Cara Buat Harga Coret di Tokopedia, Bikin Pembeli Makin Antri!

Cara Buat Harga Coret di Tokopedia
Cara Buat Harga Coret di Tokopedia

WIGATOS | Corat coret satu ini dijamin bikin kamu semakin untung dan semangat untuk jualan. Ya, karena dengan cara buat harga coret di Tokopedia bisa mengantarkan kamu menuju gerbang kesuksesan. Kamu pasti mau kan toko online-nya banjir order-an setiap harinya?

Tokopedia Harga Coret

Tentu saja dong, karena banjir pesanan dari para pembali adalah tujuan dari semua pemilik toko online atau seller. Maka dari itu, untuk bisa menggunakan fitur Tokopedia harga coret toko kamu harus tergabung ke dalam salah satu kategori berikut. Diantaranya, Ultimate, Official Store atau Power Merchant PRO Expert.

Cara Buat Harga Coret di Tokopedia

Cara Buat Harga Coret di Tokopedia
Cara Buat Harga Coret di Tokopedia

Nah, kalau toko kamu sudah memenuhi persyaratan di atas, kita akan lanjutkan ke pembahasan inti. Dimana, kamu bisa memahami cara membuat harga coret di Tokopedia melalui berbagai perangkat. Termasuk lewat HP. Penasaran kan? Simak penuturan selengkapnya sebagai berikut.

Cara Membuat Harga Coret di Tokopedia Lewat HP

Sebelum itu, kita ulas sedikit mengenai manfaat dari penggunaan harga coret atau diskon toko terlebih dahulu ya. Di Tokopedia, fitur ini bisa seller gunakan kapan saja secara gratis. Hal tersebut, bertujuan agar para penjual tidak lagi merasa takut performa tokonya menurun. Apalagi, mengingat harga coret memiliki peran penting dalam marketing.

Berikut adalah beberapa langkah yang dapat kamu praktekan langsung untuk membuat harga coret di toko online di aplikasi Tokopedia. Pakai HP saja!

  1. Masuk ke situs khusus seller Tokopedia melalui browser
  2. Kemudian, Login dengan akun toko dan lihat tampilan halamn utama
  3. Pilih Diskon Promosi
  4. Selanjutnya, pilih Atur Diskon untuk produk tertentu yang akan kamu berikan diskon
  5. Nanti, masuk ke halaman detail produk. Lalu, kamu pilih Aktifkan sampai tombolnya berubah menjadi hijau
  6. Lanjut ke pengaturan berikutnya dengan ketuk Atur Diskon 
  7. Isi jumlah Presentase Diskon dan silahkan kamu tentukan sendiri sesuai keinginan
  8. Kalau sudah selesai semua, pilih Simpan
  9. Selamat! kamu telah berhasil menyeleaikan pengaturan pembuatan harga coret di Tokopedia

Ternyata gampang banget ya cara pembuatan harga coretnya? Nah, maka dari itu untuk pembahasan berikutnya kita akan simak bersama-sama tips agar harga coret muncul di banyak produk sekaligus. Khusus untuk Power Merchant.

Tips Bikin Harga Coret Tokopedia Power Merchant

Sebelumnya kamu sudah tahu nih kalau ingin membuat harga coret di produk tertentu secara satu per satu. Nah, di pembahasan kali ini kamu bisa langsung aktifkan fitur tersebut ke dalam banyak produk yang ada di etalase toko. Begini cara selengkapnya:

  1. Buka browser dan kunjungi situs resmi Seller Tokopedia
  2. Masuk menggunakan Akun Toko Pribadimu
  3. Di halaman utama, kamu pilih menu Impor Produk Diskon yang ada di sudut kanan sisi atas layar
  4. Pilih opsi Unduh Template pada pilihan yang ada
  5. Setelah itu, lanjut ke pengisian Atribut Produk
  6. Periksa kembali apakah isi yang sudah kamu masukkan benar atau tidak
  7. Apabila kamu sudah yakin benar, pilih Upload File
  8. Lanjutkan dengan mengklik Impor File
  9. Horaaay… pembuatan diskon harga coret kamu telah selesai

Lihat kembali etalase toko pribadimu untuk melakukan pengecekan, apakah fitur harga coret tersebut telah muncul di beberapa produk yang telah kamu pilih atau belum. Kalau sudah, kamu tidak perlu mengulangi cara di atas.

Cara Pasang Harga Coret di Aplikasi Tokopedia

Yuk mari lanjut ke persoalan lainnya! Masih seputar cara pasang harga coret di aplikasi Tokopedia sih. Tapi, ini beda dengan beberapa panduan yang sudah disebutkan di atas. Karena disini, kamu akan temukan persyaratan apa saja yang harus dipenuhi oleh pemilik toko online di aplikasi tersebut.Berikut uraian selengkapnya:

  1. Penilaian yang dimiliki oleh toko mencapai angka 5
  2. Begitupula dengan penilaian terhadap chat pembeli harus mendapatkan bintang 5
  3. Memiliki jumlah minimum tetap untuk setiap barang yang dijual per harinya
  4. Status toko sudah diperbaharui ke dalam kategori Official Store
  5. Akses fitur diskon toko atau harga coret melalui desktop dan aplikasi Tokopedia Seller

Panduan Membuat Harga Coret untuk Tokopedia

Mari kita anggap persoalan mengenai panduan membuat harga coret untuk aplikasi Tokopedia telah usai. Karena di situs resmi Tokopedia mereka memberitahukan kalau ada 5 hal baru yang diterpakan bagi seller yang ingin gunakan fitur diskon toko. Simak penjelasan selengkapnya di bawah ini:

1. Riwayat rata-rata harga jual produk sebelum diskon toko diaktifkan

Maksud dari poin satu ini, seller diminta untuk tetap memepertahankan harga normal agar tidak lebih tinggi setelah diskon toko diluncurkan ke publik. Hitungannya dimulai sejak 1 tahun terakhir. Produkmu harus bisa bertahan dari yang namanya kenaikan harga. Karena, kalau sampai itu terjadi maka kepuasan pelanggan lah yang jadi taruhannya.

2. Ubah keterangan diskon toko selama fitur sedang berlangsung

Spesial untuk kamu para seller yang budiman, di Tokopedia kini tersedia pengaturan yang dapat membantumu agar bisa mengubah keterangan atau atribut diskon tokomu. Menariknya nih, perubahan setelan tersebtu tetap dilakukan saat fitur diskon toko sedang aktif. So, enggak perlu lagi ribet-ribet harus menonaktifkannya terlebih dahulu.

Penasaran kan, atribut diskon seperti apa saja yang dapat kamu ubah selama promo berlangsung? Simak atributnya di bawah ini:

  1. Maksimum Pembelian: Jumlah maksimum dari satu produk yang dapat pelanggan order dalam 1 invoice
  2. Warehouse: Ketika seller sedang mengaktifkan warehouse, maka penjual wajib mencantumkan jumlah stok produk, persentase diskon, dan harga diskon. Baik itu saat menonaktifkan atau aktifkan fitur diskon toko
  3. Periode Diskon: Memperpendek atau memperpanjang periode untuk diskon toko. Bisa kamu lakukan mulai dari mengubah tanggal diskon menjadi status akan datang, berlangsung atau dialihkan
  4. Harga dan Persentase DiskonSeller dapat melakukan pengaturan harga atau persentase  diskon tanpa harus menonaktifkan fitur harga coret yang sedang berlangsung

3. Riwayat perubahan harga produk dari sebelum pengaktifan diskon toko

Ketentuan baru lainnya nih, bagi kamu seller Tokopedia sebaiknya hindari untuk menaikkan harga asli dari produk tokomu sebelum melakukan pemasangan fitur diskon toko. Hitungan waktunya yaitu 14 hari atau 2 minggu terakhir.

4. Penerapan diskon toko yang berbeda dengan aturan di warehouse seller

Untuk atribut ini, kamu hanya perlu perhatikan 3 hal penting berikut:

  1. Jumlah maksimal pesanan yang boleh dilakukan secara berbeda dari setiap gudang
  2. Persentase atau nominal diskon boleh berbeda-beda antara satu warehouse dengan warehouse lainnya
  3. Masa atau periode diskon wajib serempak sama di setiap gudangnya

5. Ganti pengaturan diskon toko untuk banyak produk sekaligus agar lebih praktis

Seperti yang sudah dibahas caranya di atas, kamu bisa mengaplikasikan secara sekaligus fitur harga coret untuk lima atau lebih produk. Selain dinilai lebih efektif, cara ini bisa membantumu untuk menghabiskan stok barang dengan cepat.

Praktis banget ya ternyata cara buat harga coret di Tokopedia? Biar kita sama-sama makin hemat yuk, lihat juga cara buat Jenius pada pertemuan berikutnya. Have a good day!

Related posts