Cara Sales Menawarkan Produk

Cara Sales Menawarkan Produk
Cara Sales Menawarkan Produk

Bagi tim marketing atau owner bisnis, sangat penting mengetahui bagaimana cara sales menawarkan produk dengan benar agar produk tersebut bisa terjual. Penawaran yang baik bukan hanya berasal dari kepiawaian salesnya, tetapi juga harus disertai dengan kualitas produk sebagai daya Tarik untuk menarik minat konsumen sehingga bisa membeli produk tersebut.

Cara Sales Menawarkan Produk

Cara Sales Menawarkan Produk
Cara Sales Menawarkan Produk

Di bawah ini ada beberapa trik jitu cara sales meawarkan produk untuk meningkatkan penjualan produk, berikut ini :

Read More

1. Pendekatan Konsumen

Langkah yang pertama yaitu dengan melakukan pedekatan kepada konsumen terlebih dahulu. Pendekatan ini bertujuan agar mood konsumen menjadi lebih baik, sehingga apa yang kamu bicarakan mengenai produk yang dijual bisa masuk dan dimengerti oleh calon pembeli.

Cara melakukan pendekatan cukup mudah, kamu bisa menggali sedikit informasi tentang kesehariannya, namun jangan sampai terkesan seperti menginterogasi karena nanti konteksnya akan berbeda. Selanjutnya, lakukan dengan sikap ramah, tenang, dan tidak terburu-buru.

2. Ketahui Selera Konsumen

Selanjutnya kamu bisa mengetahui selera konsumen, tujuannya adalah agar kamu dapat dengan mudah menjelaskan produk ke konsumen tersebut. Dengan demikian, konsumen akan terdorong kuat untuk membeli produk yang kamu tawarkan.

Sebagai contoh, target penjualan lipstik dikhususkan untuk ibu-ibu Perum. Lihat dan perhatikan apakah konsumen tersebut berusia di bawah 30 tahun atau di atas 40 tahun? Setelah itu, baru sesuaikan dengan produk lipstik sesuai dengan usia dan kepribadian dari konsumen yang diharapkan dapat membeli produk yang kamu jual.

3. Keunggulan Produk

Penjelasan produk kepada konsumen bukan hanya sebatas memberitahu harga saja tanpa adanya penjelasan secara mendetail mengenai keunggulan produk. Cobalah untuk memahami produk yang kamu jual yaitu gali sebanyak mungkin keunggulan dari produk tersebut.

Mungkin bagi seorang wirausaha tidak akan kesulitan menyebutkan keunggulan produk yang dijualnya karena kesehariannya memang berhubungan langsung dengan produk tersebut mulai dari bahan baku hingga sudah jadi. Tapi lain cerita apabila kamu bekerja di sebuah perusahaan harus memahami betul produk tersebut agar tidak salah dalam menjelaskan kepada konsumen.

4. Yakinkan Produk Tersebut Merupakan Produk Unggulan

Tidak ada salahnya jika selain menyebutkan keunggulan produk, kamu pun bisa menjelaskan bahwa produk yang dijual merupakan produk unggulan yang terbaik di kelasnya. Hal ini akan menambah tingkat keinginan konsumen untuk membelinya.

5. Jangan Membicarakan Kekurangan Kompetitor

Terkadang ketika seorang sales sedang membicarakan keunggulannya, selalu saja diselipkan pembicaraan dengan menjelekkan kekurangan produk dari kompetitor. Hal ini justru dapat mengurangi citra konsumen terhadap anda sebagai sales yang menjajakan produk yang sedang ditawarkan.

Ujung-ujungnya jadi memiliki kesan memaksa, walaupun produk sudah di jelaskan dengan sangat baik. Namun jika membicarakan kekurangan kompetitor, maka konsumen malah tidak jadi membeli produk yang kamu jual.

6. Ekspresi Wajah

Sekali lagi, selain selain sikap yang sopan dan ramah, jangan lupakan mimik muka yang menyenangkan. Walaupun kamu telah berkeliling dari orang ke orang untuk menjajakan produk tersebut dan sangat Lelah, namun tetap ekspresi wajah harus menunjukkan bahwa anda adalah orang yang menyenangkan.

Dengan begitu, maka konsumen tidak akan Lelah untuk menanyakan produk lebih detail mulai dari kandungannya, hinga cara pemakaiannya. Nah, disinilah letak peluang emas bahwa konsumen akan membeli produk tersebut.

7. Perhatikan Intonasi

Satu hal yang wajib kamu kuasai ketika sedang berbicara dengan konsumen adalah harus memperhatikan intonasi dan memilih kata yang tepat agar konsumen merasa nyaman ketika anda sedang menerangkan produk yang ditawarkan.

Itulah 7 cara sales menawarkan produk yang bisa kamu tiru, untuk menciptakan sekaligus meningkatkan penjualan!

 

Related posts