Cara Agar Rambut Tidak Mengembang dan Kering di Segala Situasi

Cara Agar Rambut Tidak Mengembang
Cara Agar Rambut Tidak Mengembang

Sering dibilang rambutnya mirip dengan singa? Eits, itu sih masalah gampang! Atasi saja langsung dengan cara agar rambut tidak mengembang. Lawan omongan julid teman atau tetanggamu dengan tampilan rambut yang lebih baik.

Perawatannya bisa kamu lakukan di rumah loh, tidak perlu ke salon mahal. Kamu bisa gunakan bahan-bahan alami atau produk hair care dari berbagai merek yang sudah beredar luas di pasaran. Cari yang cocok ya untuk rambutmu!

Apa sih yang Harus Dilakukan Saat Rambut Jadi Mengembang?

Rambut mengembang sebenarnya bukanlah suatu hal yang buruk. Justru banyak orang yang menginginkan model rambutnya sengaja dibuat bervolume. Tapi, apakah ada cara khusus untuk jadikan rambut terlihat tidak megar?

Tentu ada dong. Ada banyak cara yang bisa kamu coba sendiri di rumah dengan peralatan yang kamu miliki. Supaya hssilnya lebih maksimal lagi, kenali terlebih dahulu jenis kulit kepala masing-masing ya…

Cara Agar Rambut Tidak Mengembang

Cara Agar Rambut Tidak Mengembang
Cara Agar Rambut Tidak Mengembang

Secara umum, ada tiga jenis tipe kulit kepala yang perlu kamu ketahui. Tetapi, kali ini kamu akan kenali 5 macam sekaligus. Mulai dari kombinasi, berminyak, berketombe, kering, dan normal.

Kalau kamu sudah tahu jenis kulit kepalamu, kita lanjutkan ke cara penanganan sederhana untuk bantu rambut agar tidak megar saat beraktivitas. Ini hal yang perlu kamu lakukan:

1. Gunakan Masker Alami Hasil Racikan Sendiri

Coba deh awali perawatan rambutmu dengan meracik masker sendiri. Sudah pasti komposisinya aman, dan budget yang dikeluarkan juga jauh lebih minim dibandingkan kamu membeli produk instan di luaran sana.

Masukkan satu cup santan. lalu tambahkan madu sebanyak satu sendok makan. Aduk secara merata, dan diamkan selama 1 jam setelah diplikasikan ke rambut. Setelah itu, bilas hingga bersih.

2. Ganti Hair Dryer dengan Diffuser

Media lain yang dapat kamu gunakan untuk mengeringkan rambut dengan cepat adalah diffuser. Memang asing ya, tapi alat satu ini sangat membantumu untuk mengurangi pemaparan panas yang berlebih ke rambut.

3. Bungkus Rambut dengan Syal atau Selendang

Cara agar rambut tidak mengembang lainnya dapat kamu lakukan dengan membungkus rambut dengan selendang atau syal saat tidur. Pastikan rambut benar-benar dalam kondisi kering sebelum kamu melakukan hal tersebut.

4. Menggulung Rambut

Manfaatkan roll rambut yang kamu miliki untuk mengurangi efek megar. Caranya mudah loh, cukup pasang roll ke rambut yang masih basah. Gunakan penggulung rambut yang ukurannya besar, dan diamkan sampai rambut kering.

5. Pakai Shampoo dengan PH yang Seimbang

Penggunaan shampoo yang memiliki kadar PH seimbang sangat bagus untuk membantu rambut agar tetap lembap dan sehat. Selain itu, kamu akan terbebas dari yang namanya rambut megar atau mengembang.

Cara Agar Rambut Tidak Mengembang dan Kering

Tips berikutnya untuk mengatasi persoalan rambut yang mudah mengembang dan kering, bisa nih kamu praktekan dengan cara berikut. Jangan hanya terfokus rawat dari luar saja, tapi dari dalam juga ya…

  1. Perbanyak minum air mineral sesuai kebutuhan tubuh kamu
  2. Hindari keseringan menggunakan pewarna rambut yang didalamnya mengandung bahan kimia
  3. Pakai kondisioner dan vitamin untuk menjaga kesehatan rambut
  4. Konsumsi makanan yang baik bagi rambut seperti ikan salmon
  5. Rutin bersihkan rambut setiap kali habis berolahraga atau melakukan aktivitas di luar ruangan

Rawat Rambut Agar Tidak mengembang dengan Bahan Alami

Tahukah kamu, ternyata ada beberapa bahan alam yang sangat baik untuk mengatasi permasalahan rambut yang kerap kali mengembang saat cuaca terlalu panas atau kelamaan menggunakan penutup rambut. Ini dia bahannya:

  1. Alpukat
  2. Telur
  3. Madu
  4. Cuka Apel
  5. Minyak Kelapa

Yup, itulah beberapa upaya yang dapat kamu coba untuk bantu menghilangkan rambut yang mengembang. Kurang nih, informasi tentang kesehatan rambutnya. Simak yuk, cara agar rambut tidak rontokLet us meet again..

 

Related posts