Cara Cek Data Smartfren

Apakah Kamu pengguna Smartfren? Ya, bagi pelanggan lama kartu Smartfren tentu sudah tak asing lagi dengan cara cek data Smartfren, tapi bagaimana dengan yang baru? Tenang saja, karena Kami akan membagikan tutorialnya di bawah ini!

Smartfren sendiri adalah salah satu produk kartu SIM yang banyak dipilih pengguna karena menyediakan jaringan 4G LTE dengan koneksi internet yang sudah tak diragukan lagi. Menariknya lagi, provider ini juga menawarkan harga paket data yang masih cukup murah.

Namun meskipun menyediakan paket Smartfren unlimited, tapi tetap saja masih berlaku sistem Fair Usage Policy atau FUP sehingga Kamu pun harus selalu mengeceknya.

Oleh karena itu, agar FUP Smartfrenmu tidak cepat habis, Kami akan membagikan informasi tentang cara cek data Smartfren dengan mudah!

Cara Cek Data Smartfren

Cara Cek Data Smartfren
Mengecek Data Smartfren

Kami sudah merangkum berbagai macam cara cek data Smartfren yang dapat dilakukan dengan cepat dan mudah, langsung via smartphone yang dipakai. Entah itu via perangkat android atau iPhone, Kamu bisa mencoba salah satu dari beberapa metode di bawah ini. Yuk, simak ulasannya berikut!

Cek Data Smartfren Lewat Kode Dial

Metode pertama Kamu bisa mencoba cara cek data Smartfren via kode dial USSD di smartphone kesayanganmu, cara ini berguna bagi pengguna iPhone atau android.

Dalam cara ini, Kamu hanya perlu melakukan panggilan telepon ke *995# memakai nomor Smartfrenmu untuk mengecek paket kuota Smartfren berikut masa aktifnya. Mari simak penjelasannya!

Tahap 1 : Akses Menu Panggilan Dial di Hp

Adapun caranya ialah sebagai berikut :

  • Pertama-tama silahkan buka aplikasi Telepon atau dial.
  • Setelah itu, langsung ketikkan *995# di layar ponsel lalu ketuk atau bisa tekan call atau Panggil menggunakan kartu Smartfren yang sudah terpasang di ponsel
  • Selanjutnya tunggu beberapa waktu sampai ada tampilan pop up di layar Hp

Tahap 2 : Ketahui Paket Smartfren, Masa Aktif, dan Sisa Kuota Data

  • Di sini Kamu akan diberikan informasi tentang paket Smarfren yang sedang diikuti, sisa kuota beserta masa aktif paket kuota internet yang digunakan.

Cek Data Smartfren Lewat SMS

Kamu juga bisa mengikuti tutorial cara cek data internet Smartfren via Layanan SMS, yang mana Kamu tidak akan dibebankan pulsa untuk melakukannya.

Dalam metode kedua ini, yang harus Kamu lakukan ialah cukup mengirimkan SMS melalui format ketik CEK lalu kirim ke 995 memakai nomor Smartfren yang Kamu gunakan. Berikut informasi yang bisa Kamu peroleh dengan menggunakan metode kedua ini ialah sebagai berikut :

Tahap 1 : Cek Kuota Via Pesan Singkat/SMS ke 995

  • Di smartphone-mu, silahkan buka aplikasi perpesanan atau message untuk mengirimkan pesan singkat/SMS.
  • Lakukan pengaturan penerima pesan dengan nomor 995, lalu ketikkan format SMS berupa CEK di kolom perpesanan yang telah tersedia.
  • Silahkan klik tombol kirim memakai nomor Smartfren lalu tunggu balasan SMS dari pihak Smartfren.
  • Cara yang satu ini bisa Kamu lakukan tanpa dikenakan tanpa pulsa alias gratis. Jadi tak perlu khawatir pulsamu habis terpotong ya!

Tahap 2 : Menerima Balasan Informasi Kuota Data Via SMS

  • Kamu akan mendapatkan SMS balasan langsung dikirimkan oleh Smarfren ke nomor Smartfrenmu, selanjutnya Kamu akan menerima informasi tentang nomor Hp Smarfren yang digunakan, sisa pulsa, detail paket, serta masa berlaku kartu.

Cek Data Smartfren Lewat Aplikasi MySmartfren

Tidak hanya kedua cara di atas, Kamu juga dapat melakukan cara cek data Smartfren dengan memanfaatkan aplikasi bernama MySmartfren khusus bagi para pengguna kartu Smartfren.

Selain bisa mengetahui sisa kuota internet, ada juga beberapa fitur tambahan untuk mengecek pulsa Smartfren sampai pembelian paket internet baru.

Kamu bisa mengunduh aplikasi MySmartfren, baik di perangkat android ataupun iPhone dengan berbekal tampilan yang interaktif dan mudah dipahami Adapun untuk menggunakan aplikasi MySmartfren di ponsel, silahkan ikuti langkah-langkah di bawah ini!

Tahap 1 : Unduh Aplikasi MySmartfren Terbaru

  • Pertama-tama Kamu bisa unduh aplikasi MySmartfren terkini yang dapat Kamu peroleh di HP android.
  • Bagi Kamu pengguna iPHone, maka Kamu bisa mengunduh aplikasi MySmartfren via App Store.

Tahap 2 : Login  ke Akun MySmartfren

  • Tahap berikutnya Kamu hanya perlu membuat akun di aplikasi MySmartfren. Dari sini Kamu bisa langsung login memakai nomor ponselmu dengan memilih “Nomor Smartfren”.

Tahap 3 : Pengecekan Kuota Data Smartfren Beserta Masa Aktifnya

  • Di laman utama pada aplikasi MySmartfren, cukup ketik pada menu Paket Saya. Kemudian Kamu akan mengetahui detail paket internet Smartfren yang Kamu pakai.
  • Di samping itu, Kamu pun dapat mengetahui paket-paket lainnya selain internet, baik itu paket SMS, telepon, beserta masa aktifnya. Kamu juga akan ditampilkan fitur pembelian paket apabila kuota internetmu mau habis.

Dengan menggunakan aplikasi MySmartfren. Kamu juga dapat melakukan pengecekan kuota Smartfren unlimited sebesar Rp. 60 ribu. Adapun langkah-langkah panduannya sama persis dengan cara di atas.

Cek Data Smartfren Lewat Website Resmi

Jika Kamu kebetulan tidak bisa lagi mengakses ponsel, maka Kamu bisa melakukan pengecekan kuota Smartfrenvia website resmi dari My Smartfren, tepatnya di alamat https://my.smartfren.com.

Di samping pengecekan kuota, situs web ini juga dapat Kamu pakai untuk mengecek nomor Hp Smartfren, cek pulsa dan masa aktif kartu Smartfren-mu.

Sama dengan sebelumnya, di sini Kamu hanya perlu login memakai alamat email atau nomor Smartfren yang telah terdaftar sebelumnya.

Tahap 1 : Buka Situs Resmi MySmartfren

  • Di aplikasi browser yang ada di laptop atau PC, Kamu hanya perlu mengunjungi situs resmi MySmartfren saja di https://my.smartfren.com/. Kamu pun dapat membukanya via browser ponsel jika tidak ingin repot-repot menginstall MySmartfren di ponsel.
  • Kemudian, Kamu hanya perlu login memakai alamat email atau UserID yang sudah terdaftar. Kamu hanya perlu klik “Daftar” saja di bagian bawah.

Tahap 2 : Klik Detail

  • Selanjutnya Kamu akan melihat tamplan dashboard langsung di website resmi aplikasi MySmatfren. Adapun untuk mengecek dan mengetahui kuota data Smartfren, hanya perlu klik tombol bertuliskan Detail saja.

Tahap 3 : Informasi Sisa Kuota Internet

  • Setelah itu, akan muncul pop up berisikan detail dari nama paket internet Smartfren yang masih aktif dan masa berlakunya. Selain itu, Kamu juga diberi tahu tentang paket internet dan bonus paket lainnya, seperti SMS dan telepon.
  • Di samping itu, ada pula pilihan “Berhenti Paket” Jika Kamu ingin berhenti berlangganan serta berganti ke pilihan paket internet yang lainnya.

Cara Cek Kode Voucher Kartu Smartfren yang Masih Belum Terpakai

Bagi Kamu yang ingin mendapatkan internetan gratis dari provider Smartfren, Kamu mungkin iseng mencari tahu bagaimana caranya lalu kemudian menemukan berbagai macam kode voucher tertenty yang belu terpakai.

Seperti kode voucher internet beserta pulsa gratisan Smartfren, sampai kode voucher paket internet unlimited dari Smartfren secara gratis.

Adapun cara cek data Smartfren yang masih belum terpakai, bisa menggunakan langkah-langkah di bawah ini :

Langkah 1 : Buka Menu Pesan

  • Silahkan buka aplikasi menu perpesanan atau SMS di layar ponsel.

Langkah 2 : Format Pesan

  • Sesudah itu, Kamu bisa ketik pesan dengan format yang sesuai dan sudah ditentukan lewat voucher yang Kamu pilih. (Format Pesan tertera di vouchernya)
  • Lalu kirim pesan ke 888.

Selanjutnya tinggal tunggu SMS balasan dari provider. Apabila tidak ada balasan, maka kemungkinan besar voucher tersebut telah terpakai.

Ya, itulah pembahasan tentang cara cek data Smartfren yang bisa Kamu coba di ponselmu, sehingga Kamu bisa menentukan kapan harus membeli paket yang baru atau mengganti paket!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019