Cara Join di Google Meet

Google meet merupakan produk besutan Google yang menyediakan layanan komunikasi berbasis video. Aplikasi Google Meet merupakan salah satu diantara dua aplikasi sebagai versi terbaru dari generasi sebelumnya, yakni Google Chat dan Google Hangouts. Meskipun sudah familiar, namun banyak yang belum tahu cara join di Google Meet.

Google Meet sebenarnya sudah dirilis pada bulan Februari 2017 silam, dimana waktu itu hanya dikhususkan bagi pengguna iOS saja. Kemudian Google meresmikan peluncuran aplikasi meeting virtual ini pada bulan selanjutnya. Layanan yang satu ini hadir sebagai sebuah aplikasi berbasis konferensi video dan dapat disaksikan sampai 30 peserta.

Fitur-Fitur Pada Google Meet

Sebagai aplikasi konferensi video besutan Google, sudah tentu vendor raksasa ini telah menyematkan berbgai macam fitur menarik. Aplikasi ini dapat membantu pemakaian individu maupun perusahaan bahkan untuk skala besar. Jika Kamu baru menggunakan Google Meet, tentu penasaran dengan fitur-fitur yang terdapat pada Google Meet. Ini dia ulasannya :

  • Bisa mengundang peserta atau audiens mencapai 100 orang peserta setiap panggilan bagi pengguna khusus G Basic Suite, sedangkan 260 orang tiap meeting bagi Kamu yang berlangganan paket G Suite Enterprise, dan bagi Kamu yang berlangganan G Suite Business bisa mengundang hingga 150 orang peserta.
  • Memiliki kemampuan bergabung dengan konferensi lewat aplikasi atau we yang diinstal para pengguna iOS dan android.
  • Bisa digunakan untuk rapat online melalui nomor dial-in.
  • Apabila pengguna berlangganan G Suite Enterprise menggunakan nomor dial-inpassword atau kata sandi pengguna bisa telrindungi.
  • Sudah terintegrasi dengan layanan Google Calendar dalam melakukan panggilan meeting dalam sekali klik.
  • Panggilan sudah terenkripsi diantara para penggunanya.
  • Dapat berbagi layar ketika menyajikan presentasi, dokumen atau spreadsheet.
  • Menghasilkan teks tertutup melalui adanya teknologi AI.

Pilihan Paket dari Google Meet

Walaupun Google Hangouts Meet bisa dipakai secara gratis dalam skala kecil untuk kapasitas 25 orang atau hanya perlu menerima undangan mengikuti telekonferensi bersama dengan Google Meet. Namun jika Kamu ingin memakai aplikasi tersebut untuk perusahaan atau perkumpulan lebih besar. Ada beberapa paket yang ditawarkan Google Meet dan bisa Kamu pilih diantaranya :

1. Paket G Suite

Cukup membayar 12 dollar Amerika Serikat atau jika dikonversikan sebanyak Rp. 186 ribu per bulan, Kamu bisa mengundang sekaligus melakukan meeting online bersama 15 orang peserta.

2. Paket G Suite Basic

Kamu hanya perlu membayar 6 dollar AS saja atau sekitar Rp. 93 ribu per bulan, maka Kamu sudah bisa melakukan meeting online hanya dengan mengundang sampai 100 orang peserta setiap kali meeting.

3. Paket G Suite For Enterprise

Untuk paket ini, Kamu harus membayar sebesar 25 dollar AS, yakni sekitar RP. 388 ribu per bulan untuk berlangganan. Keunggulannya, Kamu bisa mengundang sampai 250 orang atau melakukan live streaming hingga ke 100 ribu audiens sekaligus menyimpan rekaman meeting online melalui Google Drive gratis dan memakai fitur Google Meet secara penuh.

Keunggulan Layanan Google Meet

Pembaruan dan penciptaan Google Meet jauh lebih menarik serta menawarkan berbagai macam fitur terbaik jika dibandingkan Google Hangouts. Ada beberapa keunggulan yang ditawarkan oleh Google Meet, diantaranya :

  • Membantu para karyawan dan pekerja untuk melakukan konferensi online dimana pun mereka berada memakai layanan video call.
  • Antarmuka atau interface yang fungsional dan unik dengan ukuran yang ringan dan cepat, selalu mengutamakan pengelolaan secara efisien, user friendly dan bisa diikuti oleh semua pesertanya.
  • Para pengguna bisa mengundang para peserta meeting dan ikut berbagi fitur.

Cara Join Google Meet

Cara Join di Google Meet
Bergabung di Google Meet Bagi Undangan

Bergabung di Google Meet Bagi Peserta

Saat seseorang mengundangmu untuk mengikuti meeting online lewat Google Meet, Kamu tak perlu membayar biaya pendaftaran apapun untuk bergabung. Kamu hanya memerlukan tautan atau kode undangan. Jadi cukup mengikuti cara join di Google Meet saja.

Apabila seseorang sudah mengirimimu tautan undangan, hal yang harus Kamu lakukan ialay cukup mengkliknya saja. Kamu pun akan dibawa ke dalam ruangan meeting. Adapun cara join di Google Meet memakai link sendiri lebih gampang jika dibandingkan seseorang mengundangmu melalui kode.

Berikut tutorial cara bergabung di Google Meet bagi peserta yang baru pertama kali menggunakan Google Meet.

1. Cara Bergabung di Google Meet di Laptop Lewat Link Web Meet

Bagi Kamu yang bukan pelanggan dari paket G Suite, saat ini, ada cara bergabung di Google Meet paling mudah melalui PC atau MAC yang Kamu gunakan. Berikut ulasannya :

  • Silahkan buka halaman situs Google Meet.
  • Setelah itu, ketuk opsi “Gunakan Kode Rapat”, jika Kamu merupakan pelanggan paket G Suite bisa “Gabung” atau pilih “Mulai Rapat”.
  • Dalam menu popup, Kamu bisa memasukkan kode tertentu yang telah dikirimkan oleh penyelenggara meeting kepada Kamu, setelah itu ketuk “Lanjutkan”.

2. Cara Bergabung di Google Meet Melalui Email

Cara join di Google Meet berikutnya ialah melalui Gmail. Bagi yang berlangganan Google G Suite, Kamu bisa bergabung ke dalam Google Meet lewat Gmail di PC atau Mac. Berikut panduannya :

  • Langkah pertama, silahkan buka akun Gmail melalui Browser Web-mu
  • Pada opsi “Meet” dalam panel navigasi samping kiri, ketuk pilihan “Bergabung dengan Rapat”.
  • Pada menu pop up bertuliskan “Mendapat Kode Rapat”, Kamu bisa inputkan kode yang telah dikirimkan oleh penyelenggara rapat sebelumnya kepada-mu. Setelah itu, tekan “Gabung”.

3. Cara Bergabung di Google Meet Melalui Aplikasi Seluler Meet

Ada beberapa langkah cara bergabung di Google Meet melalui aplikasi Seluler Meet. Baik bagi pengguna android, iPad, atau iPhone. Ikuti tutorialnya di bawah ini :

  • Silahkan buka aplikas Meet pada iPad, Iphone maupun perangkat androidmu.
  • Di layar bagian bawah, klik “Inputkan Kode Rapat”.
  • Kamu tinggal menginputkan kode yang telah dikirimkan oleh pihak penyelenggara rapat, silahkan tekan “Gabung Rapat”.

4. Cara Bergabung di Google Meet Melalui Acara Google Kalender

Cara join  di Google Meet selanjutnya ialah melalui acara Google Kalender. Apabila seseorang melakukan invite ke Google Meet lewat Google Kalender, Kamu bisa bergabung langsung dari Google Kalender dengan mudah. Berikut panduannya :

  • Pertama-tama, silahkan buka layanan Google Kalender di perangkat komputer desktop/PC, atau lewat aplikasi seluler.
  • Kamu bisa menemukan acara rapat yang mengundangmu, lalu ketuk atau klik di bagian atasnya.
  • Ketuk di menu biru yang bertuliskan “Bergabung bersama Google Meet” jika ingin masuk ke dalam rapat online.

Jadi untuk bergabung di Google Meet, Kamu harus mempunyai tautan langsung atau kode undangan. Pihak penyelenggara rapat wajib mengirimimu kode maupun link undangan dari Google Meet. Mungkin Kamu menemukannya dalam acara yang terdapat di platform Google Kalender. Walaupun harus berlangganan G Suite untuk berlangganan G Suite yang berbayar saat memulai Meet, siapa saja bisa bergabung tanpa bayar.

Nah, itulah 4 cara join di Google Meet yang bisa Kamu ikuti langkah-langkahnya dengan mudah. Menggunakan Google Meet tentu saja semakin mempersingkat waktu dan mempermudah meeting karena dapat dilakukan kapan saja dan dimana saja.

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019