Cara Membuat Video Jadi Green Screen

Cara Membuat Video Jadi Green Screen

Bagaimana cara mebuat video jadi green screenGreen screen merupakan special effect untuk menggabungkan antara 2 gambar pada satu frame. Metode ini juga kerap dikenal sebagai color separation overlay atau CSO, blue screen, color keying, atau chroma key. Biasanya green screen dipakai untuk dijadikan background pembuatan film maupun proyek komunikasi visual yang lainnya.

Adapun tujuan pemakaian green screen itu sendiri untuk memudahkan penyuntingan atau editing seperti halnya mengganti background, membuat visual effect, dan menciptakan sebuah ilusi. Kenapa harus memakai green screen? Sebab warna hijau sendiri termasuk warna yang unik tidak dimiliki pigmen manusia. Sehingga ketika syuting berkonsep green screen, biasanya artis akan dilarang memakai baju yang berwarna hijau.

Cara Membuat Video Jadi Green Screen

Cara Membuat Video Jadi Green Screen
Membuat Video Jadi Green Screen

Membuat Video Jadi Green Screen

Jika awalnya untuk menciptakan green screen video, Kamu harus mempersiapkan background kain yang berwarna hijau, tapi kini kita bisa mengandalkan aplikasi. Sebenarnya ada banyak pilihan aplikasi untuk edit video dengan pilihan video green screen di iOS atau di Play Store android. Namun untuk lebih jelasnya, berikut cara membuat video jadi green screen!

Metode 1 : Tutorial Membuat Video Green Screen di Unscreen

Salah satu program yang bisa membantumu untuk membuat video green screen adalah Unscreen. Dengan website ini, Kamu bisa membuat video green screen tanpa harus mengunduh aplikasi. Selain itu, Kamu juga dapat mengubah gambar berformat GIF ke dalam green screen.

Adapun cara membuat video jadi green screen dengan Unscreen ialah sebagai berikut :

1. Buka Google Chrome di PC atau di Android/iOS

Pastikan hanya memakai browser Chrome di perangkat android atau komputer atau iOSmu. Lalu ketikkan Unscreen di laman pencarian lalu pilih “upload clip” jika ingin mengambil video di galeri perangkat atau komputermu. Kamu juga bisa memilih “Search GIF” jika ingin mencari gambar berformat GIF di Unscreen.

2. Pilih Video dari Galeri

Langkah kedua, silahkan pilih video pada galeri hp atau komputermu. Sebagai catatan, tak perlu mencari video berdurasi panjang, sebab aplikasi Unscreen hanya membuat video dengan waktu 5 detik saja.

3. Menghapus Background Video

Tahapan selanjutnya teknologi kecerdasan buatan atau Artificial Intellgence yang tersimpan pada Unscreen web, akan bekerja langsung untuk menghapus latar gambar GIF atau video.

4. Menambahkan Tampilan Green Screen

Setelah background-nya terhapus, untuk menampilkan green screen pada video maupun gambar GIF, silahkan tekan “Color” lalu tekan “Green Screen”. Selanjutnya tekan tombol “download” jika ingin menyimpan video.

5. Menambahkan Tampilan Gambar atau Video (Opsional)

Sebenarnya setelah Kamu menyelesaikan keempat tahapan di atas, cara membuat video jadi green screen sudah selesai. Namun Kamu juga bisa menambahkan tampilan gambar, warna atau video ke dalam gambar GIF atau video yang sudah dihapus latarnya. Ini bersifat opsional, jadi selamat mencoba!

Metode 2 : Tutorial Membuat Video Green Screen di Adobe Premiere Pro

Jika Kamu sudah memiliki Adobe Premiere di PC atau komputer, Kamu bisa mencoba cara membuat video jadi green screen menggunakan Adobe Premiere berikut ini :

1. Membuat Video Green Screen

Untuk membuat video green screen pada Adobe Premiere Pro, Kamu harus mengimpor video yang ingin diedit terlebih dahulu. Persiapkan 2 buah video yang ingin Kamu impor, yakni video yang memiliki background hijau serta video yang background-nya berwarna lain untuk penggantinya.

Saat mengimpor video, sebaiknya posisikan video menggunakan background green screen tepat di atas video yang lain untuk dijadikan background. Maka dari itu, sebelum mengeditnya, sebaiknya pilih video yang lain untuk dijadikan latar nantinya.

2. Menampilkan Menu Effect

Setelah itu, tekan menu “Effect”. Adapun caranya, tinggal pilih “Window” lalu tekan submenu “effect”. Jika sudah, pilih “Video Effect”. Di dalam menu ini biasanya ada banyak opsi efek yang dapat dipakai.

3. Pilih Chroma Key

Berdasarkan efek-efek yang ada, Kamu bisa mencari dan menemukan “Chroma Key” effect. Jika sudah menemukan efek Chroma Key, selanjutnya drag atau tarik ke worksheet tempat video green screen berada.

4. Memilih “Effect Controls”

Cara membuat video jadi green screen berikutnya ialah pilih opsi “Effect controls” di samping layar tampilan. Di dalam menu tersebut, Kamu bisa melakukan drop down caranya klik ikon panah ke arah bawah pada “Chroma Key”. Sesudah itu, Kamu akan ditampilkan berbagai pilihan warna untuk dipilih.

5. Pilih “Color” dan Tekan Warna “Hijau”

Langkah berikutnya, Kamu akan menemukan beberapa opsi efek yang dapat dipakai. Dalam menu tersebut, pilih “Color”. dari sana, Kamu dapat melihat pipet dan kolom warna berwarna putih. Silahkan pilih menjadi warna hijau.

6. Melakukan Pengaturan Efek Lainnya

Cara membuat video jadi green screen selanjutnya ialah mengatur efek yang lainnya pada opsi efek tersebut. Apabila ingin menganti background dari yang berwarna hijau ke background lain, cukup atur di kolom efek. Adapun efek yang harus diubah ialah pilihan “Similarity”. Sehingga background berwarna hijau pada videomu nantinya akan berubah sesuai background yang sudah dipilih sebelumnya.

Metode 3 : Tutorial Membuat Video Green Screen di Capcut

Akan tetapi, jika Kamu ingin menciptakan video green screen, Kamu bisa mencoba aplikasi Capcut. Dengan aplikasi yang satu ini, Kamu dapat membuat video berlayar hijau tanpa menggunakan batasan durasi. Di samping itu, Kamu juga tak perlu mengubah bagian video apapun. Hal ini dikarenakan aplikasi ini secara otomatis akan menghapus background di videomu. Berikut ulasannya :

1. Download Gambar Green Screen

Silahkan unduh gambar layar hijau atau green screen lewat web browser yang tersedia dalam perangkat androidmu.

2. Buka Aplikasi Capcut

Kini Kamu tinggal membuka Capcut Apps yang telah terinstall di androidmu. Silahkan pilih “+ Proyek Baru” jika ingin memulai pembuatan video. Silahkan cari, lalu pilih gambar berlayar hijau yang telah diunduh sebelumnya. Lalu tekan “tambah”.

3. Tap di Layar Green Screen

Jika ingin memperpanjang durasi atau lamanya video, silahkan tap di layar berwarna hijau, dan tap di samping yang berwarna putih tepat di sebelah kanan lalu geser ke arah kanan. Lakukan pengaturan durasi sesuai kebutuhan videomu. Jika sudah kembali lagi ke titik awal pada video.

4. Pilih “Overlay” Untuk Tambahkan Video

Silahkan tap pada bagian manapun di luar layar yang berwarna hijau tadi untuk menampilkan bagian menu utama. Lakukan tap “overlay” jika ingin menambahkan video. Tap lagi “Tambahkan overlay”, lalu pilih mana video yang akan Kamu buatkan layar berwarna hijau. Selanjutnya tap “Tambahkan”.

5. Menghapus Latar Belakang

Perbesar ukuran pada video sesuai kebutuhan, lalu tap “Hapus Latar Belakang”

6. Tap Export

Selesai, kini Kamu bisa menunggu sampai penghapusan background video selesai. Jika sudah, silahkan tap pada tombol export jika ingin mengkonversi video ke dalam file MP4.

Setelah mengikuti langkah-langkah cara membuat video jadi green screen di atas, videomu pun akan berubah warnanya menjadi green screen.

Ulasan Lainnya:

Related posts