Cara Cek Kuota Simpati

Simpati merupakan produk Telkomsel yang telah menjadi provider Telekomunikasi terkemuka sekaligus terbesar di tanah air. Bahkan jumlah pengguna kartu Simpati sendiri di Indonesia sangat banyak, hal ini dikarenakan Telkomsel sendiri memiliku jangkauan sinyal lebih luas, bahkan bisa menjangkau hingga ke pelosok-pelosok Indonesia.Tapi pertanyaannya, bagaimana cara cek kuota Simpati?

Pertanyaan di atas tentu berlaku bagi Kamu pengguna baru Simpati, karena provider Telkomsel sendiri telah menyediakan banyak pilihan cara cek kuota internet mereka dengan mudah.

Kenapa Harus Mengetahui Cara Cek Kuota Simpati?

Kebutuhan akan kuota internet saat ini memang tak pernah ada habisnya. Apalagi saat ini, segala aktivitas memerlukan bantuan internet. Seperti untuk kebutuhan pekerjaan, membuat laporan, membuat soal, daring, zoom meeting, hingga berbelanja online, semuanya membutuhkan internet. Oleh karena itu, wajar jika setiap pengguna ponsel untuk selalu mengecek kuota internet mereka, agar tidak kehabisan.

Jika kehabisan kuota internet secara tiba-tiba, tentu saja Kamu akan kelabakan, apalagi saat mengakses informasi penting atau melakukan aktivitas yang berkaitan dengan pekerjaan maupun sekolah. Ya, inilah alasan kenapa penting sekali mengetahui cara cek kuota Simpati yang Kamu miliki.

Cara Cek Kuota Simpati

Cara Cek Kuota Simpati
Cek Kuota Simpati

Cara Cek Kuota Simpati Melalui Kode Dial USSD

Cara cek kuota Simpati paling mudah yang bias Kamu coba ialah dengan memanfaatkan kode dial USSD. Adapun langkah-langkah yang bisa Kamu ikuti, ialah sebagai berikut :

  • Silahkan buka aplikasi dial atau panggilan telepon di Hpmu.
  • Lalu ketikkan kode dial di nomor *888# dan tekan Call di ponselmu.
  • Setelah itu, Kamu akan ditampilkan dengan beberapa opsi yang bisa dipilih. Silahkan pilih menu Cek Pulsa dan Kuota, lalu pilih Send atau KIRIM.
  • terakhir, Kamu akan melihat tampilan informasi tentang sisa pulsa dan kuota Simpatimu.

Cara Cek Kuota Simpati Via Aplikasi MyTelkomsel

Para pengguna Simpati tentu saja harus sudah mendownload dan menginstal MyTelkomsel, sebab aplikasi ini dapat memudahkan penggunanya. Di samping membantumu untuk mengecek pulsa dan kuota internet, melalui aplikasi ini para pengguna dapat membeli kuota dan pulsa internet tanpa ribet.

Adapun cara cek kuota Simpati yang bisa Kamu lakukan lewat aplikasi MyTelkomsel, diantaranya :

  • Silahkan download aplikasi MyTelkomsel di Google Play Store bagi pengguna android, dan di App Store bagi pengguna iPhone.
  • Jika sudah, buka aplikasi tersebut, lalu buat akun untuk pengguna baru, agar bisa memakai aplikasi MyTelkomsel di Hp.
  • Silahkan masukkan nomor HP untuk keperluan login. Lalu tunggu sampai beberapa saat.
  • Pihak Simpati pun akan langsung mengirimkan kode OTP via SMS untuk verifikasi ke nomor ponselmu. Ini digunakan untuk keperluan login. Sesudah menerima kodenya, silahkan inputkan di kolom yang sudah tersedia.
  • Sesudah berhasil melakukan verifikasi, Kamu bisa login menuju halaman utama MyTelkomsel.
  • Selanjutnya, Kamu akan melihat jumlah pulsa dan kuota internet yang tersisa berikut masa aktif/tenggang kartu Simpatimu.

Cara Cek Kuota Simpati Lewat SMS

Walaupun kini layanan SMS jarang sekali dipakai,  namun pada kenyataannya SMS masih dapat digunakan untuk mengecek kuota internet kartu Simpatimu. Namun tak perlu khawatir, untuk melakukan cara cek kuota Simpati via SMS ini Kamu tidak ditarik pulsa sebab layanan ini tidak akan menyedot pulsamu.

Adapun cara cek kuota internet lewat SMS, ialah sebagai berikut :

  • Pertama-tama, silahkan buka aplikasi perpesanan atau SMS yang sudah tersedia di Hpmu.
  • Jika sudah, silahkan ketik SMS melalui format ketik : UL (spasi) INFO, lalu kirimkan ke nomor 3636.
  • Setelah itu, Kamu akan menerima balasan SMS yang berisi tentang informasi lengkah rincian masa aktif paket dan sisa kuota paket internet Simpatimu.

Nah, itulah kumpulan cara cek kuota Simpati yang bisa Kamu pilih sesuai keinginan. Bagi Kamu yang ingin membeli atau mengganti paket internet Simpati, tentu harus tahu apa saja jenis-jenis paket internet yang ditawarkan oleh Simpati. Oleh karena itu, Kami akan membagikan informasi tentang pilihan paket internet Simpati di bawah ini!

Jenis Paket Internet Simpati

1. Paket Internet Flash Harian

Jika Kamu menginginkan paket internet murah harian, Kamu bisa pilih paket Flash harian. Harganya juga sangat murah, mulai Rp. 9000 saja dan Kamu sudah bisa menikmati layanan internet sepuasnya. Penggunaan dan masa aktif paket flash ini dari 1-3 hari menyesuaikan pemakaian.

Selain itu, paket ini juga terbagi lagi ke dalam beberapa pilihan sesuai kuota dan tarif harga yang ditawarkan. Misalnya, untuk paket internet Rp. 9000, kuota internet yang Kamu dapatkan sebesar 500 MB untuk pemakaian jaringan 2G sampai 4G dengan masa aktif 1 hari.

Sementara pada flash harian Rp.22 ribu, Kamu akan menerima kuota internet 2GB baik untuk jaringan 2G/3G.4G. Sedangkan masa berlakunya selama 3 hari.

Ada lagi pilihan paket berharga Rp. 37 ribu, dengan kuota internet 7GB untuk penggunaan pada jaringan 2G/3G/4G selama 3 hari. Sedangkan harga tertinggi ialah Rp. 47 ribu dengan kuota internet 15 GB.

2. Paket Flash Mingguan

Paket mingguan ini masa aktifnya selama 7 hari/1 minggu. Harga paket terendah mulai dari Rp. 27 ribu dengan kuota 1 GB untuk penggunaan di jaringan 2G – 4G.
Selain itu, ada lagi paket kuota 2GB dengan harga Rp. 34 ribu di jaringan 2G/3G/4G dengan masa berlaku 1 minggu. Ada pula yang kuotanya 3GB dengan harga RP. 39 ribu, dan tertinggi di 5GB dengan harga Rp. 48 ribu.

3. Paket Flash Bulanan

Jika Kamu ingin masa berlaku yang lebih lama lagi, maka Kamu bisa pilih paket flash bulanan dari Simpati yang berlaku sampai 30 hari penuh. Berikut pilihanya :

  • Paket internet 4GB seharga RP. 36 ribu. Kuota tersebut dibagi ke dalam GB untuk penggunaan jaringan 2GB/3GB/4GB. Sementara 2GB yang lainnya untuk penggunaan VideoMax.
  • Paket internet flash bulanan dengan kuota internet 6,5GB seharga Rp. 60 ribu, dengan kuota 4,5 GB pada jaringan 2GB/3GB/4GB dan kuota untuk VideoMax sendiri sebesar 2GB.
  • Jika Kamu tertarik memilih paket dengan bonus melimpah, bisa memilih paket Combo 6,5GB senilai Rp. 63 ribu. Karena selain penggunaan internet sebesar 4,5GB dengan kuota VideoMax 2GB, ada bonus telepon selama 100 menit ke sesama Telkomsel. Selain itu, tambahan bonus SMS hingga 60 SMS juga tersedia dan berlaku selama 1 bulan.
  • Paket bulanan lainnya ialah Best Deal Internet sebesar 14 GB., dengan harga Rp. 99 ribu. Kamu dapat menikmati paket ini di jaringan 2G/3G/4G dengan besar kuota 12GB sedangkan kuota untuk VideoMax sebesar 2GB.
  • Ada lagi paket best deal internet lainnya yang tersedia sebesar 27GB. Dalam paket ini, Kamu bisa menggunakan layanan internet hingga 25Gb dengan kuota VideoMax sebesar 2GB dengan masa berlaku 1 bulan.

4. Paket Galaxy dan iPhone

Pagi pengguna iPhone, Kamu juga bisa memilih paket Galaxy dan iPHone Plan. Mulai dari Paket Galaxy Plan Monthly seharga Rp. 100 ribu, dan iPhone PLan Monthly seharga RP. 150 ribuan.

Bagaimana, tertarik memilih paket internet Simpati? Selain itu, Kamu juga bisa terus mengecek kuota internet dengan cara cek kuota Simpati mudah yang bisa Kamu pilih seperti cara di atas!

Mita Mellinda
Wife n Moms. Penulis andalan asal Bandung since 2019