Ini Cara Agar Rambut Tidak Rontok dengan Bahan Alami!

Cara Agar Rambut Tidak Rontok
Cara Agar Rambut Tidak Rontok

Lawan rasa insecure kamu saat tampil di hadapan publik dengan menerapkan cara agar rambut tidak rontok. Tidak usah repot-repot konsultasi ke dokter ahli terlebih dahulu kalau memang gejala rontoknya tidak terlalu parah.

Karena disini, kamu bisa temukan berbagai cara penanganan yang tepat dan aman untuk kembalikan rambut supaya tampak tebal alami, sehat, dan berkilau. Awali penanganannya dengan langkah berikut:

Cara Agar Rambut Tidak Rontok

Cara Agar Rambut Tidak Rontok
Cara Agar Rambut Tidak Rontok

Mengatasi rambut termasuk ke dalam salah satu hal yang bisa dikategorikan mudah atau bahkan sebaliknya. Tetapi, sebelum itu kamu perlu tahu apa sih pengertian dari rambut rontok?

Rambut rontok adalah salah satu kondisi yang dialami oleh seseorang ketika dirinya kehilangan 50 hingga 100 helai dalam jangka waktu 24 jam. Jumlah ini bisa dibilang normal. Sebab, setiap hari rambut akan terus beregenerasi.

Apabila sudah melebihi dari jumlah 100 helai per harinya, itu artinya kamu butuh penanganan ekstra. Karena kalau dibiarkan maka akan mengakibatkan kebotakan secara menyeluruh.

Faktor-Faktor Penyebab Kerontokan

Berikut adalah beberapa faktor umum yang biasa terjadi pada seseorang sehingga tanpa disadari akan berdampak besar terhadap kesehatan pertumbuhan rambut. Pelajari selengkapnya di bawah ini:

  • Terlalu lelah atau stress secara fisik maupun emosional
  • Mengidap penyakit dengan infeksi yang berat, contoh: sifilis, infeksi jamur di kepala, dan lain-lain
  • Penurunan berat badan yang terlalu drastis dalam kurun waktu yang singkat
  • Adanya perubahan hormon pada tubuh, seperti ibu hamil dan menyusui
  • Kebiasaan menggunakan produk-produk perawatan rambu berbahan kimia kuat (cat rambut, bleaching)

Cara Agar Rambut Tidak Rontok Secara Alami

Kamu sudah paham kan faktor-faktor penyebabnya? Nah, sekarang kita beralih ke cara penanganannya supaya hal tersebut tidak semakin parah kamu alami. Ikuti langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Perbanyak konsumsi makanan yang mengandung vitamin A (bayam, ubi jalar, paprika, wortel)
  2. Rutin melakukan olahraga yoga untuk mengurangi tingkatan stress dalam diri
  3. Pijat kulit kepala minimal 4 menit dalam 1 hari secara rutin
  4. Beri nutrisi untuk rambut dengan konsumsi makanan berprotein (telur, ikan, kacang-kacangan)
  5. Lakukan diet mediterania dengan memakan sayur mentah seperti salad, kemangi, peterseli sebanyak 3 kali selama 1 minggu

Tips diatas dikutip dari situs Health Line yang sudah pasti direkomendasikan juga oleh para dokter ahli untuk bantu kamu atasi kerontokan rambut sedari dini.

Atasi Rambut Rontok Biar Jadi Tebal

Berikutnya, kita akan bahas bagaimana cara perawatan yang tepat untuk kembalikan rambut tipis agar terlihat jadi tebal seperti sebelum kamu mengalami kerontokan. Temukan caranya disini:

1. Kurangi Penggunaan Catok dan Blow pada Rambut

Mengurangi pemakaian catokan dan blow untuk mengatur style  pada rambut setiap harinya, ternyata cukup ampuh untuk kurangi kadar kerontokan. Pasalnya, suhu yang terlalu panas tidak baik bagi rambut. Atur di bawah 150οC.

2. Hindari Hal-hal yang Bisa Membuat Kamu Stress

Jauhi permasalahan hidup yang bisa membuat kadar stress dalam pikiran kamu semakin meningkat. Karena disaat kamu stress, maka hormon kortisol akan terlepas. Apabila jumlahnya terlalu banyak bisa membuat rambut jadi tipis.

3. Gunakan Sampo yang Tepat

Setelah kamu merasa cocok dengan satu merek sampo, sebaiknya pertahankan. Kalau perlu temukan komposisi di dalam sampo yang terkandung zat provitamin B5 serta yang diperkaya akan minyak beras. Biar rambut lebih sehat.

4. Pakai Penutup Kepala Saat Berada di Luar Ruangan

Gunakan topi, helm, atau payung untuk melindungi rambut kamu dari terkena paparan sinar matahari yang dapat merusak kulit kepala. Sehabis dari luar, segera lepas penutup kepala, dan bersihkan rambut dengan sampo.

5. Manfaatkan Bahan-bahan dari Alam

Ada banyak bahan-bahan dari alam yang khasiatnya sangat baik untuk mengurangi kerontokan pada rambut. Kamu coba saja sendiri gunakan minak zaitun, lidah buaya, atau minyak kelapa. Oleskan setiap kali habis keramas ya..

Gimana nih, kamu udah mulai merasa percaya diri lagi kan? Tinggal perhatikan outfit saat ingin keluar. Itu sih kecil, cukup lihat artikel berikutnya yang membahas cara agar sepatu tidak bau. Bye!

 

Related posts