Cara Agar Rambut Tidak Lepek dan Rontok Saat Pakai Helm

https://wigatos.com/?p=23107&preview=true
https://wigatos.com/?p=23107&preview=true

Miliki rambut sehat berkilau mulai dari sekarang! Atasi dengan ikuti cara agar rambut tidak lepek seperti yang akan disampaikan pada pembahasan kita kali ini. Tidak perlu mahal kok, kamu bisa mulai dari hal-hal kecil.

Cara Agar Rambut Tidak Lepek

Cara Agar Rambut Tidak Lepek
Cara Agar Rambut Tidak Lepek

Untuk itu, demi menjaga produksi minyak tidak terlalu berlebihan pada rambut yang nantinya akan mengakibatkan lepek. Kamu harus lakukan beberapa hal berikut:

Gunakan Dry Shampoo atau Clarifying Shampoo

Kamu yang memiliki jenis rambut bergelombang atau keriting, serta panjang dan tebal, disarankan untuk memakai dry shampoo saat keramas. Minimalnya sebanyak 2 kali setelah diselingi dengan clarifying shampoo. Dengan begitu, kamu tetap bisa mempertahankan tampilan rambutmu agar tampak sehat dan tidak lepek.

Sedangkan penggunaan dari clarifying shampoo adalah untuk menghilangkan segala jenis kotoran yang menempel di area kulit kepala dan permukaan rambut. Maka dari itu, setelah diaplikasikan shampoo ini harus kamu bilas dengan air bersih sampai busanya benar-benar menghilang.

Aplikasikan Conditioner Setelah Keramas

Perawatan selanjutnya untuk mencegah rambut menjadi kusut setelah keramas, kamu bisa aplikasikan conditioner. Tidak perlu khawatir, buat kamu yang memang rambutnya cenderung berminyak tetap boleh pakai kok…

Justru sangat dianjurkan. Cara pemakaiannya, oleskan kondisioner mulai dari bagian ujung sampai ke atas rambut. Tapi, hindari terkena permukaan kulit kepala. Cukup di area rambut saja.

Cara Agar Rambut Tidak Lepek Saat Pakai Helm

Lain lagi nih kasusnya, kalau rambutmu jadi lepek akibat terlalu sering memakai helm setiap hari. Tips perawatan untuk persoalan satu ini, tidak hanya melibatkan rambut saja. Tetapi, kondisi helm juga harus kamu perhatikan.

1. Rutin Bersihkan Helm

Bagian dalam helm yang tidak bersih dapat mengakibatkan dampak buruk pada kesehatan rambut pemakainya. Ya, entah itu ketombe, aroma yang kurang sedap, serta permasalahan rambut lainnya.

Maka dari itu, pastikan kondisi bagian dalam helm selalu bersih dan tidak ada jamur yang tumbuh pada permukaan kain. Bila perlu, semprotkan pengharum supaya rambut kamu jadi tetap wangi selama memakai helm.

2. Hindari Mengikat Rambut Terlalu Kuat

Hal berikutnya yang kerap dianggap enteng oleh pria maupun wanita yang memiliki rambut panjang, yaitu mengikat rambutnya terlalu kuat. Padahal, meskipun jadi enak dipandang karena terlihat rapih, justru itu menyiksa rambut.

Bagaimana tidak menyiksa, kalau secara tidak langsung akar-akar di rambut jadi ikut tertarik. Itulah yang memicu pusing pada kepala, serta rambut jadi mudah rontok. Hindari mengikat terlalu kencang pada rambut ya kawan…

3. Pakai Head Cap (Penuntup Kepala)

Atasi permasalahan rambut lepek dengan menggunakan penutup kepala atau head cap. Dengan begini, kamu dapat menghindari paparan langsung sinar matahari, polusi di jalanan, dan berpindahnya bakteri dari helm ke rambut.

4. Bersihkan Rambut Setiap Hari

Berikutnya, kamu harus menjaga kebersihan rambut. Pastinya dengan keramas dong. Apalagi, sehabis olahraga atau beraktivitas seharian di luar ruangan. Bisa gunakan dry shampoo biar rambutmu tidak mudah kering.

5. Tidak Memakai Helm Saat Kondisi Rambut Basah

Saat kondisi rambut basah hindari pemakaian helm. Soalnya, kondisi tersebut dapat memicu timbulnya jamur, bau tidak sedap, bahkan bakteri yang nantinya menempel pada kulit kepala. Jadi, jangan heran kalau rambut jadi gatal.

Cegah Agar Rambut Tidak Lepek Saat Bangun Tidur

Penanganan lain untuk mengatasi rambut lepek ketika bangun tidur, bisa kamu lakukan dengan mengikuti saran-saran di bawah ini:

  1. Tidak tidur dalam kondisi rambut masih basah
  2. Aplikasikan kondisioner dan vitamin rambut sebelum tidur
  3. Jika rambut kamu panjang, gerai ke bagian atas bantal supaya tidak tertindih selama kamu tidur
  4. Kondisikan suhu ruang kamar agar tidak terlalu panas ataupun terlalu dingin
  5. Menyisir rambut sehabis bangun tidur

Seru kan ternyata tips untuk mengatasi permasalahan rambut yang lepek. Sederhana tapi cukup ampuh loh. Apabila kamu masih penasaran dengan tips menarik lainnya, yuk simak penjelasan cara agar rambut tidak mengembang!

 

Related posts