Cara Absen di Zoom

Daripada nih, kalian jauh-jauh pergi ke luar negeri cuman karena ingin berkomunikasi secara langsung dengan bule. Mending, ajak ngobrolnya lewat aplikasi saja. Lebih praktis dan hemat ongkos, pastinya. Tapi, sebelum itu cari tahu cara absen di Zoom . Biar lebih lihai lagi ketika kamu mengoperasikan aplikasinya. Buat pemula, sebaiknya pilih akun basic dahulu saja deh ya..

Aplikasi Zoom ini sendiri, pertama kali rilis ke publik pada tahun 2011. Pendirinya bernama Eric Yuan. Alasan dibalik kemunculan software tersebut, bisa dibilang cukup sangat romantis. Pasalnya, beliau membangun perangkat lunak demi dapat berkomunikasi langsung bersama kekasihnya. Kala itu, dirinya dan sang kekasih berada di tempat yang jaraknya jauh atau LDR.

Read More

Demi menghilangkan rasa rindu yang  hanya dapat ia lakukan dalam waktu setahun sebanyak dua kali saja, muncullah ide membuat sebuah aplikasi video. Penerapan software tersebut, bisa digunakan dalam berbagai perangkat digital loh. Mulai dari ponsel hingga komputer. Ya, jangan lupa kalau kalian menggunakan PC. Maka, pasang juga tambahan peralatan kamera.

 

Cara Absen di Zoom

Cara Absen di Zoom
Cara Absen di Zoom

Cara Absen di Zoom Meeting

Penerapan dari aplikasi Zoom, saat ini banyak digunakan oleh masyarakat sebagai alat untuk saling bertatap muka dengan memanfaatkan teknologi digital. Di sisi lain, kamu juga dapat menggunakannya untuk kebutuhan formal. Misalnya konferensi pers, webminar, rapat, dan  masih ada lagi kegiatan lainnya. Terlebih, jumlah partisipan yang bisa bergabung pun banyak.

Keunggulan tersebut lah yang menjadikan aplikasi Zoom kian meroket di setiap tahunnya. Ini, tentu tidak terlepas dari peran besar yang dilakukan oleh Eric Yuan. Setelah dirinya melalui roller coster demi mewujudkan impiannya. Beberapa fitur mulai dikembangkan untuk lebih mempermudah kebutuhan para pengguna. Ada breakout room, immersive view, dan lain-lain.

Terkait:  Cara Memakai Filter di Zoom

Cara absen di Zoom meeting, tentu juga menjadi salah satu topik yang menarik untuk dibahas. Soalnya nih, banyak dari kalian masih beranggapan kalau sudah join ya semuanya telah beres. Artinya, tidak perlu lagi melakukan absensi karena sudah berhasil bergabung. Tinggal tonton saja video yang berlangsung. Padahal, masih ada tahapan lainnya yang perlu kamu lakukan.

  • Pastikan kamu mengikuti panduan dari host selama video di Zoom sedang berlangsung
  • Masuk ke tautan absensi yang telah dibagikan linknya, melalu slide yang ada di video atau lihat di kolom komentar atau chat
  • Klik tautannya, dan kalian tinggal melanjutkan sesuai instruksi yang terdapat di form tersebut
  • Setelah selesai lakukan cara absen di Zoom meeting, kamu dapat beralih kembali ke video sebelumnya. Itupun, kalau acaranya masih berlangsung
  • Pastikan juga kalau kalian telah menerima laporan atau keterangan bahwa absen telah berhasil dilakukan. Terutama, ketika kamu menyelesaikan pengisian daftar kehadiran.

Solusi paling mudah untuk menambahkan link absensi, kamu dapat menggunakan bantuan di Google. Pilih G-Form, dan buat kolom absensi kehadirannya. Bisa juga dengan metode lain, yaitu upgrade lisensi Zoom. Nanti, setelah itu menu report akan muncul dan host dapat lihat siapa saja yang telah melakukan absen pada acara tersebut. Sayangnya, hal itu tidak lah gratis.

Cara absen di Zoom lewat HP, termasuk suatu langkah yang penting. Dimana, kalian akan temukan berbagai keuntungan melalui akun premium tersebut. Kamu, bisa bangun hubungan bersama tim jauh lebih erat lagi. Soalnya, kalian dapat berkomunikasi membahas apapun selama lebih dari 30 jam. Puas banget, kan?  Selain itu, partisipan di dalamnya up to 100 account. Try this!

Cara Absen di Zoom Lewat HP

Perangkat lainnya yang mendukung penggunaan aplikasi Zoom, tidak lain adalah smartphone. Kamu, juga bisa langsung upgrade akunnya dengan harga USD 149.90 per tahunnya. Hemat sebesar USD 29 loh… Selain itu, buat kamu yang penggiat di dunia bisnis. Pilihnya, small business. Biayanya kurang lebih sekitar USD 199,90 per tahun/99 lisensi, jumlah 300 peserta.

Terkait:  Cara Menggunakan Zoom Meeting di HP

Dukungan paket akun premium ini, dapat membantu kalian meminimalisir resiko dan reduce downtime. Selain itu, tesedia juga dukungan alat untuk diagnosa permasalahan yang terjadi pada akunmu. Entah melalui obrolan, telepon, ataupun email. Secara teknis, Zoom  Premier + mampu memastikan atau mencari penyelesaian masalah secara otomatis. Ada diskon 30%!

Tunggu apa lagi, segera perbaharui akun basic kalian ke Pro. Gunakan kode hematnya, yaitu NEWZOOMPRO30. Jangan tunggu sampai penawarannya berakhir loh. Soalnya nih, pihak Zoom hanya menerapkan promonya dalam jangka waktu yang terbatas. Temukan tautannya dengan cepat, melalui klik link berikut ini. Yuk, sekarang intip apa saja fitur terbaru di 2021!

1. Touch My Appearance

Kalian yang ingin tetap on point  di depan layar ketika mengikuti rapat atau kelas online. Ada  cara absen di Zoom yang bisa membuat kamu tampil profesional walaupun baru bangun tidur. Ya, gunakan saja fitur Touch My Appearance. Nanti, pengguna tinggal melakukan instruksi berikut. Pilih tanda icon panah yang terdapat di samping ikon video > klik fiturnya & centang.

2. Breakout Room

Buat kamu yang sedang merasa lelah atau sekedar ingin istirahat sejenak, bisa langsung join ke Breakout room saja. Melalui layanan unggulan satu ini, kalian dapat kelompokkan acara dalam ruang yang lebih kecil lagi. Sama saja, ketika melangsungkan interview secara online. Pengguna digabungkan terlebih dahulu dengan partisipan lainnya. Setelah itu, barulah dipisah.

Ruang tambahan yang masih berada dalam satu sesi ini, umumnya dilakukan oleh para host atau co-host. Bahkan, tambahannya bisa mencapai 50 room. Kamu dapat kolaborasi atau lakukan percakapan bersama peserta lain dengan jumlah yang lebih sedikit. Caranya, pilih “My Account” yang berada di bagian pojok atas sebelah kanan. Lalu, pilih “Setelan”. Save!

3. Filter Video

Melanjutkan fitur Touch My Appearance. Dimana, user dapat menggunakan tools tambahan seperti efek lipstik, alis, blush on, bahkan hingga ada juga janggut. Sebenarnya, filter tersebut sudah sering digunakan oleh masyarakat. Apalagi, ketika dirinya sedang membuat video atau foto untuk dibagikan ke sosial media. Terutama nih, buat para kaum hawa. Biar tetap cantik.

Terkait:  Cara Join Zoom di Laptop

4. Slide Sebagai Latar Belakang Virtual

Rapat terasa membosankan? Jangan langsung keluar dari grup! Dibikin enjoy dengan fitur baru dari Zoom yang keren satu ini. Perkenalkan, tools slide yang bisa bikin kamu lebih seru menikmati jalannya rapat. Presentasi kamu, dijamin bakal membuat partisipan atau tim satu grup kalian terpukau deh.. Soalnya, tidak hanya monoton menampilkan video berisi muka.

5. Bagikan Musik ke Layar Komputer

Kecanggihan teknologi yang ditawarkan oleh aplikasi Zoom, tidak hanya terhenti sebatas di fitur-fitur unik saja. Sama seperti halnya perangkat keluaran baru di zaman sekarang ini. Ada layanan bagikan layar atau share screen. Misalnya nih, kalian buka aplikasinya melalui HP. Lalu, ingin dipindahkan ke laptop tanpa keluar dari apk. tersebut. Bisa dong.. caranya begini.

Pilih tampilan ikon share screen yang terdapat di layar device kalian. Kemudian, klik menu “Advanced”. Setelah itu, langkah terakhir kamu tinggal klik saja “Share Music or Computer Sound Only”. Bagaimana? Menarik kan.. selesai menyimak penjelasan cara absen di Zoom. Kalian pasti langsung jago mengoperasikan aplikasi keren satu ini. See you on the next topics.

Related posts