Cara Daftar Internet Banking BRI Lewat Hp Android

Cara daftar internet banking BRI lewat Hp android bisa menjadi pilihan paling mudah, karena Kamu tak perlu mendatangi kantor cabang BRI atau gerai ATM. Dengan adanya internet banking BRI tentu saja semakin mempermudah transaksi perbankan non tunai para nasabah. Agar bisa menikmati layanan internet banking ini, Kamu harus mendaftar terlebih dahulu.

Melalui kecanggihan yang disuguhkan, bahkan cara mendaftar internet banking BRI sekalipun sudah dapat dilakukan dengan hanya mengandalkan Hp android saja. Di samping bisa dilakukan dengan cepat dan mudah, berbagai macam keunggulan pun bisa Kamu dapatkan. Agar pendaftaranberhasil dilakukan, Kamu bisa ikuti panduannya dalam artikel ini.

Persyaratan Daftar Internet Banking BRI

Dengan mengikuti cara daftar internet banking BRI, tentu saja para nasabah dapat menikmati layanan finansial secara praktis. Selain itu untuk mengaksesnya juga sangat fleksibel, dapat dilakukan lewat PC atau Hp.

Seelum Kamu mengaktifkan layanan internet banking BRi, maka harus mempersiapkan beberapa persyaratan di bawah ini terlebih dahulu :

1. Identitas Diri

Kartu identitas menjadi salah satu syarat utama dalam pendaftaran internet banking BRI. Kamu bisa menyertakan paspor atau KTP. Selain itu, beberapa bank pun kerap memperbolehkan pemakaian SIM untuk dijadikan identitas dalam mengaktifkan layanan ini.

2. Buku Tabungan

Selain kartu identitas, Kamu juga harus membawa serta buku tabungan saat mendaftarkan layanan internet banking BRI. Entah itu bagi nasabah tabungan berjenis Junio, BritAma dan Simpedes. Oleh karena itu, pastikan buku tabunganmu masih aktif.

3. Hp atau Smartphone

Hp atau smartphone digunakan untuk memudahkan verifikasi data nasabah. Jadi, pastikan Kamu memakai sim card tertentu yang telah bekerja sama dengan bank BRI guna mengaktifkan layanan internet banking BRI.  Ada beberapa provider diantaranya Indosat, Bakri Telkom, Mobile-8,  Telkomsel dan Telkom Flexy.

4. Akun Email

Pesiapkan akun email aktif yang digunakan untuk mendapatkan notifikasi aktivasi internet banking bank BRI.

Jika semua persyaratan sudah lengkap, Kamu tinggal mendaftar internet banking BRI. Sebenarnya sebelum cara daftar internet banking BRI lewat Hp android, Kamu harus mendaftar terlebih dahlu di kantor cabang atau mesin ATM.

Cara Daftar Internet Banking BRI Lewat Hp Android

Cara Daftar Internet Banking BRI Lewat Hp Android
Mendaftar Internet Banking BRI Lewat Hp Android

Mendaftar Internet Banking BRI Lewat ATM

Seperti sudah disinggung sebelumnya, bahwa untuk melakukan pendaftaran layanan internet banking BRI sendiri bisa dilakukan di ATM ataupun di kantor cabang. Sedangkan cara daftar internet banking BRI lewat Hp android bisa dikatakan sebagai aktivasi.

Adapun untuk mendaftar internet banking BRI lewat ATM sendiri, ada beberapa lagkah yang harus dilakukan, berikut ini :

  • Pertama-tama, silahkan datangi gerai ATM BRI setempat, lalu masukkan kartu debit/ATM BRI.
  • Silahkan inputkan PIN ATM BRI-mu.
  • Selanjutnya pilih opsi “Menu Lainnya” dan pilih “Internet Banking”.
  • Kamu akan diminta untuk menginputkan password yang digunakan untuk mengakses internet banking. Silahkan buat password berupa angka unik yang mudah diingat.
  • Kemudian ulangi password tersebut untuk konfirmasi. Apabila gagal, kemungkinan password yang Kamu ketik berbeda.
  • Lalu Kamu akan langsung mendapatkan user ID untuk akses internet banking.
  • Jika sudah selesai, Kamu akan menerima struk berisi password dan user ID akun IB BRI.
  • Silahkan simpan struk untuk memudahkan aktivaasi.

Meskpipun sudah melakukan pendaftaran di gerai ATM, namun Kamu harus tetap pergi ke bank BRI untuk melakukan verifikasi dan aktivasi. Selain itu juga untuk memperoleh mToken yang nantinya digunakan sebagai tambahan pengaman.

Mendaftar Internet Banking BRI Lewat Kantor Cabang BRI

Cara mendaftar internet banking BRI selanjutnya dapat dilakukan di kantor cabang bank BRI terdekat, pastikan membawa serta persyaratan dokumen yang telah disebutkan sebelumnya di atas.

Jika Kamu sudah mempersiapkan semua persyaratannya, maka langsung saja mendaftar layanan internet banking BRI lewat Customer Service. Silahkan kunjungi kantor cabang BRI terdekat dari lokasi tempat tinggalmu.

Silahkan ambil nomor antrian ke customer service, dan setalah nomor antrianmu terpanggil langsung menuju meja customer service. Kamu bisa mengutarakan maksud kedatanganmu ke kantor cabang BRI untuk registrasi dan aktivasi layanan IB BRI.

Biasanya mereka akan menyerahkan formulir registrasi, silahkan isi kolom dengan data-data dirimu lengkap. Jika sudah diisi dengan benar, serahkan formulir ke CS dan tunggu staf CS memproses pendaftaranmu. Jika sudah selesai, Kamu pun akan langsung mendapatkan m-Token untuk aktivasi.

Mendaftar Internet Banking BRI Lewat Hp Android

Jika kedua tahapan di atas sudah Kamu lakukan, selanjutnya Kamu bisa melakukan cara daftar internet banking BRI lewat Hp android untuk aktivasi. Adapun langkah-langkahnya ialah sebagai berikut :

  • Langkah pertama, silahkan buka situs resmi BRI di sini lewat Hp androidmu!
  • Lalu inputkan user ID dan password beserta kode captcha yang digunakan untuk validasi.
  • Jika sudah, silahkan masuk ke syarat dan ketentuan. Selanjutnya klik “Setuju”.
  • Setelah itu, Kamu akan langsung dimohon untuk mengganti password akun IB BRI dan masukkan juga email yang masih aktif.
  • Selesai, dan kini akun internet banking BRI-mu sudah dapat dipakai kembali.

Itulah beberapa langkah cara daftar internet banking BRI lewat Hp android yang bisa Kamu coba. Kini Kamu tinggal mengakses internet banking BRI saja. Akan tetapi, layanan IB BRI ini hanya bisa dipakai untuk transaksi non finansial saja, seperti untuk cek rekening BRI dan mutasi rekening.

Jika Kamu ingin menikmati fasilitas transaksi finansial dari internet banking, maka harus melakukan aktivasi m-Token BRI terlebih dahulu.

Cara Aktivasi m-Token Untuk Internet Banking BRI

Setelah mengikuti cara daftar internet banking BRI, kini saatnya Kamu melakukan aktivasi m-Token BRI untuk bisa mengakses berbagai macam transaksi, mulai dari pembayaran tagihan, transfer dana, pembelian pulsa atau lainnya, ganti alamat email dan password.

Untuk mendaftar m-Token BRI Kamu bisa mencobanya di seluruh kantor cabang bank BRI dengan mengisi formulir permohonan dan menandatanganinya. Silahkan aktivasi, dengan cara datang ke kantor cabang BRI langsung. Pastikan Kamu membawa serta Hp dan buku tabunganmu.

Panduan Menggunakan Layanan Internet Banking BRI

Kamu harus berhati-hati menggunakan fitur internet banking BRI. Ada banyak resiko yang mungkin saja terjadi, terutama aksi kejahatan dari oknum-oknum tertentu yang tak bertanggung jawab.

Kamu harus menghindari resiko tersebut sebisa mungkin, dengan panduan berikut ini :

  • Pastikan untuk mengakses layanan IB BRI hanya lewat situs web BRI saja di www.ib.bri.co.id.
  • Harus selalu menjaga kerahasiaan user ID dan password IB BRI-mu.
  • Jangan pernah menyimpan passwordmu di gadget atau PC secara otomatis, karena terlalu riskan.
  • Silahkan ganti password dengan cara berkala.
  • Hindari login atau mengakses internet banking BRI melalui koneksi atau jaringan internet fasilitas umum.
  • Apabila Kamu mengalami hal-hal mencurigakan, silahkan hubungi layanan call center BRI di nomor 1500017 atau 14017.

Dengan mengikuti panduan cara daftar internet banking BRI lewat Hp android di atas, Kamu sudah bisa mengakses internet banking kapan saja dan dimana saja hanya menggunakan smartphone. Pastikan ikuti panduan tips menggunakan layanan IB BRI dengan aman!

 

 

 

 

 

 

 

 

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019