Cara Download Buku di Google Book

Bagaimana cara download buku di Google Book? Apakah kita harus melakukan pembayaran pada saat mendownload buku di Google Book? Buku apa saja yang tersedia di Google Book? Bagaimana cara membaca buku yang sudah didownload di Google Book?

Berkembangnya teknologi dan juga informasi membuat kita para pengguna smartphone bisa dengan mudah melakukan beragam aktivitas. Mulai dari berkomunikasi berkirim pesan email berkirim chatting melakukan video call atau bahkan melakukan panggilan suara melalui aplikasi chat seperti WhatsApp ataupun LINE.

Read More

Tak cuma itu saja, dengan perkembangan teknologi yang semakin pesat, kita juga bisa melakukan kegiatan belajar mengajar melalui online.

Itulah mengapa tak heran jika saat ini banyak sekali pengguna yang tidak bisa lepas dari perangkat smartphone mereka. Karena hanya dengan bermodalkan kuota internet saja, kita bisa dapat melakukan aktivitas apapun dan juga mencari informasi melalui Google.

Untuk para pengguna Android, jika mendengar kata Google Play Store tentunya hal ini tak lagi asing ya. Karena dengan bantuan Google Play Store, kita kita bisa dengan mudah mendownload aplikasi, game, melakukan pembelian Diamond mobile Legends, atau bahkan layanan aplikasi berbayar.

Nah selain aplikasi, google Play Store juga menyediakan layanan lain yang bisa dinikmati oleh para penggunanya. Salah satunya adalah Google book atau buku dari Google.

Google buku ini merupakan layanan buku online, yang mana nantinya pengguna bisa mendownload buku tersebut dalam bentuk digital berupa PDF, untuk bisa dibaca melalui perangkat smartphone mereka.

Adapun beberapa buku yang disediakan di google play store, memiliki beragam kategori. Mulai dari buku biografi, buku cerita pendek, novel, atau bahkan buku dengan kategori lain.

Terkait:  Cara Download Video di LINE

Selain itu buku-buku yang disediakan di dalam Google Play Store, bisa diunduh secara gratis ataupun berbayar. Semua tergantung dari bagaimana sang penulis memasarkan buku mereka.

Setelah buku yang kita cari berhasil didownload, maka selanjutnya kita tinggal membuka atau membaca buku tersebut melalui aplikasi PDF Reader, yang dikhususkan untuk Android, atau jika kamu tidak memilikinya kamu bisa terlebih dahulu mengunduhnya di Google Play Store.

Mungkin hal ini jarang sekali diketahui oleh para pengguna Android, sebab mereka lebih banyak mendownload aplikasi ataupun game, melainkan mendownload buku yang ada di Google Book. Oleh sebab itu kali ini kita akan memberitahu kalian bagaimana cara download buku di Google Book.

Cara Download Buku di Google Book

Download Buku Di Google Book
Download Buku Di Google Book

Download Buku di Google Book melalui aplikasi

Cara pertama yang bisa kalian lakukan adalah dengan menggunakan aplikasi yang memang dikhususkan untuk kalian yang ingin mendownload buku di smartphone Android kalian. Aplikasi yang dimaksud disini adalah Google Books itu sendiri. Karena memang, aplikasi Google Books dibuat secara terpisah oleh developer, agar item yang ditampilkan tidak bercampur dengan aplikasi. Melainkan khusus buku saja.

Untuk langkah-langkahnya adalah sebagai berikut

  • Jika kalian belum mendownload aplikasi Google Books, kalian bisa menginstalnya secara gratis melalui Google Playstore
  • Jika sudah, maka kita tinggal membuka aplikasi Google Books tersebut, dan kemudian mencari buku apa atau judul buku yang ingin kita download
  • Setelah itu, klik pada tombol Add to library, dan pastikan buku yang kalian unduh adalah gratis
  • Tunggu beberapa saat sampai proses pendownloadan selesai
  • Dan terakhir kalian tinggal mengklik pada tombol Read, untuk membaca buku yang sudah kita tambahkan sebelumnya.
Terkait:  Cara Download di SlideShare

Salah satu keuntungan menggunakan aplikasi Google Books adalah, kalian tidak perlu repot-repot mengunduh aplikasi PDF reader apabila tidak memilikinya, dengan menggunakan aplikasi Google Book, kalian bisa langsung membaca buku tersebut, melalui aplikasi google Books.

Download Buku di Google Book melalui Play Store

Seperti yang sudah kita singgung sebelumnya di paragraf awal, google Play Store sendiri merupakan pusat dari segala macam aplikasi dan kebutuhan pengguna Android. Nah disini kamu bisa juga kok mendownload buku dari Google Play, dengan cara sebagai berikut.

  • Buka terlebih dahulu Google Play Store kalian
  • Setelah itu klik pada menu yang ada di bagian paling bawah, dan pilih opsi books
  • Setelah itu cari buku yang ingin kalian baca atau kalian tambahkan ke library kalian
  • Jika sudah kalian akan otomatis diarahkan ke aplikasi Google Books untuk selanjutnya membaca buku yang sudah kalian tambahkan ke library kalian.

Sebagai catatan untuk teman-teman yang mungkin belum mendownload aplikasi Google Book, kalian bisa terlebih dahulu mendownloadnya melalui Play Store. Atau Kalian juga bisa melakukan pencarian di Google dengan menuliskan nama buku yang ingin kalian baca, setelah itu kalian tinggal mendownload buku tersebut dan membacanya seperti biasa.

Download Buku di Google Book Lewat Perangkat iOS

Berbeda dengan Google Play Store yang merupakan salah satu tempat mendownload aplikasi, game dan juga buku untuk para pengguna Android, google book sendiri merupakan aplikasi yang terpisah, dan bisa diunduh di semua perangkat termasuk iOS. Untuk caranya juga tidak terlalu sulit kok

  • Buka aplikasi App Store pada perangkat iOS kalian
  • Setelah itu pada aplikasi App store ketikan Google Books
  • Jika sudah ketemu langsung saja Klik tombol get atau install
  • Tunggu sampai proses instalasi selesai
  • Jika sudah, buka atau jalankan aplikasi google Books dan lakukan login dengan menggunakan akun google kalian
  • Setelah itu barulah kalian bisa mulai mencari buku apa yang ingin didownload atau dibaca, di Google Books.
Terkait:  Cara Menghapus Akun Youtube

Walaupun iOS bukan merupakan smartphone yang menggunakan OS Android, namun tetap saja kok kalian bisa menggunakan aplikasi Google Books pada perangkat iOS kalian. Oleh sebab itu tentunya hal ini sangat memudahkan semua pengguna dengan beragam smartphone yang mereka miliki.

Sedikit catatan untuk kalian, apabila kalian mengunduh atau mendownload buku dari Google Books, pastikan terlebih dahulu kalian sudah memperbarui versi dari Google Playstore atau bahkan dari Google Books itu sendiri. Hal ini tentu sangat berpengaruh dengan judul buku ataupun daftar buku yang tersedia di dalam aplikasi Google Books. Pastikan juga buku yang kalian unduh memiliki label free, atau gratis. Sebab ada beberapa jenis buku yang mengharuskan penggunanya melakukan pembayaran atau pembelian. Dan jika buku sudah dibeli maka selanjutnya buku tersebut akan otomatis tersimpan di daftar library atau pustaka dari aplikasi Google Books.

Dari situ kalian bisa membagikan buku yang sudah kalian unduh tadi ke teman-teman kalian, atau mungkin juga bisa menjadi bahan bacaan ketika kalian merasa bosan, ataupun sedang berada di dalam transportasi umum sembari menunggu kalian sampai tujuan.

Dengan begitu tentunya kalian bisa sangat terbantu, ketika mungkin sedang Iseng atau mencari referensi buku yang bagus namun tidak sempat berkunjung ke toko buku fisik, dengan adanya Google Books ini, kalian bisa mencari buku yang diinginkan hanya melalui smartphone saja.

Itulah tadi beberapa cara download buku di Google Book yang bisa kamu coba, silakan gunakan cara yang menurutmu paling mudah. Semoga artikel ini bisa menjadi referensi yang baik untukmu dan semoga bermanfaat.

Related posts