Cara Buat CV Menarik: 8 Point Rahasia Paling Estetik

Cara Buat CV Menarik
Cara Buat CV Menarik

Curriculum Vitae (CV) yang menarik akan membuat CV Anda dilirik oleh HRD (Human Resources Development) sehingga kemungkinan Anda untuk diterima kerja semakin besar. Untuk itu, pada artikel kali ini akan dibahas cara buat CV menarik.

CV yang menarik tidak hanya terletak pada desain saja, akan tetapi juga terletak pada data diri Anda dan juga sistem pencatatan yang runut dan jelas.

Read More

Melalui CV inilah, para HRD akan menyeleksi Anda terlebih dahulu untuk memudahkan dalam mengevaluasi dan mengetahui kompetensi Anda. Jika CV Anda menarik, HRD tidak akan ragu memanggil Anda untuk melakukan tes wawancara kerja.

Sebelum membahas tentang cara buat CV menarik, hal pertama yang perlu Anda ketahui adalah apa itu CV. Curriculum Vitae (CV) secara singkat bisa diartikan sebagai daftar riwayat hidup. Daftar ini merupakan syarat penting untuk Anda yang tengah melamar pekerjaan.

Curriculum vitae atau yang lebih dikenal dengan sebutan daftar riwayat hidup merupakan informasi diri dari pencari kerja. Isi CV bisa mencakup banyak hal, di antaranya adalah nama, tempat tanggal lahir, alamat dan lain sebagainya. Tidak ketinggalan juga pengalaman bekerja.

CV yang menarik tidak hanya berisi identitas diri, pendidikan, dan pengalaman kerja atau organisasi saja. Ada detail-detail tambahan seperti skill dan lain sebaginya agar daftar riwayat hidup Anda jadi menarik di mata HRD.

HRD bisa menerima ratusan hingga ribuan CV. Biasanya HRD hanya perlu menghabiskan sekitar 6-10 detik untuk melihat sebuah CV. Karena itu, first impressions sebuah CV adalah hal yang amat penting. Jika dianggap menarik, maka HRD akan lanjut membaca keseluruhan CV yang Anda buat. Namun apabila dianggap tidak menarik maka akan terlewat begitu saja.

Cara Buat CV Menarik

Cara Buat CV Menarik
Cara Buat CV Menarik

Sekarang mari kita bahas cara buat CV menarik. CV yang menarik adalah yang berisi informasi mengenai daftar riwayat hidup Anda secara jelas dan detail, tapi juga singkat dan tidak berlebihan dalam memberikan informasi.

Banyak orang berlomba-lomba membuat CV sekreatif dan sepanjang mungkin dengan harapan bisa dilirik oleh HRD. Namun, tahukah Anda, sering kali CV tidak dibaca dengan seksama oleh HRD? Bahkan ada yang tidak diminati karena kualitas CV yang kurang menarik.

Dengan CV yang menarik, peluang Anda untuk bekerja di perusahaan impian semakin besar. Untuk mengetahui cara buat CV menarik, Anda perlu memperhatikan beberapa hal berikut ini:

1. Desain yang Kreatif

Cara buat CV menarik yang pertama adalah desain dari CV yang Anda kirimkan. Menghadapi saingan yang jumlahnya tidak sedikit, pastikan desain CV yang Anda kirimkan kreatif dan menarik untuk dilihat.

Apabila tempat atau posisi yang ingin Anda lamar adalah perusahaan yang bergerak di bidang industri kreatif seperti agensi periklanan, film, maupun desain, maka Anda bisa membuat CV dengan semenarik mungkin. Namun, apabila Anda melamar pekerjaan di perusahaan yang bergerak di bidang umum atau mungkin instansi pemerintah, Anda cukup membuat CV menjadi lebih menarik dengan komposisi warna dan tulisan yang pas.

Tidak perlu khawatir jika Anda tidak mahir dalam membuat desain. Saat ini, sudah banyak website yang menyediakan template desain CV secara gratis.

Terkait: Cara Kirim Lamaran Kerja Lewat Email

2. Tulis Informasi Identitas Seperlunya Saja

Hal mendasar dari sebuah CV adalah identitas diri. Identitas diri merupakan hal yang wajib tercantum dalam CV. Namun, banyak orang yang melakukan kesalahan dalam menuliskan identitas diri. Identitas yang perlu dicantumkan dalam CV sebaiknya adalah nama lengkap dan kontak yang bisa dihubungi seperti nomor handphone, email, ataupun sosial media saja.

Kebanyakan orang mencantumkan identitas secara lengkap dan mendetail, seperti tempat tanggal lahir, alamat lengkap, golongan darah, agama, hingga hobi. Ini tidak perlu dilakukan karena berlebihan, kecuali diminta mencantumkan oleh recruiter.

Sebagai opsional, Anda bisa menambahkan foto diri apabila diminta oleh perusahaan atau instansi yang Anda lamar. Foto yang disertakan tergantung persyaratan perusahaan, bisa formal maupun casual.

Selain nama dan kontak, hal lain yang penting untuk Anda cantumkan adalah pendidikan. Jika Anda seorang tamatan sarjana, Anda tidak perlu menulis riwayat pendidikan sejak sekolah dasar. Cukup menyertakan pendidikan terakhir Anda yakni nama universitas dan program studi atau jurusannya. Sertakan juga pada tahun berapa Anda mulai berkuliah hingga tahun Anda lulus. Jangan lupa juga mencantumkan IPK juga. Hal ini cukup membantu agar CV Anda dipertimbangkan oleh HRD.

3. Tulis Pengalaman Kerja Secara Jelas

Cara buat CV menarik selanjutnya adalah mencantumkan pengalaman kerja secara jelas. Perlu diketahui, pengalaman kerja merupakan instrumen terpenting di dalam CV. Untuk membuat CV menjadi lebih menarik, pengalaman kerja yang Anda miliki harus dicantumkan secara runtut dan jelas.

Agar HRD bisa mengetahui tingkat kompetensi Anda, sertakan tugas dan peran Anda selama menjalani pekerjaan tersebut terlebih bila pengalaman kerja Anda berhubungan dengan pekerjaan yang Anda lamar saat ini. Selain itu, cantumkan pengalaman kerja terakhir Anda di urutan pertama terlebih dahulu, baru kemudian dicantumkan secara berurutan ke pengalaman kerja Anda yang paling awal. Yang terpenting, jangan lupa untuk mencantumkan berapa lama Anda bekerja di sana.

Untuk Anda yang berstatus fresh graduate tidak perlu khawatir. Cara buat CV menarik bisa dengan mencantumkan pengalaman magang yang Anda miliki selama masa perkuliahan. Jangan lupa juga sertakan tugas dan peran Anda selama menjalani masa magang tersebut.

Sebagai tambahan, jangan ragu untuk menyertakan pengalaman organisasi bila Anda memang memilikinya. Sertakan juga jabatan dan tugas Anda selama tergabung dalam organisasi tersebut.

Terkait: Cara Membuat Lamaran Kerja Lewat email

4. Cantumkan Skill dan Kemampuan yang Anda Miliki

Salah satu cara buat CV menarik lainnya adalah dengan mencantumkan skill atau kemampuan yang Anda miliki. Meski begitu, tidak perlu mencantumkan seluruh skill yang Anda miliki. Cukup sertakan kemampuan yang berhubungan dengan pekerjaan yang Anda miliki saja.

Skill ini terbagi menjadi dua, yaitu hard skill dan soft skill. Hard skill adalah kemampuan yang bisa diukur secara jelas, seperti fotografi, accounting dan lain-lain. Sedangkan soft skill adalah kemampuan yang hanya bisa dinilai oleh orang lain, seperti pekerja keras, memiliki public speaking yang baik, bisa bekerjasama dalam tim, dan lain-lain.

Menyebutkan Hard Skill di CV memang menjadi suatu kewajiban. Namun, tidak ada salahnya juga untuk mencamtumkan soft skill yang Anda miliki.

5. Sertakan Pelatihan/Kursus Bila Ada

Cara buat CV menarik selanjutnya adalah dengan menyertakan pelatihan, kursus, maupun sertifikasi yang Anda miliki. Tambahan pelatihan atau kursus akan makin memperkuat nilai skill yang Anda miliki. Informasi ini akan membuat Anda mendapat nilai tambah di mata HRD terlebih bila pelatihan atau kursus yang Anda miliki adalah sesuatu yang khusus dan tidak banyak dimiliki oleh orang lain.

6. Sisipkan Kontak Referensi

Informasi selanjutnya yang bisa dicantumkan dalam CV adalah kontak referensi. Adapun tujuan dari kontak referensi ini adalah memberikan informasi penting dari pihak ketiga terkait kompetensi terhadap pekerjaan yang akan diberikan oleh perusahaan pada Anda.

Tetapi, sebelum  mencantumkan informasi referensi, pastikan Anda telah meminta izin pada orang yang nomornya dicantumkan sebagai referensi.

7. Tunjukkan Kemampuan Bahasa Asing yang Anda Kuasai

Jika Anda menguasai bahasa asing, cobalah untuk menulis CV Anda dengan menggunakan bahasa Inggris. Sering kali CV yang menggunakan bahasa asing menjadi daya tarik tersendiri bagi setiap perusahaan, terlebih lagi jika perusahaan yang Anda lamar adalah perusahaan multinasional.

Namun, gunakanlah tata bahasa asing yang benar dan formal. Hindari penggunaan kata-kata slang, dan tulis dengan simple namun tetap dimengerti oleh pembaca.

8. Tambahkan Informasi Sosial Media

Cobalah untuk menyisipkan sosial media di CV Anda, seperti akun instagram, facebook ataupun Linkedln. Usahakan untuk membuat halaman sosial media Anda terlihat lebih menarik. Karena, dengan begitu HRD pun akan lebih bisa menilai pribadi Anda lebih jauh.

Tetapi, pastikan kembali bahwa Anda tidak pernah memposting hal yang melanggar hukum ataupun SARA, karena itu akan membuat kesan Anda menjadi buruk.

Itulah delapan point cara buat CV menarik. Dengan CV yang menarik, membuat peluang Anda untuk diterima kerja semakin besar. Selamat mencoba dan semoga tulisan ini bermanfaat.

Related posts