Cara Ngereset HP Vivo

Cara Ngereset HP Vivo
Cara Ngereset HP Vivo

Cara ngereset HP Vivo menjadi solusi terbaik jika kamu mengalami atau menemukan masalah yang serius  pada HP mu, salah satunya adalah lemot yang cukup parah. Bahkan dengan melakukan hal ini, maka smartphonemu akan terkesan jadi baru lagi. Selain itu, kamu tidak akan merasakan lemot yang berlebihan akibat sistem operasi yang mengalami masalah.

Namun jika kamu masih bum tahu dan bingung bagaimana cara melakukannya, maka tenang saja. Sebab kamu bisa menyimak dan mengikuti semua panduan lengkap yang ada di artikel kali ini.

Cara Ngereset HP Vivo

Cara Ngereset HP Vivo
Cara Ngereset HP Vivo

Cara Ngereset HP Vivo menjadi pilihan terakhir bagi para penggunanya ketika kondisi smartphone Vivo mereka sudah mengalami lag yang cukup parah atau memang mereka ingin merestart ulang agar perangkat Vivo mereka tampak lebih baru yang hanya menginstall beberapa aplikasi saja.

Jika kamu yang ingin melakukan hal ini namun bingung bagaimana caranya, maka tenang saja. Sebab kami akan mengikis sedikit beberapa metode mudah yang bisa kamu gunakan untuk melakukan restart pada HP Vivo kesayanganmu. Berikut adalah penjelasan metode-metode yang bisa kamu gunakan.

Cara Ngereset HP Vivo Pakai Menu Pengaturan

Metode pertama yang bisa kamu gunakan adalah dengan menggunakan fitur atau menu pengaturan yang tentunya sudah ada di setiap smartphone Vivo. Metode ini tergolong sangat mudah untuk dilakukan, sebab kamu tidak perlu mengunduh aplikasi tambahan atau aplikasi pihak ketiga. Tentunya dengan melakukan metode ini, kamu bisa menghemat penyimpanan internal HP Vivomu. Berikut ini adalah langkah-langkah yang bisa kamu ikuti.

  • Pertama, buka dan masuk ke menu pengaturan yang ada di smartphone Vivomu
  • Setelah itu, pada menu tersebut silahkan masuk ke pengaturan lainnya atau more settings
  • Jika sudah masuk ke opsi tersebut, maka kamu bisa cari menu backup and reset atau cadangan dan reset
  • Klik pada menu tersebut dan kamu bisa langsung pilih erase all atau hapus semua data
  • Nantinya kamu akan menemukan sebuah pop up yang berisi tentang pertanyaan terkait apakah kamu ingin menghapus semua data atau tidak
  • Jika kamu yakin, maka pilih ya
  • Selain menggunakan hal ini, kamu juga bisa menghapus data internal dengan pilih opsi format phone storage atau format penyimpanan handphone
  • Terakhir, kamu tingga tekan opsi clear now atau hapus sekarang
  • Secara otomatis, maka ponselmu akan diarahkan untuk melakukan reboot atau restart untuk melakukan perawatan pada HPmu

Ketika kamu melakukan metode pertama ini, alangkah baiknya jika kamu memperhatikan kalau kamu ingin menghapus sebagian data seperti aplikasi yang terinstall saja, maka kamu tidak perlu mencentang opsi format phone storage. Karena jika kamu memilih hal tersebut, maka artinya kamu akan menghapus keseluruhan data yang ada di internal memorimu.

Cara Ngereset HP Vivo Pakai Recovery Sebagai Fitur Bawaan

Cara kedua yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan recovery bawaan HP Vivo itu sendiri. Bagi kamu yang belum tahu fitur recovery bawaan ini, maka kamu akan menjelaskannya sedikit. Jadi, fitur ini merupakan salah satu fitur atau tools yang memang sudah ada di smartphone Vivo untuk memudahkan para penggunanya yang ingin melakukan tweaking atau root pada ponsel Vivo mereka serta melakukan penghapus data di smartphone sehingga nampak seperti baru. Berikut adalah langkah-langkah untuk bisa melakukan metode ini.

  • Pertama,  kamu backup terlebih dahulu semua data yang ada di ponselmu yang sekiranya menurutmu penting
  • Jika sudah, maka pastikan data baterai smartphone Vivomu minimal 50%
  • Kemudian matikan ponsel sampai benar-benar mari
  • Lalu nyalakan smartphone Vivomu lagi dengan cara menekan tombol kombinasi power + volume up dan tunggu beberapa saat hingga kamu masuk ke recovery bawaan
  • Setelah masuk, maka kamu bisa klik pada wipe all data dan melakukan swipe to wipe
  • Tunggulah beberapa saat lagi dan jika sudah selesai maka kamu akan langsung diarahkan ke home screen
  • Berhasil! Kini HP Vivomu sudah terlihat seperti baru

Sebenarnya, metode kedua ini hampir sama dengan metode pertama. Hanya saja metode ini menjadi solusi yang sangat cocok bagi kamu yang lupa dan tidak mengetahui kata sandi untuk masuk ke dalam perangkat Vivo yang kamu gunakan. Selain itu, metode ini juga bisa membantumu me-refresh perangkat jika ponsel Vivomu mengalami kondisi lemot yang cukup berat.

Cara Ngereset HP Vivo Pakai Custom Recovery

Metode terakhir yang bisa kamu gunakan untuk ngereset HP Vivomu agar terlihat baru adalah dengan memanfaatkan fitur yang bernama custom recovery atau yang lebih dikenal dengan TWRP yang mana biasanya banyak digunakan oleh para pengguna ponsel untuk menginstall custom ROM pada smartphone mereka.

Apabila kamu penasaran dan tertarik menggunakan metode terakhir ini, maka kamu bisa ikuti langkah-langkah mudahnya berikut ini.

  • Pertama, pastikan terlebih dahulu bahwa kamu sudah melakukan backup data penting yang memang kamu butuhkan
  • Kamu juga harus memastikan bahwa baterai smartphone Vivomu minimal 50 persen
  • Jika sudah, maka segera matikan smartphone Vivomu dengan menekan tombol power agak lama atau bisa juga melalui shortcut
  • Setelah smartphone Vivomu benar-benar dalam keadaan mati, maka kamu masuk ke TWRP mode dengan cara menekan tombol power + volume naik secara bersamaan, lalu lepas ketika muncul logo Vivo pada layar HPnu
  • Dengan melakukan hal ini, maka kamu nantinya akan masuk ke TWRP mode
  • Ketika kamu sudah masuk ke TWRP mode ini, maka kamu akan menemukan banyak pilihan menu
  • Pada tahap ini, silahkan kamu pilih opsi wipe lalu langsung saja lakukan swipe to wipe
  • Tunggulah beberapa saat hingga proses wipe sudah berhasil diselesaikan dan kamu bisa langsung pilih menu reboot to system

Sekedar informasi, bahwa ketika kamu menggunakan metode ini maka kamu hanya me butuhkan waktu selama 1-3 menit saja untuk proses booting pertama kalinya. Selain itu, kamu jika kamu mempunyai file custom ROM Vivo dengan format .zip, maka kamu juga bisa menginstallnya melalui menu install atau juga menginstall file root dengan format yang sama yaitu .Zip. Jadi, selamat mencoba, ya!

Kesimpulan

Ada banyak keuntungan yang akan kamu dapatkan jika kamu melakukan reset pada HP Vivomu. Salah satunya adalah kamu bisa menggunakan sensasi pakai HP Vivo seperti saat pertama kali kamu gunakan atau baru. Selain itu, kamu tidak akan merasakan lemot yang agak lama sebab kamu sudah mengupdate sistem operasinya menjadi lebih tinggi dari bawaan.

Nah, itulah penjelasan singkat terkait bagiamana cara Ngereset HP Vivo yang mudah untuk kamu lakukan dengan menggunakan beberapa metode. Silahkan kamu pilih salah satu metode yang menurutmu mudah untuk dilakukan dan sesuai dengan kebutuhanmu. Selamat mencoba dan sampai jumpa lagi di artikel-artikel selanjutnya, ya.

 

Related posts