna. Kamu juga bisa menyertakan nomor Hp dan email untuk didaftarkan. Silahkan tekan pilihan “Buat Akun”.

Silahkan tunggu dan Kamu akan dikirimkan kode OTP ke nomor Hp yang sudah didaftarkan sebelumnya. Selanutnya inputkan kode OTP untuk verifikasi dan tekan pilih “Konfirmasi”.

5. Lakukan Pengisian Formulir Data Bisnis GoFood

Lalu isi data bisnis Kamu, lalu inputkan “Nama restoran” dan pilih “Lanjut”. Sesudah itu, Kamu bisa memilih “Informasi restoran”. Dalam informasi restoran, terdapat beberapa data yang dapat Kamu isi, diantaranya alamat lengkap tempat restoran, patokan lokasi restoran serta lokasi restoran di peta. Kamu harus mengisi bagian ini dengan benar. Jika sudah, tekan “Konfirmasi” lalu ketuk “Simpan”.

6.  Pengisian Informasi Data Diri Pemilik

Jika data dan informasi tentang restoran sudah terisi, langkah berikutnya ialah tekan “Identitas Pemilik”. Pada identitas diri pemilik, Kamu harus mengikuti langkah-langkah berikut, seperti nomor Hp, nomor NPWP, foto NPRP, dan foto KTP.

Jika ingin masukin makanan di aplikasi GoFood tapi tidak mempunyai NPWP. Kamu pun tak perlu lagi mencentang opsi “Anda punya NPWP?”. Namun sebaliknya, jika mempunyai NPWP tinggal ketuk tanda centang dan unggah foto NPWP dengan cara tekan tombol upload. Silahkan lakukan pengisian data berdasarkan NPWP. Jika sudah tekan “Save” atau “Simpan”.

7. Pengisian Informasi Data Rekening Restoran

Jika identitas pemilik telah dilengkapi, maka langkah berikutnya ialah dengan mengisi informasi tentang rekening bank restoran. Silahkan pilih jenis bank yang dipakai dengan cara menekan tombol ikon panah di bagian nama bank.

Silahkan lakukan pengisian nama dan nomor dari rekening pemilik, dan tekan opsi “verifikasi”. Jika nama yang memiliki rekening berbeda dari nama pemilik usaha, Kamu tinggal inputkan nama pemilik berdasarkan KTP beserta nama pemegang akun rekening bank pada kolom yang telah tersedia. Tekan centang dan unggah surat kuasa. Lalu tekan “Simpan”.

8. Pengisian Informasi Pajak

Jika informasi mengenia rekening bank sudah terisi, Kamu tinggal isi informasi pajak. Pilihan ini sebenarnya opsional. Jika Kamu ingin melengkapi dengan info pajak, maka Kamu diwajibkan mempunyai dan mengupload NPWP apabila ingin menambahkan info pajak.

9. Persetujuan Syarat dan Ketentuan

Sesudah itu, Kamu akan ditampilkan opsi “Syarat dan ketentuan dari GoFood” jika setuju, ketuk kedua centang yang ada dan tekan “Kirim Data”.

Nah, setelah selesai pendaftaran restoranmu di GoFood, dan sudah diterima sebagai merchant GoFood. Kini kamu tinggal melakukan cara masukin makanan ke GoFood dengan mengakses aplikasi GoFood kembali untuk mengunggah foto makanan.

Related posts