Cara Hemat Kuota Instagram

  • Whatsapp

Tahukah Kamu bagaimana cara hemat kuota Instagram? Kita tahu bahwa Instagram termasuk salah satu aplikasi yang bisa menyedot banyak kuota internet. Saat membuka Instagram, maka kita akan mengakses konten dengan kapasitas cukup besar. Seperti saat membuka foto dan video yang beresolusi tinggi, jadi paket kuota internet yang digunakannya juga semakin besar.

Kita ketahui bahwa file media video dan foto adalah file paling banyak menghabiskan kuota internet. Karena itulah, Kamu memerlukan trik cara hemat kuota Instagram. Simak panduannya di bawah ini!

Cara Hemat Kuota Instagram

Cara Hemat Kuota Instagram
Menghemat Kuota Instagram

Menghemat Kuota Instagram

Ada beberapa cara hemat kuota Instagram untuk meminimalisir konsumsi pulsa internet sehingga Kamu tidak terlalu dipusingkan dengan pengeluaran biaya kuota yang membengkak hanya karena mengakses Instagram. Penasaran dengan tutorialnya? simak panduannya berikut!

1. Mengaktifkan “Penghemat Data” di Instagram

Penghemat Data pada Instagram bekerja dengan cara memuat video pada bagian lebih akhir. Jika Kamu tidak memakai fitur tersebut, maka video yang dimuat menjadi lebih awal, sebelum Kamu menggulirnya ke video tersebut. Melalui opsi Penghemat Data ini, maka video hanyaa bisa di load ketika Kamu mlihat videonya langsung dilayar Kamju. Sehingga jika scroll ke bawah dengan cepat, kemungkinan bisa saja videonya menjadi tidak di load. Simak ulasannya :

  • Langkah pertama, silahkan buka profil Instagram, lalu pilih opsi “Hamburger” atau menu 3 garis horizontal di pojok samping kanan atas.
  • Silahkan tap “Pengaturan”.
  • Setelah itu, pilih “Akun”.
  • Gulir ke bawah kemudian tap “Penggunaan Data Seluler”.
  • Kemudian aktifkan “Penghemat Data” caranya dnegan menggeser bagian tombol slide ke samping kanan hingga berubah menjadi warna biru.
Terkait:  Cara Cek Kuota XL

2. Pakai Media Bersolusi Rendah Dalam Jaringan Seluler

Kita tahu bahwa semakin besar resolusi media baik foto maupun video yang ada, maka IG yang Kamu akses bisa menghabiskan kuota lebih besar. Nah, inilah faktor kenapa kuota internetmu jadi lebih mudah habis.

Selain cara hemat kuota Instagram dengan mengaktifkan penghemat data Instagram, Kamu juga harus mengatur supaya media yang beresolusi tinggi dan menghabiskan banyak kuota hanya disajikan dalam jaringan Wifi. Berikut panduannya :

  • Pertama-tama sama seperti cara sebelumnya. Kamu tinggal mengikuti poin 1 sampai poin keempat di tutorial sebelumnya.
  • Lalu tinggal pilih opsi “Media Beresolusi Tinggi” di Pengaturan Data Seluler.
  • Kemudian pilih “Wifi Saja”, alternatif lain pilih “Tidak Pernah”.

Sebagai catatan, jika Kamu memilih opsi “Tidak Pernah” maka dengan otomatis akun instagrammu tidak pernah menampilkan video atau foto yang beresolusi tinggi, walaupun Kamu menggunakan Wifi. Adapun kelebihannya ialah dapat mengakses dengan cepat, meskipun Wifinya sedang tidak stabil/lemot. Sementara kekurangannya cukup jelas, yaitu kualitas video dan gambar yang ditampilkannya lebih rendah.

Sementara jika memilih “Wifi Saja”, Kamu tetap bisa melihat video atau foto beresolusi tinggi ketika Hpmu tersambung ke dalam Wifi. Jika menggunakan paket data, maka resolusi video atau fotonya akan direndahkan.

Memilih “Seluler dan wifi”, membuat tampilan Instagrammu tetap bisa menampilkan video atau foto yang beresolusi tinggi, entah itu memakai jaringan Wifi maupun paket data. Hanya saja, jika Kamu ingin menghemat kuota Instagram opsi ini sangat tidak dianjurkan.

Cara menghemat kuota Instagram paling disarankan yaitu memilih “Wifi Saja”. Jika Kamu memilih menu ini, maka Kamu dapat menghemat kuota Instagram jika memakai jaringan seluler, tapi tetap dapat menikmati gambar dan video berkualitas HD ketika memakai Wifi.

Terkait:  Cara IG Centang Biru

3. Mengurangi Durasi Pemakaian Instagram

Seperti kita ketahui, semakin lama membuka Instagram tentu saja semakin besar juga kuota internet yang digunakan. Di samping itu, aktivitas yang Kamu lakukan di Instagram juga ikut berpengaruh. Berdasarkan pengamatan, biasanya penggunaan kuota Instagram menghabiskan jumlah kuota yang berbeda tergantung dari aktivitasnya. Berikut ini:

  • Jika Kamu menonton video selama 1 menit di Instagram, maka bisa menghabiskan kuota kurang lebih 7 MB.
  • Apabila menghabiskan 1 menit saja untuk melihat Instastory dan foto, maka kuota yang dihabiskan bisa mencapai 6 MB.
  • Dengan menghabiskan 1 menit live Instagram maka akan menghabiskan kuota kira-kira 7,5 MB.

Bisa disimpulkan bahwa rata-rata untuk 1 menit kuota yang dihabiskan sebesar 6-7 MB saat bermain instagram. Oleh karena itu, untuk meminimalisir konsumsi penggunaan kuota sebaiknya kurangi waktu pemakaian Instagram.

4. Nonaktifkan Notifikasi Kurang Penting

Cara hemat kuota Instagram berikutnya ialah dengan menonaktifkan notifikasi di Instagram yang sifatnya tidak penting. Dimana semakin banyak pemberitahuan, maka semakin sering pula Kamu membuka akun Instagram, sehingga bisa menghabiskan banyak kuota.

Sehingga dengan mengurangi pemberitahuan yang diterima, maka Kamu bisa mengurangi pemakaian kuota. Berikut tutorialnya :

  • Langkah pertama, silahkan buka profil Instagram lalu pilih opsi hamburger yang ada di samping kanan atas.
  • Tekan menu “Pengaturan”.
  • Kemudian pilih “Notifikasi”.
  • Setelah itu, Kamu dapat melakukan pengaturan jenis pemberitahuan yang akan dimatikan. Jika Kamu ingin mematikan seluruh postingan, silahkan pilih opsi “Jeda Semua”. Kemudian akan muncul beberapa pilihan waktu. Dari sini Kamu dapat memilih waktu mulai 15 menit hingga 8 jam jika ingin berhenti mendapatkan notifikasi/pemberitahuan dari Instagram.
  • Di samping juga dapat menonaktifkan notifikasi tertentu dengan cara permanen. Seperti dapat mematikan pemberitahuan siaran langsung, pemberitahuan pesan, dan lain sebagainya. Kamu hanya perlu mengaktifkan pemberitahuan pentingnya saja.
Terkait:  Cara Cek Kuota Axis

Walaupun terlihat sepele, namun cara menghemat kuota Instagram ini sangat efektif dilakukan. Jika notifikasi dibiarkan aktif, secara otomatis Instagram tetap bekerja dalam background. Di samping itu, setiap pemberitahuan masuk, maka Kamu akan “dipaksa” membukanya, walaupun tak terlalu penting.

5. Kurangi Postingan File Media yang Berukuran Besar

Salah satu faktor yang menyebabkan kuota internet mudah ialah karena Kamu seringkali memposting file media yang berukkuran besar. Adapun hal yang sering dilakukan ialah memposting video aktivitas yang Kamu lakukan, kemudian di upload ke dalam Instastory atau dalam postingan. Hal tersebut justru memiliki pengaruh sangat besar terhadap kuota internet.

Apabila satu foto berukuran hanya beberapa MB saja tergantung resolusinya, maka satu video bisa saja ukuran filenya mencapai puluhan sampai ratusan MB, menyesuaikan durasi dan resolusinya.

Oleh karena itu, cara hemat kuota Instagram paling efektif saat tidak terkoneksi pada jaringan Wifi adalah mengurangi upload file media yang berukuran besar. Sebaiknya tunda upload video sampai Kamu mempunyai akses Wifi. Jika memang tak memiliki akses Wifi, sebaiknya kurangi mengupload video.

6. Memperbanyak Pembuatan Konten Berkualitas

Apabila Kamu mengkonsumsi atau melihat konten di IG, maka dalam 1 menit saja Kamu dapat menghabiskan kuota sampai 6-7 MB. Sementara jika membuat sebuah konten, maka dalam 1 menit saja Kamu bisa mengunggah 1 foto yang berkualitas. Hal tersebut karena pengambilan foto, editing, pemilihan efek, dan lainnya dapat menghabiskan waktu 1 menit hinga lebih. Selain itu, kuota yang digunakan saat itu adalah hanya kuota yang dipakai untuk mengunggah 1 foto saja.

Nah, itulah 6 cara hemat kuota Instagram yang bisa Kamu coba agar biaya yang dikeluarkan untuk membeli pulsa atau kuota internet lebih irit. Semoga bermanfaat!

 

 

Related posts