Cara Berjualan Makanan Online untuk Pemula Biar Laris (9 Step)

Cara Berjualan Makanan Online untuk Pemula
Cara Berjualan Makanan Online untuk Pemula

Cara berjualan makanan online untuk pemula adalah metode yang tepat untuk promosi usaha makanan agar lebih praktis, hemat dan tentu saja bisa menjangkau banyak orang. Jika bisnis kamu belum bertransformasi digital, maka akan sulit bersaing dengan kompetitor yang lebih dulu peka dengan perkembangan teknologi.

Menjalankan bisnis dengan cara online, adalah cara efektif untuk menjangkau lebih banyak pelanggan dan meramaikan bisnis kamu tanpa perlu repot-repot menghabiskan uang untuk membuatĀ bannerĀ atau lainnya.

Berpromosi dengan cara tradisional kini sudah jauh ditinggalkan meskipun diterapkan, pasti akan disandingkan dengan promosi secara digital. Jadi, jangan ragu lagi mempromosikan bisnis jualanmu dengan cara online agar kamu tidak ketinggalan.

Cara Berjualan Makanan Online untuk Pemula

Cara Berjualan Makanan Online untuk Pemula
Cara Berjualan Makanan Online untuk Pemula

Gimana, sudah siap untuk berjualan makanan online? Simak cara berjualan makanan online untuk pemula di bawah ini :

1. Berjualan Makanan Online untuk Pemula dengan Identifikasi Target Pasar

Sebelum memulai bisnis jualan makanan online, kamu wajib mengetahui target pasar bisnis kulinermu terlebih dahulu. Kamu dapat melakukan riset pasar untuk mengetahui apa saja yang diminati oleh masyarakat saat ini.

Pertimbangkan juga faktor-faktor lainnya seperti preferensi kuliner, tren makanan, dan ketersediaan bahan baku di daerah kamu untuk usaha yang berkelanjutan.

2. Berjualan Makanan Oline untuk Pemula dengan Tentukan Jenis Makanan yang Akan Dijual

Setelah mengidentifikasi pasar target, langkah berikutnya ialah menentukan jenis makanan yang akan kamu jual. Pastikan, apakah ingin fokus pada makanan ringan, makanan sehat, makanan khas daerah, atau mungkin ingin menjajal usaha makanan internasional?

Pilihlah jenis makanan yang sesuai dengan minat kamu yang disesuaikan dengan potensi pasar yang ada.

3. Rencanakan Menu dan Kembangkan Resep

Menu yang menarik dan memiliki rasa yang enak adalah kunci utama kesuksesan dalam bisnis jualan makanan online. Rencanakan menu dengan varian lebih lengkap. Jika perlu, kembangkan resep yang unik untuk membedakan produk kulinermu dengan produk pesaing.

Pastikan pula bahwa resep yang kamu kembangkan dapat diaplikasikan dengan baik dalam proses produksi yang efisien namun tidak mengurangi kualitas makanan.

4. Tetapkan Harga Kompetitif

Tentukan harga yang kompetitif sebagai langkah penting dalam bisnis jualan makanan online. Lakukan riset harga terlebih dahulu terutama untuk produk serupa dengan mempertimbangkan biaya oprasional seperti biaya produksi, kemasan, dan pengiriman.

Jangan lupa untuk memperhitungkan keuntungan yang wajar agar bisnis kamu berjalan dengan baik.

5. Buat Brand Makanan Sendiri

Membuat brand yang menarik dan logo adalah langkah penting sebagai serminan dari karakter bisnis kamu dalam rangka meningkatkan citra dan daya tarik produk makanan yang kamu jual. Pastikan bahwa brand dan logo tersebut mudah dikenali dan dapat membedakan produkmu dengan pesaing.

6. Siapkan Dokumen Legalitas yang Diperlukan

Sebagai seorang pebisnis, kamu perlu mempersiapkan dokumen legalitas yang diperlukan, terutama jika berencana menjalankan bisnis jualan makanan secara resmi. Cari tahu mengenai peraturan dan persyaratan yang berlaku di daerah kamu terkait izin usaha, sertifikat kebersihan, dan termasuk label produk.

7. Ambil Foto Produk Berkualitas

Dalam cara berjualan makanan online untuk pemula, foto produk yang menarik merupakan kunci utama untuk menarik perhatian calon pembeli. Pastikan untuk mengambil foto produk dengan pencahayaan yang sangat baik, tampilan yang dapat menggugah selera yang memiliki latar belakang bersih.

Selain itu, kamu juga dapat mempertimbangkan untuk menggunakan jasa fotografi profesional jika ingin hasil yang maksimal.

8. Gunakan Platform e-Commerce atau Media Sosial

Silakan pilih platform e-commerce atau media sosial yang sesuai dengan bisnis kamu. Misalnya saja bekerja sama dengan Shopee Food atau mempromosikan lewat Facebook. Bisa juga bekerja sama dengan salah satu perusahaan ojek online yang menyediakan kemitraan bisis.

Buatlah akun khusus untuk bisnis dan lengkapi dengan deskripsi produk, harga, dan informasi kontak yang dapat dihubungi. Jika kamu ingin bekerja sama dengan Shopee Food, bisa coba cara berjualan di Shopee Food.

9. Promosikan Produk dengan Cara Online

Promosikan produk secara berkala untuk meningkatkan visibilitas dan daya tarik produkmu dengan harus aktif di platform e-commerce dan media social yang digunakan.

Jangan bingung lagi memulai cara berjualan makanan online untuk pemula yang bisa kamu coba untuk menjangkau pasar lebih luas lagi.

Related posts