6+ Cara Cek Touchscreen iPhone Baru dan Lama (Yang Benar)🤨

Cara Cek Touchscreen iPhone
Cara Cek Touchscreen iPhone

WIGATOS.com | Cara cek touchscreen iPhone penting sekali jika kamu ingin memeriksa apakah touchscreen iPhone milikmu masih berfungsi dengan baik ataukah tidak. Mengingat layar touchscreen memiliki peranan yang sangat penting, karena itu kamu harus mengeceknya secara berkala.

Selain itu, bagi kamu yang hendak membeli iPhone baru juga penting untuk mengecek touchscreen. Sebab komponen ini termasuk yang paling rentan. Karenana kamu harus periksa dulu, apakah touchscreen iPhone berfungsi dengan baik ataukah tidak.

Sama pentingnya dengan cara mengecek touchscreen Samsung, kamu juga perlu tahu bagaimana cara cek touchscreen iPhone!

Cara Cek Touchscreen iPhone

Cara Cek Touchscreen iPhone
Cara Cek Touchscreen iPhone

Tak perlu bingung jika baru pertama kali melakukan pemeriksaan kondisi fisik iPhone, kamu bisa mencoba cara cek touchscreen iPhone dengan beberapa langkah mudah di bawah ini :

1. Cek Touchscreen iPhone dengan Sentuh Semua Area Layar 👻

Pertama yang bisa kamu coba, yaitu silakan sentuh setiap bagian layar iPhone secara berurutan, baik bagian tengah atau bagian paling luar.

Pastikan setiap sentuhan yang kamu lakukan di amati layarnya dan lihat respon sentuhan yang kamu lakukan tersebut apakah ada sesuatu yang mencurigakan atau tidak.

2. Gunakan Aplikasi dan Teks 👽

Buka beberapa aplikasi yang memerlukan input sentuhan, seperti membuka aplikasi permainan atau membuka aplikasi produktivitas seperti aplikasi perpesanan atau lainnya.

Cobalah ketikkan sebuah teks dengan menggunakan keyboard virtual seperti biasa. Perhatikanlah apakah semua tombol dan area layar merespons dengan benar atau tidak.

3. Multitouch 👹

Buka gambar atau aplikasi yang mendukung multitouch  seperti melakukan zoom-in atau zoom-out pada sebuah gambar. Gunakan beberapa jari untuk memeriksa apakah layar mendeteksi semua gerakan multitouch dengan akurat atau tidak.

4. Uji Sensor 🤡

Beberapa iPhone dilengkapi dengan sensor gerakan atau sidik jari. Gunakanlah sensor tersebut untuk memeriksa apakah perangkat secara akurat mendeteksi gerakan tersebut atau tidak, pun begitu lakukan hal yang sama dengan menggunakan sidik jari kamu.

5. Restart Perangkat 🤖

Coba restart ulang perangkat iPhone kamu. Terkadang, masalah sementara bisa dengan mudah teratasi hanya dengan melakukan restart perangkat.

Cara Lain Mengecek Touchscreen iPhone

Kamu juga bisa mencoba beberapa cara cek touchsreen iPhone lainnya dengan metode di bawah ini :

1. Dial Phone

Melalui kode dial phone, kamu bisa mengecek kualitas layar pada iPhone apakah masih berfungsi baik atau tidak. Silakan coba cara yang satu ini apabila layar iPhone menunjukkan tidak responsive. Begini langkah-langkah cek touchscreen iPhone dengan dial phone :

  • Buka perangkat iPhone dan masuk ke menu panggilan.
  • Silakan tekan pada pada layar, kode berikut : *#*#2664#*#*
  • Selanjutnya tekan panggil, call atau yes. 
  • Setelah itu, secara otomatis kamu akan melihat kondisi dan kualitas touchsreen di iPhone.

2. Touchscreen Test

Kamu juga bisa mencoba cara ini untuk mengecek touchscreen iPhone. Tapi sebelumnya download Touchscreen Test terlebih dahulu di App Store. Lalu ikuti beberapa langkah berikut :

  • Buka Touchscreen Test.
  • Tekan display test dan  pilih opsi Touchscreen Test.
  • Silakan lakukan uji coba touchscreen kemudian tunggu hasilnya.
  • Apabila ada error yang cukup banyak dari hasil test, ini artinya touchscreen iPhone bermasalah.

3. True Tone

Untuk cara cek touchscreen iPhone ini hanya dapat kamu lakukan lewat versi iPhone 8 atau di atasnya. Ini tutorialnya :

  • Masuk menu pengaturan atau Setting.
  • Tekan Display & Brightness.
  • Gulir layar ke bawah temukan True Tone.

Care Mengatasi Masalah Touchscreen

Jika ternyata kamu menemukan masalah dengan touchscreen iPhone. Sebaiknya, segera memperbaikinya atau setidaknya melakukan beberapa hal berikut ini agar bisa segera teratasi, diantaranya :

1. Lakukan Pembaruan Perangkat Lunak

Pastikan perangkat kamu sudah dalam versi perangkat lunak terbaru. Jika belum di update maka pergilah pada menu Settings lalu update pembaruan perangkat lunak.

Dengan melakukan pembaruan perangkat lunak maka akan berpengaruh pada performa HP termasuk optimalisasi touchscreen.

2. Bersihkan Layar

Debu, kotoran, atau minyak dari jari dapat mengganggu kinerja touchscreen sehingga menyebabkan kurang responip.

Langkah yang perlu kamu lakukan adalah dengan cara membersihkan layar menggunakan kain microfiber secara lembut dengan Gerakan yang teratur.

3. Lepas Pelindung Layar

Jika kamu kebetulan menggunakan pelindung layar pada HP iPhone, segera periksa apakah masalah utamanya berada pada pelindung layar yang tidak rata atau rusak. Jika demikian, segera ganti pelindung layar dengan yang lebih baik.

4. Periksa Casing atau Aksesoris

Beberapa casing atau aksesoris mungkin dapat mempengaruhi kinerja touchscreen. Cobalah lepas casing atau aksesoris yang kamu gunakan kemudian periksa apakah masalahnya teratasi dengan hal seperti itu atau tidak.

5. Pulihkan Pengaturan Awal

Jika masalah terus berlanjut, pertimbangkan untuk mengatur ulang perangkat iPhone kamu ke pengaturan pabrik. Pastikan sebelumnya sudah membuat cadangan data penting sebelum melakukannya.

6.Konsultasikan Layanan Teknis

Setelah mencoba semua langkah di atas tapi ternyata masih belum juga berhasil mengatasi masalah touchscreen, berarti ada kemungkinan terdapat masalah lain penyebab touchscreen bermasalah.

Misalnya saja, seperti masalah pada perangkat keras yang memerlukan perbaikan oleh seorang profesional. Silakan untuk menghubungi pusat layanan teknis Apple atau penyedia layanan terpercaya agar segera mengganti hardware bagian touchscreen atau pada layarnya.

Care Merawat Touchscreen iPhone

Untuk menjaga kinerja touchscreen iPhone tetap dalam kondisi baik, pertimbangkan tips berikut ini :

1. Gunakan Tangan Bersih

Sentuhan yang kotor atau berminyai jari tangan kamu dapat mengganggu kinerja touchscreen. Pastikan tangan kamu tetap bersih sebelum menggunakan perangkat.

2. Pakai Pelindung Layar Berkualitas

Jika kamu lebih menyukai menggunakan pelindung layar untuk melindungi layar aslinya, maka pastikan menggunakan pelindung layar yang berkualitas baik. Termasuk care pemasangannya harus sesuai dengan ukuran layarnya.

3. Hindari Sentuhan Berlebihan

Tidak perlu menekan layar terlalu keras. Sentuhan ringan sudah cukup untuk mengakses fungsi perangkat apapun itu.

4. Jaga dari Suhu Ekstrem

Hindarilah penggunaan perangkat dalam suhu yang ekstrem karena dapat mempengaruhi kinerja layar iPhone.

Oleh karena itu, sebaiknya pergunakan dengan bijak terutama jika kondisi lingkungan sedang tidak mendukung untuk mengoperasikan iPhone.

Teknologi Terbaru dalam Touchscreen iPhone

Pada pembahasan selanjutnya hanya sekadar informasi bagi kamu terkait perkembangan teknologi touchscreen dalam iPhone. Walaupun hanya sekadar informasi, namun hal tersebut jangan dianggap sepele mengingat kerusakan bisa terjadi kapan saja dan kamu sudah tahu informasi ini.

Saat ini Apple terus melakukan inovasi dalam teknologi layar sentuh untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kepada penggunanya. Beberapa teknologi terbaru dalam touchscreen iPhone diantaranya :

1. Teknologi Haptic Touch

iPhone terbaru sudah dilengkapi dengan teknologi Haptic Touch yang memungkinkan penggunanya merasakan umpan balik taktile saat menyentuh layar.

Ini akan memberikan pengalaman yang lebih mendalam dan nyata dalam berinteraksi dengan aplikasi dan fitur yang terdapat pada iPhone.

2. Peningkatan Kecepatan dan Responsivitas

Setiap generasi iPhone membawa peningkatan dalam kecepatan dan responsivitas layar sentuhnya. Penyebabnya tentu saja berada pada prosesor yang lebih kuat dan penggunaan perangkat keras yang ditingkatkan.

Dengan demikian, dapat membantu untuk memastikan setiap sentuhan pengguna menjadi semakin cepat dan semakin akurat.

Demikian ulasan tentang cara cek touchscreen iPhone bermasalah ataukah tidak, baik pada iPhone baru atau yang sedang kamu gunakan.

Related posts