Cara Agar HP Tidak Lag Saat Bermain Game

Cara Agar HP Tidak Lag Saat Bermain Game
Cara Agar HP Tidak Lag Saat Bermain Game

Memainkan sebuah permainan secara digital, sudah menjadi salah satu kebiasaan yang kamu lakukan. Hayo? Benar atau tidak nih… Tapi, sebelum itu kalian juga perlu tahu cara agar hp tidak lag saat bermain game. Biar, pas sedang asik nge-game jadi lebih tenang. Kesal pasti, kalau lagi serius mengatur strategi, tahunya ponselmu malah bermasalah. Jangan sampai deh.

Kondisi ngelag atau macetnya perangkat ponsel ketika sedang dioperasikan, biasanya dipicu oleh berbagai macam faktor. Entah karena kapasitas memori yang sudah terlampau penuh, hp jarang dikontrol untuk dibersihkan dari virus dan cache, atau bisa jadi kurangnya RAM yang ada di ponsel kalian. Apapun itu penyebabnya, asalkan kalian tahu triknya maka semua beres.

Beban kinerja ponselmu, sebaiknya segera dikurangi untuk meringankan processor di dalam hp. Sehingga,  tidak terjadi istilah over heat yang memicu operasional berjalan sangat lambat atau bahkan terhenti. Mulai uninstall beberapa aplikasi yang jarang sekali kamu gunakan. Di sisi lain, kalau memang dirasa butuh apk banyak, siasatinya dengan melakukan tambah RAM.

Cara HP Tidak Lag Saat Game

Cara Agar HP Tidak Lag Saat Bermain Game
Cara Agar HP Tidak Lag Saat Bermain Game

 

Cara Agar HP Tidak Lag Saat Bermain Game Free Fire

Permainan yang sangat hits di kalangan generasi millennial, salah satunya yaitu Garena Free Fire. Kamu juga sudah tidak asing bukan? mendengar nama mobile game online tersebut. Hal ini, juga menjadi pertanda bahwa perkembangan teknologi digital semakin berkembang pesat. Soalnya nih,  kebanyakan permainan strategi biasa dimainkan menggunakan PC/laptop saja.

Free Fire ini, dikembangkan oleh perusahaan 111 Dots Studio. Sedangkan penerbitnya, tidak lain adalah Garena. Memiliki genre pertahanan, dan dimainkan dengan konsep third-person shooter. Melalui permainan satu ini, kalian dapat menemukan setidaknya sekitar 50 pemain yang akan saling beradu tarung di sebuah map. Mereka menggunakan parasut untuk memulai.

Cara agar hp tidak lag saat bermain game Free Fire, menjadi poin penting dalam mendukung kinerja tim kalian menang melawan strategi permainan lawan. Dibalik trik dan strategi yang epik. Free Fire dapat kamu menangkan kalau perangkat yang digunakan juga mendukung. Hal yang terpenting, ketika sedang menjalankan sebuah misi, tampilan di layar tetap stabil.

1. Menonaktifkan Voice Chat

Salah satu trik yang bisa kamu terapkan untuk menghindari ponselmu jadi ngelag, yaitu tidak mengaktifkan obrolan melalui suara. Dimana, tips sederhana satu ini sangat membantu kamu mengurangi pemakaian operasional dari game tersebut. Sehingga, ponselmu bisa lebih beroperasi secara optimal. Sayangnya, pemain jadi tidak dapat saling mengobrol saat bermain.

2. Menonaktifkan Pemberitahuan atau Notifikasi

Saran berikutnya, supaya kalian tetap dapat nyaman memainkan permaianan Free Fire di hp tanpa kendala ngelag. Ya, dengan menonaktifkan pemberitahuan ponsel sementara waktu. Ini, terbukti cukup ampuh dibandingkan kalian harus ribet melakukan reboot ponsel. Sudah pasti, kamu juga jadi semakin fokus saat bermain. Caranya, bisa diatur melalui menu setelan di hp.

3. Ubah Pengaturan Kualitas Grafis Game

Konsepnya, mirip seperti ketika kamu menonton video di Youtube. Penonton diberikan lebih dari 1 pilihan untuk dapat memilih kualitas gambarnya. Mulai dari yang burem, sampai ada yang paling jernih. Begitupun, Free Fire. Perusahaannya telah memberikan kebebasan opsi kepada para pemain untuk bisa mengubah kualitas dari grafisnya. Biar sesuai spek, dari hpmu.

4. Pastikan Memori Ponsel Tidak Terlampau Penuh

Tips satu ini, juga tidak kalah mudah untuk kalian terapkan secara langsung. Apalagi, kalau kamu memiliki lebih dari satu aplikasi platform belanja online. Sebaiknya, kamu hapus salah satunya deh… Supaya, baik memori penyimpanan internal atau RAM yang terdapat di ponsel masih memiliki ruang kosong yang cukup. Usahakan juga, menghapus junk dan cachenya ya..

5. Menggunakan Koneksi Internet yang Stabil

Mau terus lancar bermain Free Firenya? Ya pastinya, koneksi internet kamu harus stabil juga. Soalnya, permainan satu ini memang didesain untuk dimainkan secara online bukan offline. So, butuh banget yang namanya kestabilan jaringan. Kalau kamu menggunakan paketan data, unstable. Gunakan WiFi atau MiFi supaya kecepatan mbpsnya tidak terganggung atau turun.

Cara Agar HP Tidak Lag Saat Bermain Game Online

Selain cara yang telah dijelaskan. Kalian bisa juga menggunakan trik lainnya. Masih sama kok, tidak terlalu sulit apalagi sampai user harus membayar aplikasinya. Dompetmu jadi tetap aman, buat beli diamond atau senjata di Free Fire. Biar bisa cepat naik rank kan? Semakin aktif dan intens kalian bermain, hp bisa lag.

Terlebih, hp android kelas biasa yang harganya masih Rp 2 juta ke bawah. Cukup berat kalau dipaksakan untuk dapat terus memainkan Free Fire dalam kondisi tampilan yang tetap oke. Beda dengan smartphone yang sudah ada embel-embel ROGnya. Pasti mantap dan gahar bila kalian gunakan untuk memainkan segala jenis permainan mobile. Tidak hanya FF, ML juga.

Akan tetapi, harga smartphone ROG memang terlampau mahal. Tenang, dibalik produk elit, kamu bisa pilih device alternatif lainnya yang juga cocok untuk dipakai bermain game online. Contohnya saja, beberapa gadget berikut. Mulai dari Redmi 10 yang dapat kalian peroleh di harga sekitar 3 jutaan. Selanjutnya, ada Realme Narzo 30A. Kapasitas baterainya, 6000 mAh.

  • Masuk ke aplikasi play store atau App Store kalian untuk melihat apakah permainan yang sudah kalian install di ponsel memiliki versi terbaru
  • Update permainan yang sudah dipasang, bisa juga menjadi cara agar hp tidak lag saat bermain game
  • Kalau masih tidak berhasil, coba kalian restart permainannya
  • Caranya, diamkan selama kurang lebih 10 menit agar ponsel dapat beristirahat sejenak
  • Tekan tombol daya beberapa saat, sampai muncul opsi “Restart”
  • Setelah itu, masuk ke menu “File Manager”.  Kali ini, kamu bisa menggunakan bantuan dari bawaan hp atau unduh aplikasi clear file untuk menghapus berkas-berkas yang tidak penting
  • Kalau ragu, pindahkan saja berkas tersebut ke Google Drive. Supaya, tidak hilang
  • Aplikasi bantuan seperti CCleaner juga bisa menjadi alternatif untuk cara agar hp tidak lag saat bermain game
  • Nantinya, ponsel kalian akan dipindai dan dibersihkan sesuai hasil pratinjau dari sistem

Masuk ke menu setting atau setelan yang ada di perangkat ponsel kalian. Tapi, buat kalian yang di hpnya sudah tertanam tools. Contoh, memory cleaner. Alangkah baiknya, tidak perlu lagi untuk melakukan install apk. bantuan lainnya. Hal ini, guna menghindari performa atau fungsi dari alat tersebut menurun. Soalnya, kalau jarang dimanfaatkan, jadi kurang optimal.

Lumayan, kan.. bisa menghemat ruang kosong, dan penggunaan konsumsi biaya data internet. Sayangnya, sebagian besar orang masih tidak terlalu menyadari hal tersebut. Mereka lebih memilih jalan pintas dengan menginstall aplikasi baru. So, jangan kamu lakukan ikutin juga ya! Sekian pembahasan cara agar hp tidak lag saat bermain game. Semoga bermanfaat.

See you on the next topics. Have a good day everyone.. sleep well and bye bye!

Related posts