Cara Melamar Kerja di PT KAI: 4 Metode & Tahap Seleksi Mudah

Cara Melamar Kerja di PT KAI
Cara Melamar Kerja di PT KAI

PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) adalah salah satu perusahaan transportasi kereta api terbesar di Indonesia yang termasuk kedalam jajaran perusahaan BUMN. Sebagai salah satu perusahaan BUMN terbesar, tidak heran jika banyak calon pelamar yang tertarik dengan informasi cara melamar kerja di PT KAI. Belum lagi, penghasilan yang didapat juga cukup besar.

Cara Melamar Kerja di PT KAI

Cara Melamar Kerja di PT KAI
Cara Melamar Kerja di PT KAI

Jika tertarik untuk bergabung dengan PT KAI, maka kamu dapat melamar kerja melalui beberapa metode yang bisa dilakukan untuk melamar kerja di PT. Kereta Api Indonesia ini.

1. Cara Melamar Kerja di PT KAI Online

PT KAI menerima lamaran kerja secara online melalui situs resmi PT KAI di alamat : www.kai.id. Di situs ini, Kamu bisa menemukan berbagai macam informasi terkait lowongan pekerjaan yang tersedia. Berikut langkah-langkahnya :

  • Pertama, kunjungi situs resmi PT KAI di alamat : kai.id
  • Pada halaman pertama, pilih menu “Karir”.
  • Sekarang carilah lowongan pekerjaan yang tersedia dan pilih lowongan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kualifikasi.
  • Setelah itu, klik tombol “Lamar” pada halaman detail lowongan pekerjaan.
  • Lanjutkan dengan mengisi formulir pendaftaran secara lengkap dan sertakan juga lampiran berupa CV, foto terbaru, dan dokumen pendukung lainnya.
  • Setelah itu, klik tombol “Kirim Lamaran”.

 2. Melamar Kerja Melalui Aplikasi KAI Access

Selain melalui situs resmi PT KAI, kamu juga bisa apply lamaran kerja melalui aplikasi KAI Access yang dapat diunduh melalui Google Play Store atau App Store. Untuk lebih jelasnya, simak cara kirim lamaran via aplikasi KAI Access di bawah ini :

  • Pertama-tama, silakan terlebih dahulu unduh aplikasi KAI Access di Google Play Store atau App Store.
  • Setelah itu, buka aplikasi KAI Access kemudian masuk ke akun yang telah terdaftar. Jika belum memiliki akunnya harap daftar terlebih dahulu.
  • Pilih menu “Karir” yang berada di halaman utama.
  • Cari lowongan pekerjaan yang tersedia kemudian pilihlah lowongan pekerjaan yang sesuai dengan minat dan kualifikasi.
  • Setelah itu, klik tombol “Lamar” pada halaman detail lowongan pekerjaan.
  • Silakan isi formulir pendaftaran dengan lengkap dan sertakan pula lampiran pendukung berupa CV, foto terbaru, dan dokumen pendukung lainnya.
  • Setelah itu, klik tombol “Kirim Lamaran”.

 3. Melamar Kerja Secara Langsung

Selain itu, Kamu juga dapat melamar kerja di PT KAI secara langsung dengan mengunjungi kantor PT KAI yang terdekat. Begini ulasannya :

  • Cari alamat kantor PT KAI terdekat di kota Kamu.
  • Jangan lupa untuk mempersiapkan terlebih dahulu CV dan dokumen pendukung lainnya seperti fotokopi KTP, ijazah, sertifikat, dan lain sebagainya.
  • Kunjungi kantor PT KAI dan tanyakan informasi lowongan pekerjaan yang tersedia.
  • Jika ada lowongan yang sesuai dengan minat dan kualifikasi Kamu, serahkanlah surat lamaran dan CV beserta dokumen pendukung lainnya ke bagian HRD.
  • Silakan tunggu sampai kamu dinyatakan dapat melanjutkan ke tahapan seleksi berikutnya.

4. Melamar Kerja Melalui Rekrutmen Khusus

Cara lainnya yaitu melalui rekrutmen khusus, PT KAI seringkali membuka rekrutmen khusus untuk posisi tertentu. Kamu dapat memantau informasi terkait rekrutmen khusus tersebut pada situs resminya atau melalui pengumuman yang biasanya tersedia di kantor PT KAI terdekat.

Beberapa Tahapan Yang Wajib Dilalui Pada Rekrutmen PT KAI

Setelah mengirimkan surat lamaran dan lamaranmu dinyatakan lolos, maka kamu wajib mengikuti beberapa tahapan seleksi, diantaranya :

1. Tahap Seleksi Administrasi

Setelah mendaftar dan mendapatkan nomor registrasi, kamu akan menjalani tahap seleksi administrasi. Pada tahap ini,  lengkapi berkas-berkas administrasi seperti fotokopi KTP, ijazah, transkrip nilai, dan sertifikat pendukung lainnya.

Selain itu, kamu juga diwajibkan mengisi berbagai formulir seperti formulir biodata, formulir keluarga, dan formulir riwayat pekerjaan. Pastikan untuk mengisi semua isian dalam formulir dengan sesuai.

2. Tahap Seleksi Tes

Setelah tahap seleksi administrasi selesai, kamu akan mengikuti serangkaian tes. Beberapa diantaranya meliputi tes psikologi, tes kesehatan, tes kemampuan teknis, dan tes wawancara.

3. Pengumuman Hasil Seleksi

Setelah semua tahap seleksi selesai, PT KAI akan mengumumkan hasil seleksi melalui website resmi dan media sosial PT KAI. Jika Kamu dinyatakan lulus, maka untuk selanjutnya kamu akan diundang agar mengikuti tahapan selanjutnya, yakni tahap pelatihan.

4 . Tahap Pelatihan

Setelah lulus tahap seleksi, kamu akan menjalani tahap pelatihan yang dilakukan di pusat pelatihan PT KAI. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pemahaman dan pengetahuan mengenai sistem dan budaya kerja di PT KAI. Untuk selanjutnya, kamu akan ditempatkan pada posisi tertentu sesuai kualifikasi dan posisi yang dilamar.

Itulah beberapa cara untuk melamar kerja di PT KAI. Selamat mencoba dan semoga sukses!

Related posts