iPhone Tidak Ada Layanan

iPhone Tidak Ada Layanan
iPhone Tidak Ada Layanan

Masalah jaringan dapat dialami oleh pengguna semua tipe smartphone, tidak terkecuali iPhone. Untungnya, terdapat cara mengatasi iPhone tidak ada layanan yang dapat dilakukan dengan mudah.

iPhone Tidak Ada Layanan

iPhone Tidak Ada Layanan
iPhone Tidak Ada Layanan

Ada kalanya bar sinyal seluler pada perangkat menunjukkan tulisan “Tidak ada layanan” atau “No service”. Masalah yang terjadi secara tiba-tiba ini juga dapat dialami oleh iPhone.

Saat perangkat dalam kondisi “Tidak ada layanan” maka pengguna tidak terhubung ke jaringan seluler. Akibatnya, pengguna tidak dapat mengakses seluruh layanan yang bergantung pada jaringan tersebut, termasuk internet.

Kondisi tersebut tentu saja menyebabkan terganggunya kegiatan pengguna. Sementara, cara untuk mengatasi masalah tidak ada layanan berbeda-beda tergantung pada penyebabnya.

Berikut beberapa cara mengatasi iPhone tidak ada layanan:

1. Memeriksa Jangkauan Area

Salah satu penyebab paling umum munculnya pesan no service adalah karena kamu berada di luar area jangkauan provider layanan seluler. Dengan kata lain, kamu sedang berada di lokasi dengan jangkauan jaringan terbatas.

Cara mengatasinya ialah dengan pindah ke luar ruangan atau mengunjungi tempat yang mudah mendapatkan sinyal. Biasanya, jaringan seluler tidak dapat menjangkau lokasi terisolir sehingga untuk mencari sinyal bisa dengan pindah ke area perkotaan.

2. Restart Data Seluler

Jika belum berhasil setelah pindah lokasi, cobalah matikan data seluler lalu nyalakan lagi setelah beberapa saat. Berikut caranya:

  • Buka menu Settings pada iPhone
  • Tap opsi Data Seluler
  • Geser toggle untuk mematikan lalu menghidupkannya kembali

Kamu juga bisa me-restart data seluler melalui Control Panel. Caranya, tap logo Data Seluler berwarna hijau supaya berubah menjadi abu-abu. Setelah beberapa saat, tap kembali logo tersebut hingga kembali hijau.

3. Meng-update Roaming Data

Solusi yang satu ini menjadi pilihan tepat jika masalah tidak ada layanan muncul ketika kamu berada di luar negeri. Pasalnya, perangkat dapat kesulitan mengakses jaringan yang belum ditentukan dalam pengaturan.

Maka dari itu, kamu perlu update roaming data perangkat. Berikut caranya:

  • Buka Settings pada perangkat kamu
  • Tap Data Seluler
  • Lalu tap Pilihan Data Seluler
  • Selanjutnya, hidupkan Roaming Data

4. Restart Perangkat

Terkadang perangkat tidak dapat mengakses jaringan karena mengalami sedikit error pada sistem. Restart merupakan salah satu metode yang cukup efektif untuk mengatasi masalah error.

Kamu bisa mencoba me-restart perangkat iPhone. Setelah kembali hidup tunggu beberapa saat hingga muncul sinyal pada perangkat.

5. Lepas-Pasang SIM Card

Solusi berikutnya yang bisa kamu coba adalah melepas lalu memasang kembali SIM Card pada perangkat iPhone. Cara ini dapat memuat ulang koneksi jaringan seluler sehingga kembali seperti biasa.

6. Mengaktifkan LTE dan Update iOS

Tidak ada layanan dapat terjadi akibat penghentian jaringan 3G oleh AT&T. Maka untuk pengguna jaringan 3G, cara mengatasi hal tersebut adalah dengan melakukan update iOS. Pengguna juga perlu mengaktifkan LTE.

Setelah update iOS versi terbaru, buka menu Settings pada iPhone kamu. Kemudian, tap Data Seluler lalu aktifkan LTE.

Metode tersebut dapat memulihkan jaringan pada perangkat seperti normal lagi. Akan tetapi, car aini hanya berlaku untuk iPhone 6 ke atas. Sedangkan untuk pengguna iPhone 5s dan versi yang lebih lama, sebaiknya menghubungi operator seluler masing-masing untuk mengatasi masalah tidak ada layanan.

7. Mengatur Ulang Jaringan

Kamu bisa mencoba mengatur ulang jaringan untuk mengatasi masalah no service. Perlu diketahui, bahwa cara ini akan menyebabkan perubahan pengaturan jaringan, kata sandi WiFi, pengaturan seluler, dan pengaturan VPN & APN.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk atur ulang jaringan:

  • Buka menu Settings
  • Tap General, lalu pilih Transfer atau Atur Ulang iPhone
  • Tap Reset iPhone
  • Pada sejumlah opsi yang muncul, pilih Reset Network Settings

Itulah beberapa cara untuk mengatasi iPhone tidak ada layanan yang bisa kamu coba. Apabila cara tersebut tidak berhasil, kamu bisa mencoba menghubungi operator yang digunakan.

Related posts