Cara Cari Modal Usaha 💸 (Yang Mudah) Untuk Bisnis

Cara Cari Modal Usaha
Cara Cari Modal Usaha

WIGATOS.com | Punya usaha tapi bingung harus memulai darimana mengingat keterbatasan modal? Jika ya, sudah saatnya kamu mencari modal usaha. Ada banyak cara cari modal usaha yang bisa kamu tempuh, terutama bagi yang memiliki modal terbatas.

🛠️Tools:
  • Handphone 📱 
  • Laptop 💻 (Opsional)
  • Koneksi Internet 📶
  • Dokumen Pendukung 📝
  • Kopi ☕️
  • Niat dan Ketekunan 👩‍🎓
🦶Langkah-langkah: Mencari Modal Usaha
Dengan Dana Pribadi

Read More
  1. Evaluasi Dana Pribadimu
  2. Pertimbangkan Risikonya

Dengan Bantuan Pemerintah

  1. Cek dan teliti detail program bantuan
  2. Persiapkan dokumen persyaratannya
  3. Ajukan program bantuan

Dengan Pinjaman Bank

  1. Cek Info Bank Peminjam
  2. Persiapkan Dokumen Persyaratan
  3. Ajukan Pinjaman

Dengan Mencari Investor

  1. Siapkan Pitch
  2. Manfaatkan Jaringan Kontak
  3. Persiapkan Semua Dokumen Pendukung

Dengan Crowdfunding

  1. Pilih dan tentukan Platform Crowdfunding
  2. Buat Kampanye yang Menarik
  3. Promosikan Kampanye

Dengan Sumber Dana Online

  1. Cek dan teliti dulu platform pendanaan online
  2. Ajukan pinjaman online
  3. Cek syarat dan bunganya

Dengan Proposal

  1. Cek dan teliti dulu perusahaan modal ventura
  2. Siapkan proposal persyaratan
  3. Presentasikan Ide
Gimana sudah bisa belum? Ingin lebih jelas dan detail?
Biar lebih paham lagi, bisa lanjutkan membaca artikel dibawah ini yaa…

Modal usaha bisa dibilang sebagai salah satu faktor penting yang harus dimiliki jika mau memulai sebuah usaha. Tanpa adanya modal, maka usahamu tidak bisa berjalan. Inilah yang seringkali menghambat seseorang untuk memulai sebuah usaha.

Menilai Kebutuhan Modal Usaha

Sebelum mencari modal usaha, langkah pertama yang perlu kamu ketahui adalah menilai kebutuhan modal usaha terlebih dahulu. Ini langkah-langkah yang perlu kamu lakukan untuk menilai kebutuhan modal bisnis :

1. Rencana Bisnis

Buat rencana bisnis yang komprehensif buat identifikasi seluruh biaya yang kamu perlukan dalam membangun sebuah bisnis. Nantinya hal ini bisa memprediksikan kebutuhan modal usaha kamu secara keseluruhan.

2. Menghitung Pengeluaran

Hitung semua biaya awal, seperti peralatan, stok barang, biaya sewa, gaji karyawan, pemasaran, dan biaya operasional lainnya. Pisahkan antara biaya tetap dan biaya variable guna mengetahui sejauh mana besarnya pengeluaran yang kamu keluarkan.

Silakan, urutkan biaya penyeluaran yang paling besar sampai pengeluaran biaya yang nominalnya paling kecil. Dengan begitu, kamu bisa mengetahui besarnya biaya yang diperlukan.

3. Mencadangkan Dana Darurat

Selalu sertakan dana cadangan agar kamu bisa menghadapi hal-hal tak terduga yang mungkin timbul di masa mendatang. Apalagi usaha yang kamu jalankan punya tingkat volatilitas cukup tinggi. Karenanya, kurang saja perencanaan bisa menyebabkan kerugian yang tidak terduga.

Cara Cari Modal Usaha

Cara Cari Modal Usaha
Cara Cari Modal Usaha

Gimana, sudah siap mencari modal usaha? Sebetulnya ada beberapa metode yang bisa kamu lakukan jika mau mendapatkan modal usaha. Begini ulasannya :

🐲Metode 1 : Cari Modal Usaha dengan Dana Pribadi

Source: https://www.dbs.com

Cara cari modal usaha pertama yang paling umum yaitu memakai dana pribadi. Namun sebelumnya, ada beberapa langkah yang perlu kamu lakukan untuk memakai dana pribadi ini, antara la

1. Evaluasi Dana Pribadi

Tentukan jumlah uang yang dapat kamu investasikan dari tabungan pribadi atau aset lainnya. Hitung secara cermat karena kamu akan mengambil dana dari uang dan asset pribadi yang kamu miliki.

2. Pertimbangkan Risiko

Pertimbangkan dulu resiko apa saja yang terlibat saat memakai dana pribadi. Selain itu, kamu juga harus memastikan tetap punya dana yang cukup buat memenuhi keperluan sehari-hari.

Bagaimana jika tidak punya dana pribadi yang mencukupi? Solusinya kamu bisa menggunakan cara lain.

🐲Metode 2 : Cari Modal Usaha dengan Pinjaman Bank

Sumber: https://www.okbank.co.id

Kamu bisa mengajukan pinjaman ke bank sebagai solusi buat dapat modal usaha jika memakai dana pribadi tidak    memungkinkan. Asalkan, usaha yang kamu jalankan dipastikan berhasil atau bahkan untuk keperluan mengembangkan bisnis.

Ada beberapa langkah yang harus diperhatikan dalam cara cari modal usaha di bank, berikut ini :

1. Informasi Bank Peminjam

Cari informasi tentang bank-bank yang menawarkan pinjaman untuk usaha kecil dan menengah. Mungkin hampir semua bank memiliki program ini. Namun pastikan kamu harus menyesuaikan kondisimu. Selain itu cari bank terdekat, tujuannya untuk mempermudah jika ada hal-hal darurat yang dibutuhkan.

Jangan lupa, kamu juga wajib memperhitungkan bunga pinjaman!

2. Persiapkan Dokumen

Siapkan dokumen yang diperlukan mulai dari dokumen pribadi, rencana bisnis, laporan keuangan, dan surat-surat legal lainnya. Khusus bagi rencana bisnis, kamu harus menyisipkan Business Model Canvas (BMC) pada proposal bisnis yang dibuat.

Hal tersebut dilakukan supaya pihak bank lebih yakin pada pengajuan pinjaman dana yang kamu butuhkan.

3. Ajukan Pinjaman

Ajukan pinjaman dengan mengikuti prosedur yang ditetapkan oleh bank yang kamu pilih. Ikuti alurnya dengan sebaik-baiknya agar bisa segera diproses untuk pencairan dana.

🐲Metode 3 : Cari Modal Usaha dengan Mencari Investor

Sumber: https://gajigesa.com

Cara cari modal usaha lainnya adalah dengan mencari investor. Sebetulnya cara ini yang paling aman jika sama sekali tidak punya dana pribadi yang bisa kamu jadikan modal usaha. Tapi tentu saja, kamu harus mencari investor yang bersedia menanamkan modal untukmu.

1. Persiapkan Pitch

Siapkan presentasi yang meyakinkan dan menarik untuk meyakinkan calon investor tentang potensi bisnis yang kamu kelola. Selalu gunakan model Business Model Canvas (BMC) yang berjumlah 9 point untuk dijelaskan kepada investor agar semakin tertarik bermitra denganmu.

2. Jaringan Kontak

Gunakan jaringan kontak untuk mencari calon investor yang tertarik dengan bisnis yang kamu kembangkan.

3. Sediakan Dokumen

Persiapkan dokumen investasi seperti perjanjian investasi dan dokumen hukum lainnya jika kedepannya akan mencapai kesepakatan terkait Kerjasama bisnis.

🐲Metode 4 : Cari Modal Usaha dengan Crowdfunding

Source: https://www.kreditpedia.net

Crowdfunding adalah metode mencari modal usaha dengan kontribusi dari banyak orang. Ada beberapa langkah yang bisa kamu terapkan untuk menemukan modal usaha ini :

1. Pilih Platform Crowdfunding

Pilih platform crowdfunding yang sesuai dengan jenis bisnis yang sedang kamu kembangkan.

2. Buat Kampanye Menarik

Buat kampanye yang menarik dengan menjelaskan bisnis kamu, tujuan modal, dan manfaat bagi para pendukung sehingga tercipta saling menguntungkan satu sama lain.

3. Promosikan Kampanye

Gunakan media sosial dan jaringan yang kamu miliki untuk mempromosikan kampanye dan menjangkau lebih banyak pendukung yang potensial.

🐲Metode 5 : Pemerintah dan Program Bantuan

Source: https://ekonomi.bisnis.com

Pemerintah seringkali menyediakan program bantuan untuk usaha kecil dan menengah buat para pengusaha. Namun ada ketentuan dan syarat yang perlu kamu perhatikan sebelum mengajukan bantuan ini. Berikut beberapa cara cari modal usaha dari bantuan pemerintah :

1. Teliti Program Bantuan

Teliti program bantuan dari pemerintah yang sesuai dengan jenis usaha yang kamu kelola.

2. Persiapkan Dokumen

Sediakan dokumen yang diperlukan untuk mengajukan program bantuan yang sedang berlangsung.

3. Ajukan Program Bantuan

Ajukan program bantuan sesuai prosedur yang ditetapkan oleh pemerintah. Dalam hal ini, kamu harus mengikuti berbagai macam alur yang perlu dilalui sehingga kamu bisa mendapatkan bantuan tersebut dengan mudah.

🐲Metode 6 : Cari Modal Usaha dengan Memanfaatkan Sumber Pendanaan Online

Source: https://www.dbs.com

Kamu juga bisa mengandalkan sumber pendanaan online yang dapat kamu jadikan pendanaan, seperti peer-to-peer lending (P2P Lending) atau mengajukan pinjaman online. Tapi pertimbangkan beberapa hal berikut terlebih dahulu :

1. Teliti Platform Pendanaan Online

Cari platform pendanaan online yang kredibel dan sesuai dengan kebutuhan modal usaha yang sedang kamu jalankan.

2. Ajukan Pinjaman

Ajukan pinjaman online dengan mengikuti prosedur yang ditetapkan oleh platform tersebut, mulai dari dokumen pribadi dan syarat ketentuan lainnya yang diberlakukan.

3. Perhatikan Bunga dan Syarat

Perhatikan tingkat bunga dan syarat pembayaran pinjaman sebelum menyetujui penawaran karena untuk setiap platform mungkin akan berbeda untuk besaran bunganya.

🐲Metode 7 : Cari Modal Usaha dengan Mengajukan Proposal Kepada Perusahaan Modal Ventura

Source: https://www.alphajwc.com

Jika usaha kamu memiliki potensi pertumbuhan yang besar di masa mendatang, cobalah mengajukan proposal kepada perusahaan modal ventura. Kamu bisa memperhatikan hal-hal berikut :

1. Teliti Perusahaan Modal Ventura

Teliti perusahaan modal ventura yang tertarik dengan industri atau bidang usaha yang sedang kamu jalani.

2. Siapkan Proposal

Buat proposal bisnis yang komprehensif dan menarik untuk menjelaskan potensi bisnis, kepada perusahaan modal ventura dengan jelas dan padat.

3. Presentasikan Ide Anda

Ajukan proposal secara langsung atau melalui kontak yang tepat dalam perusahaan modal ventura termasuk pada saat mempresentasikannya.

Cara cari modal usaha termasuk bagian terpenting jika mau memulai sekaligus mengembangkan bisnis. Kamu juga bisa baca informasi tentang cara jadi pengusaha yang sudah kita bagikan pembahasannya. Dengan berbagai macam metode yang telah dijelaskan diatas setidaknya bisa memberikan gambaran kemana kamu harus mendapatkan modal usaha!

 

Related posts