Cara Daftar LinkAja

Banyak orang yang penasaran dengan cara daftar LinkAja, mengingat platform dompet digital ini memang banyak digunakan. Seperti kita ketahui bahwa penggunaan dompet elektronik di Indonesia saat ini kian berkembang. Maka dari itu, kini sudah ada banyak dompet digital bermunculan di tanah air guna memenuhi kebutuhan dalam bertransaksi.

LinkAja bisa dikatakan sebagai salah satu platform dompet digital di Indonesia, berbentuk aplikasi yang bisa dipakai untuk bertransaksi. Penggunaan dompet digital sendiri sama saja dengan kartu debit, yaitu bisa dipakai untuk melakukan transaksi keuangan, mulai dari transfer, pembelian pulsa, pembelian barang, pembayaran tagihan sampai pencairan kartu prakerja.

Pmakain dompet digital ini bisa dikatakan cukup aman,  mengingat aplikasi yang satu ini sudah bekerjasama, bahkan telah diawai oleh OJK (Otoritas Jasa Keuangan).

Untuk bisa mengaktifkan layana dompet digital, Kamu harus melakukan registrasi lewat aplikasi LinkAja terlebih dahulu. Jika penasaran dengan prosedur registrasinya, Kamu bisa mengikuti panduan cara daftar LinkAja.

Cara Daftar LinkAja

Cara Daftar LinkAja
Cara Mendaftar LinkAja

Cara Mendaftar LinkAja

Dengan dompet digital, ada banyak pengguna merasa diuntungkan, kelebihannya ialah banyaknya promo menarik yang ditawarkan LinkAja. Jika dilihat dari segi penggunaannya, bertransaksi menggunakan LinkAja sangat cepat dan mudah, sebab pengguna hanya perlu mengunduh aplikasi LinkAja serta dapat melakuukan pendaftaran akun.

Uniknya lagi, cara mendaftar LinkAja dapat dilakukan lewat smartphone android ataupun iPHone yang sudah mendukung platform LinkAja. Adapun cara pendaftarannya sebenarnya sangat simpel, sebab cukup dengan memasukkan data-data dan nomor Hp. Berikut panduan cara daftar LinkAja secara online, di bawah ini :

  • Pertama-tama silahkan unduh aplikasi LinkAja baik di App Store untuk pengguna iOS dan Play Store untuk pengguna android.
  • Sesudah aplikasi LinkAja sukses diunduh, Kamu tinggal membuka aplikasi LinkAja di Hpmu. Setelah masuk ke aplikasi LinkAja, Kamu akan mendapatkan pemberitahuan konfirmasi izin aplikasi untuk mengelola dan melakukan panggilan. Silahkan pilih “Izinkan”.
  • Kamu akan ditampilkan informasi mengenai kelebihan pemakaian dompet digital ini. Silahkan swipe ke samping kanan hingga muncul tampilan ketentuan dan syarat. Lalu pilih “Lanjut”.
  • Di laman selanjutnya, akan ditampilkan notifikasi berisi konfirmasi perizinan aplikasi untuk dapat mengakses lokasi pada perangkat. Silahkan pilih “Izinkan”.
  • Inputkan nomor Hp aktif. Jika  nomor Hp-mu telah dimasukkan, silahkan pilih “Mulai”.
  • Setelah itu, aplikasi LinkAja langsung mengirimkan kode untuk verifikasi langsung ke nomor HP yang sebelumnya sudah terdaftar lewat pesan SMS.
  • Jika sudah menerima 6 digit kode untuk verifikasi, Kamu tinggal masukkan kode tersebut pada kolom yang sudah tersedia.
  • Lalu Kamu akan diminta melengkapi pengisian data diri, berupa foto profil, dan nama lengkapmu. Jika sudah terisi semuanya, lanjutkan dengan tekan “Lanjut”.
  • Kemudian silahkan inputkan akun email untuk mengamankan transaksi LinkAja. Jika akun email sudah terisi, silahkan lanjutkan dengan cara tekan “Kirim”.
  • Buat PIN untuk akun LinkAja, terdiri atas 6 digit angka.
  • Silahkan inputkan kembali PIN yang sudah Kamu buat tadi, untuk melanjutkan proses konfirmasi.
  • Jika langkah-langkah di atas sudah selesai dilakukan, maka registrasi akun LinkAja sudah berhasil. Selanjutnya Kamu bisa memakai akun LinkAja untuk bertransaksi.

Akan tetapi, perlu Kamu ketahui bahwa sesudah cara mendaftar LinkAja para pengguna tidak dapat melakukan transaksi apabila belum mengisi saldo. Untuk itu, Kamu juga harus tahu cara menggunakan LinkAja agar transaksi di aplikasi tersebut dapat berjalan lancar.

Cara Isi Saldo LinkAja

Ada beberapa pilihan cara isi saldo LinkAja yang bisa Kamu ikuti setelah mengikuti cara daftar LinkAja di atas, diantaranya sebagai berikut :

1. Transfer Bank

Kamu dapat melakukan pengisian saldo dengan cara transfer bank. Adapun bank yang dapat dipakai untuk isi saldo LinkAja, yaitu Bukopin, BCA, CIMB Niaga, Jenius, Maybank, Digibank dan lewat ATM bersama. Adapun proses pengisiannya dapat dilakukan lewat m-Banking, SMS Banking dan ATM. Biasanya Kamu akan dikenakan biaya admin dengan nominal yang berbeda dari tiap-tiap bank.

2.  Kartu Debit

Selanjutnya Kamu bisa melakukan topup memakai kartu debit. Adapun kartu yang dapat dipakai ialah kartu debit berlogo MasterCard dan Visa. Kamu dapat melakukan topup secara langsung pada aplikasi LinkAja melalui nominal yang sudah tersedia, mulai dari Rp. 50 ribu sampai Rp.250 ribu.

3. Merchant LinkAja

Jika Kamu memiliki uang tunai, maka kamu dapat melakukan pengisian saldo lewat mitra dan merchant LinkAja. Caranya Kamu hanya perlu menunjukkan token saja ke operator merchant atau kasir dari mitra terkait. Beberapa mitra dan merchant Linkaja yang dapat Kamu kunjungi ialah Alfamidi, Alfamart, Indomaret, Circle K, Suzuya, Sentra Ponsel, Kantor Pos, FamilyMart, dan lainnya.

4. GraPARI Telkomsel

Cara isi saldo LinkAja berikutnya dapat dilakukan lewat GraPARI Telkomsel. Untuk topup saldo di GraPARI Telkomsel ialah Kamu hanya perlu memberikan nomor Hp LinkAja ke staf Customer Service GraPARI.

Cara Menggunakan LinkAja

Jika saldo LinkAja yang Kamu miliki sudah terisi, kini saatnya Kamu melakukan transaksi. Ada beberapa panduan cara menggunakan LinkAja yang bisa Kamu ikuti, diantaranya :

1. Pembayaran Merchant

Kamu dapat memakai LinkAja untuk pembayaran di mitra atau merchant yang sudah bekerjasama dengan LinkAja. Apabila Kamu melihat ada logo LinkAja pada suatu lokasi, ini artinya merchant tersebut telah menerima sistem pembayaran LinkAja. Adapun beberapa merchant yang sudah terkenal dan bekerjasama dengan LinkAja ialah Busway, Commuter Line, CVG Cinemas, McDonald’s, Parkir, Tol, Chatime, KFC, Nasi Goreng Suri, Alfamart, Bakmi GM, Starbuck, Berrybenka, dan masih banyak yang lainnya.

2. Pembelian dan Pembayaran Tagihan

Jika Kamu malas pergi keluar rumah hanya untuk membauar tagihan listrik dan pembelian pulsa, kini tak perlu repot lagi. Kamu bisa langsung melakukan pembelian pulsa serta paket data dan dapat melakukan pembayaran tagihan berbagai layanan, baik itu listrik, telepon, internet, TV kabel, produk properti, pendidikan, dan gas.

3. Produk Digital

Adapun produk digital tersebut maksudnya selain merupakan layanan untuk pembayaran tagihan per bulan, seperti listrik, telepon, TV kabel, PDAM, Gas, BPJS, Internet juga dapat menjembatani berbagai macam kebutuhan yang dapat diakses dengan cara online, seperti pembayaran tiket pesawat, bus, voucher games, streaming, asuransi, bayar multifinance, reksadana, dan lain sebagainya.

4. Kirim atau Transfer Uang

Kamu dapat melakukan pengiriman uang kemana saja memakai LinkAja. Baik mentransfer dana ke sesama pengguna layanan LinkAja atau transfer antar bank. Untuk kirim uang sendiri, kini ada pilihan yang lain selain melakukan transfer uang ke rekening bank, yakni dengan menggunakna akun LinkAja. Selanjutnya Kamu dapat mengambil uangnya langsung di ATM apa saja, termasuk di merchant LinkAja dan di GraPARI.

5. Penarikan Saldo

JIka mempunyai saldo berlebih pada aplikasi LinkAja, maka Kamu dapat mencairkan atau menariknya. Menariknya lagi untuk transaksi ini tidak memerlukan kartu ATM sebab yang dipakai hanya kode penarikan saja.

Nah, itulah beberapa langkah cara daftar LinkAja dan cara menggunakannya. Dengan demikian, Kamu bisa bertransaksi kapan pun dan dimana pun tanpa rekening bank.

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019