Cara Agar Awet Muda

Cara Agar Awet Muda
Cara Agar Awet Muda

Bagaimana sih cara agar awet muda? Setiap orang tentu mau dong bisa tetap terlihat awet muda dan bugar meskipun usianya sudah tidak lagi muda. Namun, proses penuaan adalah suatu hal yang pasti terjadi pada setiap orang.

Proses penuaan akan berpengaruh langsung pada kesehatan dan penampilan fisik seseorang. Beberapa perubahan yang dapat terjadi akibat proses penuaan seperti kerutan pada kulit, kehilangan volume wajah, dan berbagai gangguan kesehatan seperti kurang bergairah, hingga masalah jantung dan kanker.

Cara Agar Awet Muda

Cara Agar Awet Muda
Cara Agar Awet Muda

Meskipun proses penuaan tidak dapat dihindari, ada beberapa cara agar awet muda yang bisa kamu lakukan. Berikut beberapa rahasianya :

Metode 1 : Non-Medis

1. Konsumsi Makanan Sehat

Makan makanan sehat adalah kunci utama agar Kamu tetap sehat dan terlihat awet muda. Makanan sehat yang dimaksud diataranya sayuran, buah-buahan, protein tanpa lemak, biji-bijian, dan makanan laut kaya akan nutrisi. Kurangi konsumsi makanan yang memiliki kandungan gula tinggi, makanan cepat saji, makanan olahan, sampai makanan yang mengandung lemak jenuh.

2. Olahraga Teratur

Berolahraga dapat membantu menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah, memperkuat otot dan tulang, dan juga dapat membantu mengurangi stres. Olahraga juga meningkatkan sirkulasi darah dan membantu memberikan nutrisi ke seluruh tubuh termasuk kulit. Namun perlu diperhatikan bahwa olahraga yang teratur dan terarah adalah cara olahraga terbaik untuk program awet muda.

3. Menghindari Paparan Sinar Matahari

Sinar matahari mengandung radiasi ultraviolet yang dapat merusak kolagen pada kulit Kamu, sehingga akan mempercepat proses penuaan. Oleh karena itu, hindari paparan sinar matahari pada jam-jam terik dan gunakanlah tabir surya untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung.

4. Hindari Merokok dan Minum Alkohol

Merokok dan minum alkohol secara berlebihan dapat mempercepat proses penuaan dan dapat meningkatkan risiko penyakit kronis seperti kanker dan penyakit jantung. Hindari merokok dan minum alkohol secara berlebihan.

5. Istirahat yang Cukup

Tidur yang cukup dan berkualitas dapat membantu tubuh untuk memperbaiki diri dan memberikan energi yang dibutuhkan. Sehingga dapat membuat tubuh lebih bugar, sekaligus bisa menambah kecantikan kulit.

Metode 2 : Medis

1. Botulinum Toxin (Botox)

Botox merupakan jenis perawatan medis non-bedah yang digunakan untuk menghilangkan kerutan pada wajah. Cara kerja botox yaitu memblokir sinyal dari saraf ke otot yang berada di sekitar kerutan, sehingga otot tidak akan berkontraksi dan kerutan menjadi kurang terlihat.

2. Perawatan Laser

Perawatan laser biasanya digunakan untuk menghilangkan kerutan, noda hitam, dan dapat mengembalikan kulit yang terlihat kusam dan menjadi lebih cerah. Selain itu, perawatan laser menggunakan teknologi intensitas cahaya yang tinggi sehingga dapat merangsang produksi kolagen yang ada pada kulit. Perawatan ini juga dapat digunakan untuk menghilangkan noda bekas jerawat, mengencangkan kulit hingga dapat memperbaiki tekstur kulit.

3. Terapi Hormon

Terapi hormon dapat membantu dalam mengatasi masalah penuaan pada wanita, terutama yang mengalami menopause. Manfaat terapi hormon ini adalah untuk meningkatkan kepadatan tulang, mengurangi risiko osteoporosis, dan dapat meningkatkan kesehatan jantung. Namun, karena terapi hormon memiliki risiko tertentu, maka harus dilakukan dengan pengawasan dokter yang ketat.

4. Peeling Kimia

Peeling kimia biasa digunakan untuk mengangkat lapisan kulit yang sudah mati dan membantu mengurangi kerutan pada kulit, bekas jerawat, dan noda hitam yang membandel pada kulit. Proses peeling kimia melibatkan penggunaan asam yang diaplikasikan langsung pada kulit untuk menghilangkan sel kulit mati. Ada beberapa jenis peeling kimia yang dapat diaplikasikan, mulai dari peeling yang ringan hingga peeling yang lebih dalam.

Itulah cara agar awet muda yang bisa kamu lakukan, baik dengan cara medis maupun non medis. Bagaimana, mudah bukan?

Related posts