Cara Agar Rambut Tidak Kering dan Mengembang Setelah Keramas

Cara Agar Rambut Tidak Kering
Cara Agar Rambut Tidak Kering

Tinggal di negara tropis seringkali membuat rambut menjadi mudah kusam dan kurang lembab. Itu artinya, kamu butuh cara agar rambut tidak kering. Apalagi buat kamu yang sering beraktivitas di luar ruangan.

Berada di luar ruangan sangat rentan untuk terkena paparan sinar matahasi secara langsung ke bagian kepala. Hal seperti ini, sangat mudah kamu atasi dengan cara menggunakan topi atau payung. Tapi, tahukah kamu kamu kalau tipe rambut keriting juga cenderung memiliki permasalahan rambut kering?

Read More

Apa Penyebab Rambut Kering?

Rambut keriting memang seringkali membuat pemiliknya merasakan permasalahan kering kusam, atau bahkan rontok. Tetapi, bukan berarti pemilik tipe rambut lurus tidak akan pernah mengalaminya. Berikut adalah beberapa faktor yang perlu kamu ingat sebagai pemicu kurangnya kelembapan pada rambut:

  • Memiliki kebiasaan berendam lama di dalam kolam renang yang mengandung zat kimia klorin
  • Berenang di laut lepas
  • Berdiam di daerah atau tempat yang terasa kering dan memiliki suhu panas
  • Pertambahan usia pada seseorang
  • Terjangkit penyakit tertentu yang membuat kelembapan alami pada rambut menurun

Cara Agar Rambut Tidak Kering

Cara Agar Rambut Tidak Kering
Cara Agar Rambut Tidak Kering

Setelah kita sama-sama mengetahui apa saja yang menjadi penyebab menurunnya kelembapan pada rambut, maka kamu harus tahu  juga cara perawatan yang tepat untuk mengembalikan kondisi rambut yang kering jadi normal lagi seperti semula. Untuk itu, coba kamu lakukan beberapa rangkaian perawatan berikut:

1. Masker Rambut

Upaya awal yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi permasalahan rambut kering, adalah dengan memakai masker rambut. Kalau khawatir tidak cocok dengan produk yang instan, kamu buat sendiri maskernya. Cara pembuatannya, mudah.

Kamu bisa gunakan campuran masker dari bahan-bahan organik seperti minyak jarak, minyak kelapa, lidah buaya, madu, susu, serta minyak zaitun. Oleskan ke rambut kamu secara menyeluruh, lalu diamkan 15-30 menit, dan bilas.

2. Jauhkan Rambut dari Produk-produk yang Mengandung Bahan Kimia Kuat

Komposisi bahan kimia yang terkandung di dalam produk-produk perawatan rambut, beberapa diantaranya dapat menghilangkan kelembapan yang diproduksi oleh rambut. Cara agar rambut tidak kering, kamu bisa hindari bahan-bahan kimia berikut: Asam Sulfat, Isopropil Alkohol, Formalin, Parfum, serta Propilen Glikol.

3. Makan-makanan Sehat

Cara penanganan untuk kembalikan kelembapan alami pada rambut tidak hanya berasal dari luar saja. Kamu juga bisa melakukannya dari dalam. Caranya sangat mudah, cukup konsumsi makan-makanan yang menyehatkan.

Salah satunya adalah ikan salmon. Dimana manfaat dari ikan tersebut, bisa membuat rambut kamu jadi tampak berkilau dan jauh lebih sehat. Kemudian, ada sayur bayam dan jambu biji yang bisa atasi rambut rapuh dan rusak.

4. Kurangi Intensitas Mencuci Rambut

Terlalu sering membersihkan rambut dapat membuat rambut menjadi kering dan mudah rusak. Ada baiknya, kamu biasakan diri untuk keramas sebanyak 1 sampai dengan 2 kali dalam kurun waktu 1 minggu.

5. Keringkan Rambut yang Basah Secara Alami

Kebiasaan mengeringkan rambut sehabis keramas menggunakan peralatan styling sangat tidak dianjurkan untuk dilakukan setiap hari. Karena panas yang dihasilkan oleh alat-alat tersebut bisa membuat rambutmu jadi rusak.

Coba keringkan dengan menggunakan handuk, tapi tidak perlu kamu gosok terlalu kuat. Setelah merasa air yang ada di rambut tidak lagi menetes, kamu bisa manfaatkan angin dari alam.

Cara Agar Rambut Tidak Kering dan Mengembang

Tipa lainnya agar rambut kamu tidak mudah kering dan mengembang. coba lakukan cara di bawah ini. Dijamin efek yang terasa ke rambutmu akan membuat kamu jadi tampil percaya diri dengan rambut yang lembap dan berkilau.

  1. Oleskan minyak zaitun saat kamu hendak keramas
  2. Keramas saat rambut sudah terasa kotor, tapi jangan terlalu sering
  3. Gunakan air dingin saat membersihkan rambut
  4. Pakai sampo yang mengandung komposisi keratin sehingga rambut jadi lembap
  5. Setelah keramas, aplikasikan kondisioner ke rambut
  6. Keringkan rambut dengan handuk yang mengandung bahan dasar microfiber dan bertekstur lembut
  7. Hindari terlalu sering memegang rambut

Setelah mengikuti tips di atas, siap-siap melihat perubahan drastis pada rambutmu! Buat kamu yang memiliki permasalahan rambut lainnya, baca cara agar rambut tidak lepek di penjelasan berikutnya ya…

Related posts